banner-detik
PARENTING & KIDS

Anak Izin Pesta Akhir Tahun Sama Teman, Orangtua Wajib Perhatikan Ini!

author

dewdew17 Dec 2023

Anak Izin Pesta Akhir Tahun Sama Teman, Orangtua Wajib Perhatikan Ini!

Ketika anak izin menghadiri pesta akhir tahun, apa yang terbersit di pikiran Mommies? Kira-kira diizinkan atau tidak, ya? Ini dia yang wajib diperhatikan.

Seiring bertambahnya usia anak, terutama ketika ia bertumbuh menjadi anak remaja, keinginan untuk pergi ke pesta tentu bisa saja muncul. Dalam hal ini, mungkin ia ingin merayakan pesta akhir tahun bersama teman-temannya.

Yang namanya pesta bagi remaja memang menyenangkan. Namun kita sebagai orangtua, terkadang sudah waswas duluan. Padahal menghadiri pesta bagi remaja ada gunanya juga, lho. Seperti mengembangkan kemandirian, tanggung jawab dan kepercayaan diri. Di pesta, anak remaja juga bisa mencari teman baru dan membangun keterampilan sosial.

Wajar kalau mommies merasa sedikit khawatir jika anak izin pergi ke pesta, terutama jika kita nggak kenal tuan rumah atau orang tuanya. Sementara, jauh di lubuk hati terdalam, mommies juga paham bahwa menghadiri pesta juga bisa menjadi kebutuhan batin anak. Layaknya kita dulu.

Supaya mommies dan si anak remaja sama-sama nyaman dan merasa aman, berikut beberapa hal yang harus disepakati bersama. 

Keamanan adalah super penting

Sangat nggak apa-apa kalau mommies memiliki banyak pertanyaan, seperti:

  • Apakah akan ada orang dewasa di pesta itu?
  • Apakah akan ada alkohol?
  • Teman kamu yang mama kenal ikut hadir apa tidak?
  • Akankah pestanya tetap di satu tempat atau berpindah ke tempat lain pada malam hari?
  • Jam berapa pestanya akan selesai?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika sesuatu yang tidak terduga terjadi di pesta tersebut?

Jelaskan risiko yang mungkin akan dihadapi anak 

Kalau si remaja enggan untuk memberikan informasi lengkap mengenai pesta tersebut, jelaskan alasan Mommies bertanya. Misalnya, “Mama khawatir kamu akan menghadapi risiko di pesta ini. Mama mungkin gak akan kasih kamu izin kalau mama nggak yakin kamu aman.”

Hal ini juga tergantung di mana lokasi pesta akhir tahun tersebut. Kalau dilaksanakan di rumah teman, Mommies dapat menghubungi orang tua penyelenggara pesta. 

Banyak orang tua yang melakukan hal ini. Jika Anda sudah mengenal teman-teman anak dan orang tuanya, langkah ini bisa lebih mudah dilakukan. Kalau belum kenal, kenalanlah! Minta nomor telepon mereka sehingga Mommies punya gambaran apakah anak akan aman di pesta tersebut.

Ikut Quiz: Seberapa Tahu Anda Tentang Dunia Anak Remaja?

Aturan dasar untuk anak remaja  pergi ke pesta

Beberapa aturan dasar dapat membantu anak  tetap aman saat pergi ke pesta,  mencakup hal-hal berikut ini:

  • Naik apa ke lokasi pesta? 
  • Kapan dan bagaimana pulangnya?
  • Jam berapa batas kepulangan?
  • Teman yang harus ikut.
  • Apakah boleh install apps GPS di smartphone anak?

Mommies dan anak mungkin memiliki gagasan berbeda tentang beberapa aturan ini, jadi cobalah untuk  bekerja sama dalam menyusun aturan ini. Bisa saja, kan, si anak menolak untuk diantar jemput. Sementara itulah satu-satunya cara agar Mommies merasa aman.

Pastikan juga untuk bersepakat mengenai konsekuensi jika anak melanggar salah satu aturan yang telah disepakati sebelum pesta. Misalnya, ‘Kesepakatannya adalah kamu akan pulang tengah malam. Jika tidak, kamu tidak bisa lagi izin pergi ke pesta mana pun selama 1 bulan ke depan.”

Sebagai tambahan, pastikan Mommies meyakinkan anak untuk menelepon kapanpun, dalam kondisi apapun, jika terjadi hal-hal di luar kendalinya saat menghadiri pesta akhir tahun tersebut. Bagaimana pun Mommies harus bisa jadi orang yang ia paling percaya. 

Gimana Mommies? Siap mengizinkan anak remaja hadir di pesta akhir tahun?

Cover: Envato

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan