banner-detik
INSPIRING STUDENT

Putu Kania Gayatri, Manfaatkan Keterampilan Digital untuk Atasi Masalah Sosial Remaja

author

Mommies Daily24 Apr 2024

Putu Kania Gayatri, Manfaatkan Keterampilan Digital untuk Atasi Masalah Sosial Remaja

Yuk, kenalan dengan sosok Putu Kania Gayatri, remaja putri yang punya mimpi besar melalui keterampilan digital yang dikuasainya.

Putu Kania Gayatri atau yang akrab disapa Kania adalah seorang siswa kelas 9 di SMP Negeri 49 Jakarta. Berbeda dengan remaja putri lainnya, Kania memiliki ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terus mempelajari keterampilan digital baru untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di kalangan remaja.

Untuk mendukung mimpi itu, Kania mendedikasikan dirinya pada bidang akademis dengan bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler, berpartisipasi aktif dalam klub dan organisasi kesiswaan, serta mengikuti berbagai lomba yang meningkatkan keterampilannya. Remaja kelahiran 2009 ini juga menekuni bidang non-akademiknya, yaitu menari.

Sebagai seorang remaja putri yang baru berusia 14 tahun dan memiliki minat di bidang teknologi, Kania tentu menghadapi berbagai rintangan untuk mengubah impiannya menjadi kenyataan. Oleh karena itu, dukungan dari orang-orang yang ada di sekitarnya sangat berarti untuk Kania.

Selain aktif di kegiatan sekolah, Kania juga mengikuti program yang diselenggarakan oleh UNICEF yang sedang mencari anak-anak berprestasi dengan menulis artikel tentang ’Opportunities for Girls to Break Barriers and Thrive’ hingga akhirnya ia diwawancara oleh tim UNICEF dan artikelnya diunggah di website UNICEF.

Tak hanya sekadar menekuni keterampilan digital, Kania juga punya mimpi yang besar untuk semua orang di bidang edukasi. Mommies Daily pun berkesempatan untuk berbincang dengan Kania mengenai kecintaannya pada dunia digital hingga mimpi besarnya. Yuk, simak ceritanya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kursus Online untuk Digital Marketing

Apa Tiga Alasan yang Membuat Kania Suka dengan Keterampilan Digital?

Alasan pertama karena keterampilan digital memberikan akses ke informasi dan peluang baru. Kedua karena memungkinkan saya untuk berkolaborasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, dan ketiga karena memberi saya kesempatan untuk membuat dampak positif melalui inovasi dan advokasi online.

Apa Mata Pelajaran yang Membuat Kania Tertarik dengan Dunia Digital?

Mata pelajaran yang membuat saya tertarik pada dunia digital adalah Matematika dan Ilmu Komputer. Kedua mata pelajaran ini memberi saya dasar yang kuat untuk memahami teknologi digital dan mendorong saya untuk mengeksplorasi lebih jauh.

Inovasi Apa yang Sudah Kania Temukan?

Untuk mengatasi masalah sosial di kalangan remaja dengan keterampilan digital saya bergabung dengan kelompok advokasi atau organisasi non-profit yang fokus pada pemberdayaan melalui teknologi digital, yaitu Generasi Terampil, yang diadakan oleh UNICEF. Lewat komunitas tersebut saya bisa mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya literasi digital di kalangan remaja dan orang tua.

Selain itu, saya juga memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarkan informasi tentang manfaat dunia digital serta memberikan tips tentang cara menggunakan teknologi secara positif dan produktif.

Bagaimana Cara Kania Mengatasi Rasa Capek saat Mengejar Mimpi?

Saya pernah merasa lelah dan frustasi dalam mengejar mimpi. Untuk mengatasinya, saya mengambil waktu untuk merenung, mencari dukungan dari teman dan keluarga, serta menetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai secara bertahap.

Siapa Support System Terbaik Kania dalam Meraih Impian?

Dukungan terbaik bagi saya dalam meraih impian adalah keluarga dan teman-teman dekat saya. Mereka memberikan dorongan moral, saran berguna, dan lainnya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan saya.

Apa Mimpi Terbesar Kania dengan Keterampilan Digital yang Dimiliki?

Mimpi terbesar saya adalah menggunakan keterampilan digital saya untuk menciptakan platform edukasi global yang dapat diakses oleh semua orang, terutama perempuan dan anak-anak dari komunitas yang kurang beruntung. Selain itu, saya juga bercita-cita menjadi Dokter Militer.

Pesan Kania untuk Anak Remaja yang Sedang Berjuang Meraih Mimpinya

Pesan saya untuk anak remaja adalah untuk percaya pada diri sendiri, berani mengambil risiko, dan terus belajar. Dengan tekad dan kerja keras, impian mereka dapat terwujud dan mereka memiliki kekuatan untuk membuat perubahan positif dalam hidup mereka dan masyarakat.

Itulah cerita dan mimpi terbesar Kania dalam meraih mimpinya. Menarik dan insightful banget ya, Mommies! Semoga anak Mommies yang sedang berjuang mengejar mimpinya juga selalu memiliki tekad dan semangat yang tinggi seperti Kania.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Bank Digital Sangat Membantu Hidup Para Ibu

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Foto: Instagram/kania_gayatri

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan