banner-detik
SELF

5 Manfaat Castor Oil, Salah Satunya Bisa Mengencangkan Kulit

author

Dhevita Wulandari01 Jan 2024

5 Manfaat Castor Oil, Salah Satunya Bisa Mengencangkan Kulit

Banyak dipakai dan diklaim memiliki banyak kegunaan, simak yuk beberapa manfaat castor oil untuk kulit dan tubuh serta cara menggunakannya.

Mommies pasti sudah sering dengar tentang minyak nabati. Sesuai namanya, minyak nabati merupakan istilah luas yang merujuk pada semua minyak yang melewati proses ekstraksi dari biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga bagian lainnya dari sebuah tanaman.

Minyak nabati memiliki banyak kegunaan dan biasanya banyak digunakan untuk bahan dalam produk makanan, mulai dari untuk memasak dan menggoreng, membuat kue, hingga menyajikan makanan seperti pada salad. Tidak hanya untuk makanan, minyak nabati juga bisa digunakan dalam industri non-makanan, seperti untuk skincare, bodycare, pelumasan, dan produksi biofuel (bahan bakar nabati).

Jenis-jenis minyak nabati ini pun beragam, mulai dari minyak zaitun, minyak kedelain, minyak bunga matahari, minyak kelapa, minyak kanola, minyak jagung, minyak sawit, minyak kacang tanah, minyak wijen, minyak grapeseed (biji anggur), sampai minyak jarak atau castor oil.

Beberapa belakangan, ternyata banyak orang yang menggunakan castor oil untuk banyak tujuan. Tapi sebelum ikut-ikutan mencobanya, ada baiknya kenali dulu apa itu castor oil dan apa saja manfaatnya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Essential Oil untuk Usia 35 Tahun ke Atas, Nomor 3 Wajib Punya!

Apa itu Castor Oil?

Castor oil merupakan jenis minyak nabati yang mungkin jarang Mommies dengar. Castor oil atau minyak jarak ini adalah minyak sayur yang serbaguna yang berasal dari biji jarak atau biji tanaman kastor (Ricinus communis) yang berwarna kuning pucat.

Manfaat Castor Oil

Minyak jarak ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, apa saja?

1. Merawat kulit wajah dan tubuh

Castor oil mempunyai sifat pelembap yang dapat membantu mengatasi kulit kering. Dikutip dari Medical News Today, jenis minyak ini juga diklaim bisa digunakan untuk mengobati jerawat dan peradangan kulit karena mempunyai sifat antimikroba dan anti-inflamasi, serta kandungan asam risinoleat yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, minyak ini juga dapat membantu memperbaiki tekstur wajah, memulihkan warna kulit yang tidak merata, mencegah komedo, menghidrasi, mampu membersihkan kotoran pada kulit dan cocok digunakan pada kulit sensitif.

Tidak sampai di situ, castor oil juga diklaim sangat bagus untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah karena kandungan asam lemak dan antioksidannya yang dapat menembus jauh ke dalam kulit. Sehingga dapat merangsang produksi kolagen dan elastin yang dapat mengencangkan kulit.

2. Merawat rambut

Manfaat selanjutnya, beberapa orang mengklaim castor oil dapat membantu mencegah rambut rontok, merangsang pertumbuhan dan menebalkan rambut, dan meningkatkan kekuatan rambut. Menggunakan minyak ini secara teratur dipercaya dapat membantu menjaga kelembapan rambut, menyehatkan kulit kepala, serta mencegah ketombe.

3. Mengobati luka ringan dan luka bakar

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki minyak ini dapat membantu mengobati luka ringan dan luka bakar pada kulit. Sehingga, proses penyembuhan dapat lebih terbantu.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami

4. Mengurangi nyeri sendi dan otot

Minyak jarak juga dapat digunakan untuk pijat, serta membantu mengurangi rasa nyeri sendi dan otot karena memiliki sifat anti-inflamasi dan relaksan otot. Caranya dengan mengoleskan minyak secara topikal atau dioleskan pada permukaan kulit yang nyeri.

5. Pencahar alami

Mengutip dari beberapa sumber, salah satu manfaat castor oil yang paling dikenal adalah sebagai pencahar. Secara tradisional, meminum minyak jarak berfungsi sebagai obat pencahar alami yang dapat membantu mengatasi sembelit dan mempercepat gerakan usus. Minyak jarak akan bekerja dengan merangsang kontraksi otot polos di usus.

Akan tetapi, menggunakan castor oil untuk pencahar harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena bisa menyebabkan kram dan diare.

Efek Samping

Meski memiliki banyak manfaat potensial, namun penting untuk diketahui bahwa tidak semua klaim tersebut didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Untuk penggunaan castor oil secara tersendiri dan tidak langsung terkandung dalam sebuah produk yang sudah diuji, Mommies dan keluarga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli dermatologi dan profesional kesehatan. Penting juga untuk menyadari apakah ada kemungkinan alergi atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain sebelum mengaplikasikan atau meminum minyak ini.

BACA JUGA: 7 Manfaat Kantong Teh untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda

Cover: Wikipedia

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan