banner-detik
EDUCATION

6 Universitas Tertua di Dunia, Nomor 1 Bukan Harvard atau Oxford!

author

Mommies Daily28 Mar 2024

6 Universitas Tertua di Dunia, Nomor 1 Bukan Harvard atau Oxford!

Anak Mommies mau kuliah? Wajib cek daftar universitas tertua di dunia yang masih beroperasi ini! Siapa tau bisa jadi rekomendasi studi anak selanjutnya.

Universitas Indonesia adalah salah satu universitas di Indonesia yang mendapatkan predikat kampus tertua karena didirikan sejak tahun 1849. Setiap negara juga memiliki universitas yang berumur paling tua dan disegani banyak orang. Contohnya, Universitas Harvard di Amerika Serikat dan Universitas Oxford di Inggris yang menyandang predikat kampus tertua di dunia.

Selain itu, Universitas Al-Qarawiyyin juga termasuk universitas tertua di dunia. Kampus ini berlokasi di Fex, Maroko dan telah dibangun sejak tahun 859 M. Meskipun sudah berusia 1.164 tahun, kampus ini masih terlihat kokoh dan beroperasi sampai sekarang. Awal terbentuknya Al-Qarawiyyin karena adanya nama masjid yang serupa, lalu Al-Qarawiyyin memutuskan untuk bergabung dengan sistem universitas negeri modern di Maroko pada tahun 1947. Sejak saat itu, kampus ini mulai berkembang hingga mengganti namanya menjadi Universitas Al-Qarawiyyin pada tahun 1965.

Selain Universitas Al-Qarawiyyin, ternyata masih ada beberapa universitas lain di dunia yang mendapatkan predikat kampus tertua. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Universitas di Indonesia yang Punya Jurusan AI, Yuk, Intip!

6 Universitas Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi

Ini daftar 6 universitas tertua di dunia yang masih berdiri kokoh dan beroperasi sampai sekarang.

Foto: Polina Zimmerman on Pexels

1. Universitas Al Azhar

Universitas Al Azhar didirikan tahun 970 M pada masa pemerintahan Fatimiyah di Mesir atas nama Masjid Kairo. Universitas ini juga menjadi kampus kedua yang didirikan di dunia setelah Universitas Al-Qarawiyyin. Setelah Undang Undang Nomor 103 Tahun 1961 M terbit, Al Azhar mulai tidak hanya fokus pada budaya islam tetapi juga menganut sistem pendidikan modern. Kini, Universitas Al Azhar tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia dengan 19 program studi di jenjang S1 dan memiliki enam fakultas.

2. Universitas Hunan

Universitas Hunan memulai perjalanannya dengan nama Akademi Yuelu pada tahun 976 M, kemudian di tahun 1926 kampus ini mengganti namanya menjadi Universitas Hunan. Universitas yang berasal dari Tiongkok ini, dipilih sebagai salah satu dari 16 universitas negeri yang ada di Tiongkok pada tahun 1937. Seiring berjalannya waktu, kampus ini berkembang dari akademik kuno menjadi universitas modern yang menawarkan 80 program Sarjana, 37 disiplin ilmu S2 dan 30 disiplin ilmu untuk gelar doktor (S3).

3. Universitas Bologna

Universitas Bologna didirikan pada tahun 1088 sebelum Revolusi Perancis dan akhir Abad Pertengahan. Meskipun sudah melewati 9 abad, kampus ini masih beroperasi sampai sekarang. Saat itu, Bologna dikenal sebagai kota metropolis Abad Pertengahan yang berhasil menarik perhatian anak muda kaya raya. Para pelajar melakukan studinya di rumah, biara, dan di kawasan kota yang disewa untuk kegiatan belajar mengajar di bawah bimbingan guru Irnerius.

Menariknya, kampus ini tidak didirikan oleh pemerintah tetapi dari hasil inisiatif para siswa di kota Bologna, Italia. Untuk informasi selengkapnya, Mommies bisa mengunjungi laman https://www.unibo.it/en.

BACA JUGA: 10 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 2024, UI Peringkat Pertama

Jika Mommies tertarik untuk mengetahui daftar universitas lainnya, Mommies bisa lanjutkan membaca dengan klik di sini.

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: MELIANI Driss on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan