banner-detik
SELF

Tubuh Sehat di Masa Tua, Ini 10 Vitamin Terbaik untuk Usia 40 dan 50 Tahun

author

Mommies Daily03 Nov 2023

Tubuh Sehat di Masa Tua, Ini 10 Vitamin Terbaik untuk Usia 40 dan 50 Tahun

Semakin bertambah usia, semakin tubuh membutuhkan nutrisi. Ini daftar vitamin terbaik untuk Anda yang berusia 40 dan 50 tahun.

Tubuh manusia tidaklah sama setiap tahunnya. Di usia 20 dan 30, tubuh mencapai puncaknya karena semua sistem organ masih bekerja dengan baik. Namun di usia 40 dan 50 tahun, mulai terjadi kemunduran. Ini sebabnya, tubuh butuh vitamin di usia 40 dan 50 tahun agar tubuh sehat.

Anggaplah vitamin dan nutrisi sebagai pasukan yang akan melawan penyakit yang berkaitan dengan usia. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa cara terbaik agar badan bugar adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan lengkap.

Meskipun selalu penting untuk makan dengan baik, hal ini menjadi sangat penting di sekitar usia 40 tahun dan 50 tahun, karena di usia tersebut asupan makanan sehat belum cukup. Massa otot mulai berkurang, berat badan cenderung bertambah, menopause mungkin (atau mungkin akan segera terjadi), dan risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes mulai meningkat.

Salah satu solusinya adalah mendapatkan vitamin untuk daya tahan tubuh. Kira-kira apa saja vitamin yang cocok di usia 40 dan 50 tahun?

BACA JUGA: Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam?

10 Vitamin penting di usia 40 dan 50 tahun

Penuaan memang tidak dapat dihindari, maka 10 vitamin ini bisa berfungsi untuk melawan penyakit yang berkaitan dengan usia dan membantu agar tubuh bugar.

1. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh yang harus ditambahkan ke dalam daftar segera setelah Mommies dan Daddies berusia 40 tahun. Vitamin ini memainkan peran utama dalam menjaga fungsi peredaran darah dan membantu kesehatan otak.

Rekomendasi: Blackmores Vitamin 12

Vitamin ini memiliki kandungan Cyanocobalamin B12 yang dapat membantu metabolisme serta mengubah makanan menjadi energi.  Minum 1 setiap harinya untuk memelihara tubuh sehat selalu.

2. Kalsium

Kalsium adalah salah satu vitamin yang sangat penting seiring bertambahnya usia. Kalsium memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan tulang, kontraksi otot, fungsi saraf dan jantung. Seiring bertambahnya usia, jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium, tubuh akan mulai mengikis kalsium dari tulang dan membuatnya rapuh.

Rekomendasi: CDR

Tentu sudah tak asing lagi dengan vitamin untuk daya tubuh satu ini satu ini. CDR atau Calcium D Redoxon adalah vitamin kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu memenuhi kebutuhan kalsium, termasuk pada ibu hamil dan menyusui.

3. Vitamin D

Kekurangan Vitamin D yang parah meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, kanker payudara dan kolorektal, yang semuanya cenderung menyerang tubuh seiring bertambahnya usia. Umumnya, dari makanan, vitamin ini sulit diserap, jadi sangat ideal untuk mengonsumsi vitamin ini sehari-harinya.

Rekomendasi: Wellness Vitamin D3 400 IU

Berisi 60 kapsul lunak, vitamin ini juga berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Serat

Serat atau fiber memang baik untuk tubuh sehat, berapa pun usia seseorang. Tapi tahukah Mommies dan Daddies bahwa hal itu bahkan lebih penting lagi seiring bertambahnya usia? Serat membantu melindungi dari stroke, dan menurunkan kolesterol serta gula darah.

Rekomendasi: Fibe Mini

Kalau Mommies atau Daddies kesulitan untuk minum kapsul, bisa coba vitamin dalam bentuk cair ini, nih. Satu botol Fibe Mini mengandung 6000 mg serat atau setara dengan 3 bonggol selada dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

5. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi usus. Mereka dapat membantu mengobati gangguan pencernaan seperti diare, sindrom iritasi usus besar, dan menyeimbangkan mikrobioma usus.

Rekomendasi: Synbio

Foto: Kalbemed

Kandungan probiotik dalam Synbio dapat meningkatkan fungsi sistem imun dan bisa digunakan dalam penanganan intoleransi laktosa. Bisa dikonsumsi orang dewasa, sebaiknya hindari vitamin ini jika menderita pankreatis akut.

BACA JUGA: Cara Membuat Kopi Enak Tanpa Gula di Rumah, Hemat dan Lebih Sehat!

6. Magnesium

Magnesium adalah mineral utama yang menstabilkan tekanan darah, yang sangat penting bagi wanita berusia di atas 40 tahun yang berisiko mengalami tekanan darah tinggi akibat proses penuaan.

Rekomendasi: NUVITA Nutri Magnesium

Vitamin kesehatan satu ini mengandung 350 mg Magnesium Oxide yang bisa dikonsumsi 1 tablet per harinya.

7. Zinc

Zinc membantu mengatur keseimbangan hormon, melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan meningkatkan kesehatan otak, yang mulai menurun di usia 50. Zinc juga tersedia dalam bentuk vitamin, seperti berikut ini.

Rekomendasi: Zinc Indofarma

Vitamin zinc ini dapat memenuhi seluruh kebutuhan zinc harian. Disarankan minum 1 kali sehari, sebelum atau sesudah makan agar tubuh sehat.

8. Folat

Mommies atau Daddies mungkin sering mendengar folat sebagai vitamin untuk ibu hamil. Nyatanya, folat membantu pertumbuhan sel dan dapat melindungi dari stroke dan kanker tertentu, yang sangat berguna seiring pertambahan usia.

Rekomendasi: Now Food Folid Acid

Tak hanya mengandung asam folat, vitamin ini juga mengandung vitamin B kompleks, Vitamin D3, dan Vitamin E. Dosis konsumsinya adalah 1 kapsul per sehari atau sesuai anjuran dokter.

9. Selenium

Selenium melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan infeksi serta menjaga kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. Ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia.

Rekomendasi: Now Selenium 100 MCG

Vitamin yang mengandung selenium ini juga bebas ragi (yeast-free) sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.

10. Asam Lemak Omega 3

Mungkin ini salah satu vitamin untuk usia 40 dan 50 tahun yang umum diketahui. Asam lemak omega 3 memiliki segudang manfaat kesehatan dan bahkan mengimbangi efek negatif dari penuaan seperti penyakit jantung dan penurunan kognitif. Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak omega 3 sendiri, maka sangat penting untuk mengonsumsinya dalam bentuk vitamin.

Rekomendasi: Om3Heart

Foto: KlikDokter

Om3Heart dapat membantu menurunkan kolesterol, memelihara kesehatan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung, otak, dan mata. Vitamin ini juga aman dikonsumsi dalam jangka panjang, sehingga tubuh sehat selalu.

BACA JUGA: Tips Percaya Diri di Umur 50

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by katemangostar on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan