banner-detik
DAD'S CORNER

Mulai Rp200 Juta, Ini 10 Mobil Listrik Terbaik dengan Fitur Modern 

author

Mommies Daily04 May 2024

Mulai Rp200 Juta, Ini 10 Mobil Listrik Terbaik dengan Fitur Modern 

Ingin beralih menggunakan mobil listrik? Berikut beberapa rekomendasi mobil listrik dengan fitur dan spesifikasi yang lengkap. 

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dari waktu ke waktu memberikan dampak bagi pengendara mobil dan motor. Selain itu, asap kendaraan yang menyebabkan polusi juga mempengaruhi kesehatan masyarakat. 

Namun, sebagai alternatifnya saat ini sudah ada kendaraan bertenaga listrik. Mobil listrik menjadi pilihan menarik karena dapat turut menjaga kelestarian bumi dan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan mobil konvensional. Minat masyarakat Indonesia akan kendaraan hemat energi ini pun semakin meningkat. 

Seiring waktu penjualan mobil listrik mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal ini juga disebabkan karena adanya pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil listrik secara impor utuh (Completely Built-Up/CBU) dan terurai lengkap (Completely Knocked-Down/CKD).

Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia

Beberapa produsen seperti Hyundai dan Wuling sudah aktif menjual mobil listrik mereka di pasar Indonesia dari berbagai kelas. Berikut rekomendasi mobil listrik terbaik untuk keluarga.

1. Hyundai Kona

Foto: Hyundai Mobil Indonesia

Mobil dengan tampilan gagah dan sporty ini terdiri dari pilihan warna hitam, putih, serta biru. Tipe Hyundai Kona ini terbagi menjadi dua bagian yakni varian standar yang memiliki baterai 48,4 kWh yang dapat menempuh jarak 342 kilometer dalam satu kali pengecasan penuh. 

Selain itu untuk varian tertingginya, dibekali dengan  kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 65.4 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 490 kilometer. Dengan fitur fast charging, mengecas baterai varian tertinggi 10-80 persen hanya membutuhkan waktu 41 menit saja, lho! Hyundai Kona dibanderol dengan harga Rp750 jutaan. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Cukur Rambut Favorit Para Bapak di Jabodetabek

2. Toyota bZ4X

Foto: toyota.astra.id

Menjadi mobil listrik pertama yang dikenalkan oleh Toyota di Indonesia, ternyata SUV listrik ini merupakan hasil kolaborasi dengan Subaru. Menggunakan baterai Lithium-ion 355 volt dengan kapasitas total 71,4 kWh.Memberikan jarak tempuh hingga 500 km dengan satu kali pengisian daya penuh.

Dengan desain futuristik, interior modern, dan ramah lingkungan membuat mobil ini cocok digunakan bersama dengan keluarga. Selain itu, fitur-fitur keselamatan seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, dan lainnya membuat mobil ini cocok digunakan bersama dengan keluarga. Di Indonesia sendiri, Toyota bZ4x Panoramic Roof (One Tone Color) Rp1,19 miliar dan Toyota bZ4X Panoramic Roof (Two Tone Color) Rp1,198 miliar.

3. Wuling Air EV

mobil listrik

Foto: wikipedia

Mobil listrik yang memiliki fitur canggih namun tetap terjangkau, memangnya ada? Pasti ada dong, Wuling Air EV salah satunya. Dipamerkan pertama kali di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Wuling Air EV menjadi mobil listrik termurah yang dijual di Indonesia.

Meskipun memiliki dimensi yang mungil, mobil listrik yang memiliki tampilan futuristik ini dapat menampung empat orang dewasa dengan jarak tempuh yang mencapai 200-300 km. Dengan fitur sertifikasi water ressistant IP67 pada baterainya, panel instrumen 7–10,25 inci, teknologi internet of vehicle (IoV), serta dua airbags, Wuling Air EV dijual dengan harga Rp238 juta pada varian standard range dan Rp295 juta pada varian long range On The Road (OTR) Jakarta. 

4. Nissan Leaf

Foto: Nissan Indonesia

Rekomendasi mobil listrik selanjutnya datang dari Nissan. Meskipun sudah diluncurkan sejak April 2021 lalu, namun desain serta performa yang dimiliki oleh Nissan Leaf masih sangat relevan. Memiliki baterai Lithium-ion 40 kWh yang digunakannya memberikan jangkauan hingga 311 km dengan satu kali pengisian daya penuh. 

Mobil dengan tampilan sporty ini, interior yang dimiliki Nissan Leaf tersaji dengan sangat nyaman dan fungsional sehingga cocok digunakan bersama dengan keluarga. Tersedia dengan dua varian, Varian Leaf One Toned dibanderol Rp738 juta dan varian Leaf Two Toned Rp740 juta.

5. Lexus UX300e

Foto: Lexus Indonesia

Negara Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memasarkan Lexus UX300e. Dengan kapasitas mesin 54,43 kWh, mobil listrik ini mencapai tenaga maksimal mencapai 201 HP serta torsi 300 Nm. Lexus UX300e memiliki fitur fast charging dengan hanya memerlukan waktu 1-2 jam saja hingga terisi penuh, lho!

Sedangkan dilihat dari segi interiornya, mobil listrik ini memiliki desain yang sangat modern dan elegan. Hal ini membuat Lexus UX300e cocok digunakan oleh kawula muda maupun keluarga. 

BACA JUGA: Musim Hujan, Ini 8 Cat Pelapis Anti Bocor untuk Melindungi Rumah

6. Hyundai IONIQ 5

mobil listrik

Foto: Oto

Sebagai mobil listrik rakitan Indonesia pertama, membuat Hyundai IONIQ 5 diminati oleh banyak orang sejak kehadirannya pertama kali. Apa yang membuat mobil listrik ini banyak peminatnya? Hal ini dikarenakan Hyundai IONIQ 5 dibekali Lithium Ion yang didinginkan cairan (Liquid cooled) dengan kapasitas sebesar 58 kWh.  

Terbagi menjadi beberapa varian, Hyundai IONiQ 5 varian Signature Standard dapat melaju sejauh 384 km, varian Long Range mencapai 481 km, serta Signature Long Range yang dapat melaju hingga 451 km dengan pengisian penuh. Yang membuat mobil ini semakin spesial adalah fitur Electronic Global Modular Platform atau E-GMP yang membuat mobil ini fast charging. Varian Hyundai IONIQ 5 Prime Standard Range dibanderol Rp718 juta, IONIQ 5 Prime Long Range Rp759 juta, IONIQ 5 Signature Standard Range Rp779 juta, dan IONIQ 5 Signature Long Range Rp829 juta.

7. MG 4 EV

Foto: Oto

Mobil hasil buatan tim Morris Garage di London, Inggris ini menawarkan eksterior futuristik dengan konsep Avantgarde Inductive Desain. Dengan dibekali sumber tenaga dari baterai lithium-ion phosphate berkapasitas 51 kWh, mobil listrik ini dapat menempuh 425 km. 

Adanya fitur-fitur unggulan seperti, layar sentuh berukuran 10,25 inci yang sudah terkoneksi dengan smartphone, Apple CarPlay, intelligent smart access, wireless charging system, hingga Vehicle to Load. Sedangkan untuk keamanannya sendiri terdapat 3D surround view camera, driver monitor system, adaptive cruise control, lane keeping assist, rear collision warning, curtain airbags, serta sistem pengereman ABS+ EBD. Di Indonesia, MG 4 EV dibanderol dengan harga Rp433 juta.

8. Mini Electric

Foto: MINI Indonesia

Penggemar mobil mungil, mari merapat! Pada Juni 2022 lalu, Mini meluncurkan mobil listrik dengan nama Mini Electric. Mengusung basis yang sama dengan mini cooper biasa, namun mobil listrik ini menggabungkan desain ikonik serta sistem penggerak bebas emisi. 

Selain itu, pembeda Mini Electric dengan Mini biasa adalah pelek penggunaan ring 17 dengan desain yang futuristis dan dibalut ban ukuran 205 profil 45. Dibekali dengan baterai 32,6 kWH, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 184 PS dengan torsi puncak 260 Nm. Mini Electric dijual dengan harga sekitar Rp1,1 miliar. 

9. NETA V

Foto: NETA

Selain Wuling Air EV, terdapat mobil listrik dengan harga terjangkau lainnya, yakni NETA V. Dengan eksterior yang modern dan minimalis, NETA V memiliki berbagai fitur unggulan, seperti Keyless Entry, Start/Stop Engine Button, Electric Parking Brake (EPB), Rear Camera, Brake Assist, Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), dan lainnya. 

Dilengkapi dengan baterai Lithium Ion 38,5 kWh, mobil ini memiliki jarak tempuh mencapai 401 km dengan baterai yang terisi penuh. Selain itu, terdapat juga fitur fast charging yang hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk pengisian 0-80 persen. NETA V dibanderol dengan harga Rp397 juta. 

10. MG ZS EV

mobil listrik

Foto: MG Motor Indonesia

Rekomendasi terakhir mobil listrik datang dari brand asal Inggris, Morris Garage. Produk yang dikenalkan pada tahun 2021 pada IIMS ini dibekali dengan baterai berkapasitas 44,5 kWh yang mampu melaju sampai 337 km. Dirancang dengan gaya modern dan elegan, MG ZS EV juga dilengkapi dengan fitur fast charging.

Cocok digunakan bersama dengan keluarga, mobil listrik ini juga memiliki fitur keamanan yang lengkap, seperti stability control system, curtain airbags, dual climate air conditioner, I-MAX panoramic Sunroof, dan yang lainnya. Mobil ini dijual dengan harga Rp453 juta. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sepatu Pria dari Brand Lokal Wajib Punya

Itulah beberapa rekomendasi mobil listrik yang bisa dijadikan referensi oleh Mommies dan Daddies. Semoga membantu!

Ditulis oleh: Nariko Chritabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan