banner-detik
SELF

7 Rekomendasi Essential Oil untuk Usia 35 Tahun ke Atas, Nomor 3 Wajib Punya!

author

Katharina Menge04 Apr 2023

7 Rekomendasi Essential Oil untuk Usia 35 Tahun ke Atas, Nomor 3 Wajib Punya!

Untuk Mommies yang butuh rekomendasi essential oil untuk 35 tahun ke atas, ini dia rekomendasinya!

Semakin bertambah usia, salah satu hal yang dibutuhkan oleh Mommies adalah rekomendasi essential oil, terlebih untuk yang berusia 35 tahun ke atas. Setiap jenis minyak esensial punya kelebihannya masing-masing dan bisa membantu menjalani hari-hari lebih segar.

Essential oil atau minyak esensial berasal dari ekstrak tumbuhan yang didapatkan dari proses distilasi. “Tumbuhan terbuat dari bahan struktural dan fitokimia. Bahan kimia ini memiliki khasiat yang tidak hanya bermanfaat bagi tanaman tetapi juga bermanfaat bagi manusia,” jelas spesialis kedokteran integratif, Yufang Lin, MD.

Dalam proses pembuatan minyak esensial dibutuhkan sejumlah besar tanaman sehingga membuat beberapa di antaranya punya harga yang mahal. Contohnya dibutuhkan 250 pon atau sekitar 113 kg bunga lavender untuk menghasilkan 1 pon atau sekitar 0,4 pon minyak esensial lavender.

“Karena dibutuhkan begitu banyak tanaman untuk membuat minyak esensial, ini adalah obat botani yang ampuh,” kata Dr. Lin. Jadi, khasiat yang didapatkan dari deretan essential oil ini sangat bagus dan berguna untuk kesehatan tubuh, terlebih di usia yang semakin tua ini.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Kelapa, dari Kecantikan Hingga Kesehatan

Rekomendasi Essential Oil untuk Usia 35 Tahun ke Atas

Mommies Daily pun merangkum deretan rekomendasi essential oil yang bisa jadi pilihan Mommies yang sudah memasuki usia 35 tahun ke atas, berserta manfaatnnya! Lihat di bawah ini!

1. Lavender – Mengatasi Stres

Minyak esensial lavender adalah salah satu minyak esensial paling populer dan serbaguna yang digunakan dalam aromaterapi. Disuling dari tanaman Lavandula angustifolia, minyak ini memberikan relaksasi dan dipercaya dapat mengatasi stres dan kecemasan.

Young Living Lavender Essential Oil – Harga Rp512.000

2. Tea Tree – Meredakan peradangan

Dr Lin mengatakan banyak orang menggunakan minyak pohon teh sebagai antiseptik, antimikroba atau antijamur. Banyak kondisi kulit terobati dengan penggunaan minyak yang satu ini, seperti mengatasi jerawat, mengurangi gejala eksim, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Hydrate – Harga Rp165.000

3. Lemongrass – Menurunkan gula darah

Lemongrass atau serai punya aroma jeruk yang kuat dan bisa membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi. Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan minyak serai dapat membantu mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Organic Supply Co. Lemongrass – Harga Rp85.000

4. Chamomile – Bantu tidur nyenyak

Sama seperti lavender, essential oil chamomile juga bermanfaat untuk meredakan kecemasan dan menenangkan. Cocok jadit eman Mommies kala lelah bekerja seharian. Selain itu, chamomile juga bantu tidur malam lebih nyenyak dan lelap. Memaksimalkan waktu istirahat.

Edens Garden Roman Chamomile Essential Oil – Harga Rp460.000

5. Cedarwood – Jaga kesehatan kulit kepala

Cedarwood adalah salah satu dari beberapa minyak esensial yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Setiap hari oleskan kulit kepala dengan minyak esensial cedarwood bersama dengan thyme, rosemary, dan lavender, lalu pijat merata. Lakukan selama tujuh bulan dan dapatkan hasil terbaik.

Peek.Me Naturals Cedarwood Pure Essential Oil – Harga Rp75.000

6. Rosemary – Meredakan pilek dan flu

Minyak rosemary berfungsi sebagai ekspektoran saat dihirup, meredakan tenggorokan tersumbat akibat alergi, pilek, dan flu. Menghirup aroma rosemary dapat melawan infeksi pernapasan karena kandungan antiseptiknya.

Sare Rosemary Essential Oil Minyak Esensial Aromatheraphy Aromaterapi – Harga Rp69.000

7. Bergamot – Meningkatkan semangat

Minyak esensial bergamot punya campuran aroma buah dan bunga. Minyak bergamot bermanfaat untuk banyak hal, seperti meningkatkan semangat, mengurangi kecemasan, menurunkan kolesterol, dan mengatasi tekanan darah rendah.

Darjeeling Bergamot Essential Oil – Harga Rp33.000

BACA JUGA: Minyak Telon Plus, Melindungi Si Kecil dari Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS