banner-detik
LIFESTYLE

7 Manfaat Kantong Teh untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda

author

Mommies Daily31 Dec 2023

7 Manfaat Kantong Teh untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda

Bukan hanya untuk diminum, kantong teh ternyata memiliki segudang manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kantong teh untuk kesehatan tubuh.

Teh dikenal sebagai salah satu minuman terfavorit yang mengandung banyak khasiat. Seiring berjalannya waktu, minuman teh tidak hanya menjadi kenikmatan, tetapi juga membawa sejuta manfaat untuk kesehatan. Rupanya, kantong teh yang biasanya dianggap sebagai sisa dari minuman teh dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari kecantikan wajah sampai kesehatan organ dalam. 

Manfaat Kantong Teh

Dilansir dari eMediHealth, berikut adalah tujuh manfaat mengejutkan dari kantong teh untuk tubuh kita.

1. Meredakan Mata Bengkak

Teh memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan di mata. Teh dapat menyempitkan pembuluh darah yang membantu mengurangi penumpukan cairan di bawah mata. Mommies bisa meletakan dua kantong teh hijau atau teh putih bekas di dalam lemari es selama setengah jam. Ambil kantong teh yang sudah dingin dan letakkan di atas mata yang tertutup setidaknya selama 15–20 menit untuk mengurangi pembengkakan. 

2. Menghilangkan Bau Napas 

Teh hijau dapat melawan bau napas buruk karena memiliki sifat antibiotiknya yang membantu menghilangkan bakteri penyebab bau. Sedangkan, teh putih membantu menghilangkan plak di gigi untuk menyegarkan napas dan membersihkan mulut. Untuk menggunakannya, Mommies bisa merebus tiga kantong teh bekas dalam 1 cangkir air untuk membuat seduhan. Setelah mendingin, tambahkan 2 tetes tea tree oil ke seduhan. Mommies bisa menggunakan seduhan ini dua kali sehari, sebagai obat kumur-kumur alami. 

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami

3. Mengurangi Jerawat

Teh hijau juga mengandung agen antibiotik, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang membunuh beberapa bakteri penyebab jerawat. Cara mengobati jerawat ringan dengan teh juga cukup mudah. Siapkan segelas teh hijau atau teh putih dan biarkan kantong teh berada dalam air selama setidaknya setengah jam. Setelah dingin, letakkan kantong teh bekas pada jerawat selama 10–15 menit. Bersihkan area tersebut dengan air dingin. 

4. Meredakan Kulit Terbakar Matahari

Teh hijau dan teh putih kaya akan tanin yang memiliki sifat anti inflamasi dan pereda nyeri. Penggunaannya secara rutin pada kulit dapat membantu memulihkan efek merusak dari sinar UV dan paparan matahari pada kulit. Mommies bisa meletakan kantong teh hijau atau teh putih yang sudah digunakan pada kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama 10–15 menit. 

5. Menjaga Rambut Tetap Sehat dan Kuat

Kantong teh juga mengandung antioksidan yang merangsang pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Antioksidan juga bermanfaat melawan ketombe dan memberikan kilau pada rambut. Untuk menggunakannya, Mommies bisa merebus tiga kantong teh hijau atau teh putih yang sudah digunakan. Dinginkan teh tersebut, dan gunakan untuk membilas rambut setelah keramas. Pijatkan larutan ini ke kulit kepala selama 10 menit, kemudian bilas dengan air. 

6. Mengeksfoliasi Kulit

Teh memiliki tekstur kasar yang membuatnya menjadi bahan eksfoliasi yang efektif mengangkat debu, kotoran, dan minyak di wajah. Untuk menggunakannya Mommies bisa memotong dua kantong teh hijau atau teh putih yang sudah digunakan dan kosongkan isinya ke dalam mangkuk.

Tambahkan 1 sendok makan bubuk almond dan 2–3 sendok makan gel lidah buaya dan campur rata untuk membentuk pasta. Oleskan ke wajah dan leher sambil dipijat dengan lembut. Biarkan diserap wajah selama 10 menit sebelum dibilas.

7. Membuat Kulit Awet Muda

Sifat antioksidan dalam teh hijau dan teh putih membantu melawan proses penuaan. Selain memberikan kulit yang halus, teh bisa melawan keriput dan kulit kendur, dan menghilangkan radikal bebas di kulit, dan mengurangi kerusakan sel. Cara menggunakannya yaitu dengan memotong kantong teh hijau atau teh putih yang sudah digunakan, lalu menyimpan isinya ke dalam mangkuk. Tambahkan 1½ sendok makan madu dan 2–3 tetes minyak rosehip ke dalam mangkuk dan aduk rata untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke wajah dan leher dan biarkan selama 10 menit. Bersihkan dengan air hangat.

BACA JUGA: 30 Ide untuk Resolusi Tahun Baru 2024, Buat Hidup Lebih Bahagia!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Anna Pou on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan