banner-detik
SELF

7 Cara Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami

author

Mommies Daily24 Dec 2023

7 Cara Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami

Ada cara mudah untuk mendapatkan kulit lebih muda dan bercahaya, yaitu dengan meningkatkan produksi kolagen secara alami. Ini caranya!

Kulit yang sehat dan bercahaya seringkali dikaitkan dengan produksi kolagen yang baik. Sebagai protein struktural utama dalam kulit, kolagen berfungsi memberikan elastisitas dan mengurangi kerutan.

Namun, faktor seperti pertambahan usia serta polusi dan sinar UV dapat membuat produksi kolagen cenderung menurun dan menyebabkan tanda-tanda penuaan. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara mudah yang bisa diterapkan sehari-hari untuk merangsang produksi kolagen dan mengembalikan kilau alami kulit Mommies.

BACA JUGA: 11 Buah Tinggi Kolagen yang Bantu Mencerahkan Kulit dan Hilangkan Kerutan di Wajah, Bikin Awet Muda!

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen

Dilansir dari Everyday Health, berikut adalah cara sederhana yang bisa meningkatkan produksi kolagen.

1. Gunakan skincare dengan retinol atau bakuchiol

Pertama, Mommies bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau bakuchiol secara rutin.

Retinol adalah sejenis turunan vitamin A untuk meningkatkan regulasi gen yang terlibat dalam pembentukan kolagen. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan perbaikan pada kerutan setelah penggunaan retinol selama 12 pekan.

Jika retinol dianggap terlalu kuat, alternatifnya adalah bakuchiol, yang dikenal lebih ringan. Bakuchiol merangsang pergantian sel kulit dan berkontribusi pada peningkatan produksi kolagen. Kelebihan bakuchiol adalah cocok individu dengan kulit yang cenderung sensitif.

2. Gunakan serum vitamin C

Selanjutnya, Mommies bisa mengoleskan serum Vitamin C pada pagi hari secara rutin. Vitamin C adalah senyawa antioksidan yang melindungi kolagen dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, vitamin C juga dapat memicu pembentukan kolagen.

3. Gunakan tabir surya

Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen, sehingga dapat mengakibatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit Mommies dengan tabir surya setiap hari. Pastikan untuk memilih tabir surya dengan spektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih.

Namun, ingatlah bahwa efektivitas tabir surya berlangsung hanya selama sekitar dua jam. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengoleskan ulang tabir surya setiap hari, terutama ketika terpapar sinar matahari secara intens.

4. Konsumsi protein tanpa lemak

Asupan protein juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kolagen. Makanan yang kaya protein tinggi mengandung asam amino yang esensial untuk proses sintesis kolagen. Pilihlah sumber protein tanpa lemak seperti ikan, makanan laut, dan dada ayam tanpa kulit untuk mendukung produksi kolagen yang optimal dalam kulit.

Apa lagi cara sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan produksi kolagen? Mommies yang penasaran bisa langsung klik di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 5 Jenis Kolagen dan Manfaatnya untuk Tubuh, Bisa Cegah Penuaan

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS