banner-detik
SELF

Suplemen Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut, Bisa Cegah Kerontokan Juga!

author

Mommies Daily21 Nov 2023

Suplemen Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut, Bisa Cegah Kerontokan Juga!

Berbagai kandungan suplemen bermanfaat ini dikenal bisa menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Kenali juga faktor yang bisa menyebabkan rambut rusak.

Rambut tebal, sehat, dan kuat adalah dambaan banyak orang. Banyak orang mencari berbagai cara untuk menumbuhkan rambut dan suplemen menjadi salah satu pilihannya. Suplemen menumbuhkan rambut juga dipercaya bisa menghilangkan kerontokan dan kerapuhan rambut. Suplemen ini bisa berupa produk alami berupa herba, maupun bahan alami non tumbuhan yang dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, cairan, dan lain-lain. Konsumsi rutin suplemen dipercaya dapat mengembalikan kesehatan rambut. 

Berikut adalah berbagai suplemen yang diklaim dapat membantu menumbuhkan rambut, serta faktor yang menyebabkan rambut rontok dan rusak. 

Suplemen terbaik untuk rambut 

Dilansir dari Very Well Health, berikut adalah suplemen terbaik untuk rambut, termasuk untuk menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan. 

1. Zinc

Zinc adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil (mikronutrien) yang berperan penting kekebalan tubuh, pergantian sel, dan penyembuhan luka. Zinc membantu menjaga kesehatan rambut dengan mendukung siklus folikel rambut.

Sementara itu, suplemen zinc dipercaya mengurangi kerontokan rambut dengan membawa kadar nutrisi rendah ke dalam rentang normal. Pemberian suplemen zinc dapat mendorong pertumbuhan rambut pada penderita kerontokan rambut (alopesia). Namun, belum banyak penelitian mendukung hal ini. 

Zinc dapat diperoleh melalui makanan. Ini secara alami terdapat dalam daging, ikan, dan makanan laut. Salah satunya, tiram yang memiliki kandungan zinc 32 mg per 3 ons. Selain itu, bisa juga ditambahkan ke banyak sereal sarapan, oats, dan biji labu. Makanan yang mengandung zinc paling banyak seperti daging sapi, tiram, oats, dan biji labu.

BACA JUGA: 8 Manfaat Susu Kambing Bagi Tubuh dan Rekomendasi Produk Terfavorit

2. Protein 

Rambut terdiri dari kandungan protein alami bernama keratin. Orang yang kurang mengkonsumsi protein akan mengalami rambut rapuh dan mudah patah. Asupan protein dapat memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan helai rambut baru. Namun, penting untuk diingat bahwa sumber protein seharusnya tidak hanya berasal dari suplemen, tetapi juga dari makanan sehari-hari. Makanan yang kaya protein meliputi daging hewan, makanan laut atau seafood, produk susu, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi

Kerontokan rambut juga berhubungan dengan kadar zat besi. Sel-sel rambut termasuk yang paling aktif dalam tubuh dan memerlukan kadar zat besi yang memadai untuk berfungsi dengan baik. Zat besi membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memastikan folikel rambut mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Sumber makanan zat besi meliputi daging tanpa lemak, makanan laut, sayuran hijau, serta sereal dan biji-bijian. 

4. Asam Lemak Omega-3

Berikutnya, suplemen asam lemak omega-3 bermanfaat untuk rambut. Sebuah uji klinis acak pada perempuan dengan kerontokan rambut menemukan bahwa suplemen yang mengandung 460 mg minyak ikan (sebagai sumber asam lemak omega-3) mengurangi kerontokan rldan meningkatkan ketebalan rambut. Beberapa makanan yang memiliki Asam Lemak Omega-3 adalah Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, cakalang, biji chia, dan juga kenari. 

5. Biotin

Selanjutnya, ada juga Biotin atau dikenal sebagai vitamin B7. Biotin diketahui berperan dalam mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Meskipun ada klaim bahwa suplemen biotin dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan, bukti ilmiah yang mendukung klaim ini masih terbatas.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa biotin sangat penting untuk pertumbuhan sel dan produksi asam lemak. Biotin dapat diperoleh lewat kapsul suplemen, serta makanan seperti kuning telur, daging, hati sapi, dan lain-lain. 

BACA JUGA: Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Ini 7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh 

Apakah suplemen untuk pertumbuhan rambut efektif?

Suplemen yang mengatasi kekurangan nutrisi juga dapat mengurangi kerontokan rambut. Namun, data tidak mendukung suplemen yang ditujukan untuk pertumbuhan rambut pada individu yang sudah mendapatkan cukup nutrisi tersebut.

Perlu dicatat bahwa tidak ada suplemen terbaik untuk pertumbuhan rambut. Sebaliknya, nutrisi keseluruhan dari diet seimbang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Mommies bisa menghubungi dokter atau ahli gizi untuk membahas apakah kerontokan rambut dapat disebabkan oleh masalah mendasar atau kekurangan gizi. 

Faktor Kerusakan Rambut

Ada beberapa faktor internal yang dapat menyebabkan kerusakan rambut melibatkan kondisi internal tubuh dan kesehatan rambut, yaitu:

1. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan zat gizi seperti protein, zat besi, zinc, vitamin A, C, dan E dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan berkilau.

2. Gangguan Hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama kehamilan, menopause, atau masalah hormon tiroid, dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerusakan. Kerontokan akibat hormon bisa melanda laki-laki maupun perempuan.

3. Stress dan Kecemasan

Kondisi stres kronis atau tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan rambut. Stres dapat memicu perubahan hormonal dan mempengaruhi kondisi kulit kepala, sehingga menyababkan rambut rontok parah.

4. Penyakit dan Gangguan Metabolisme

Beberapa penyakit seperti diabetes, psoriasis, dan masalah kesehatan kulit kepala lainnya dapat berkontribusi pada kerusakan rambut. Selain itu, masalah metabolisme tubuh, termasuk gangguan penyerapan nutrisi, dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

5. Genetika

Faktor genetika juga memainkan peran dalam kesehatan rambut. Jika keluarga Mommies memiliki riwayat kerusakan rambut atau kebotakan, Mommies mungkin bisa mengalami hal yang sama karena kecenderungan genetik yang sama.

6. Efek Samping Obat

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti kemoterapi atau obat untuk tekanan darah tinggi, juga bisa menyebabkan kerusakan rambut sebagai efek samping.

BACA JUGA: Tubuh Sehat di Masa Tua, Ini 10 Vitamin Terbaik untuk Usia 40 dan 50 Tahun

Penting untuk memahami bahwa faktor-faktor ini dapat saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan melalui pola makan seimbang, manajemen stres, dan perawatan kesehatan yang baik dapat membantu mencegah kerusakan rambut internal. 

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Polina Tankilevitch on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan