banner-detik
SELF

8 Manfaat Susu Kambing Bagi Tubuh dan Rekomendasi Produk Terfavorit

author

Mommies Daily19 Nov 2023

8 Manfaat Susu Kambing Bagi Tubuh dan Rekomendasi Produk Terfavorit

Mengonsumsi susu kambing secara rutin ternyata memberikan banyak keuntungan bagi tubuh. Yuk, cek apa saja manfaat yang didapat saat minum susu kambing.

Susu kambing memiliki banyak manfaat kesehatan yang membuatnya lebih mudah dicerna oleh orang-orang tertentu yang umumnya memiliki masalah laktosa. Rasanya secara keseluruhan ringan, dengan sedikit rasa yang hampir seperti kacang dan lebih gurih dari susu sapi.

Susu kambing sering disebut-sebut sebagai minuman yang baik untuk tubuh. Bahkan dalam laman Kemkes disebutkan, jika susu kambing punya daya cerna lebih baik dari susu sapi.

Dikutip dari Kemkes, susu kambing memiliki karakteristik sensori yang khas karena adanya aroma goaty yang bersumber dari asam lemak rantai pendek (asam lemak kaprat, kaprilat, dan kaproat). Ini juga yang membuat susu kambing mempunyai daya cerna lebih baik dibandingkan susu sapi.

BACA JUGA: Infografik: Susu Sapi VS Susu Kambing, Apa Saja Perbedaannya?

Manfaat minum susu kambing

Saat ini sudah banyak produsen yang menjual susu kambing. Kalau Mommies dan Daddies masih ragu mencobanya, cek dulu 8 manfaat susu kambing bagi tubuh ini. Hebatnya, susu kambing punya manfaat bagi pria, wanita, dan juga anak. Jadi lengkap, deh!

1. Membantu mengelola kadar kolesterol

Susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena mengandung asam lemak jenuh tunggal. Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu mengurangi kolesterol dalam arteri dan kantong empedu. Hal ini dapat membantu orang dengan kadar kolesterol tinggi untuk mengontrol kolesterol mereka dengan lebih mudah.

2. Melancarkan promil

Susu kambing kaya akan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, terutama jika dicampur dengan madu. Kalsium yang terkandung dalam susu kambing sangat penting bagi pasangan yang sedang berusaha hamil.

Namun, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan zat gizi lainnya seperti asam folat, zat besi, omega 3, protein, serta vitamin dan mineral lainnya agar program hamil bisa berjalan lebih efektif.

3. Mengandung banyak protein

Susu kambing mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai, atau susu kacang-kacangan. Protein yang terkandung dalam susu kambing lebih mudah dicerna, dibandingkan dengan susu lainnya. Susu kambing juga mengandung lebih banyak protein dibandingkan susu almond, lho.

4. Mengandung banyak kalsium

Susu kambing adalah sumber kalsium yang kaya. Susu ini mengandung sekitar 33 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk mineral kalsium.

Tentu Mommies dan Daddies tahu, jika kalsium sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan, terutama dalam hal kesehatan tulang. Kalsium juga membantu meningkatkan massa tulang dan memberikan kekuatan pada jaringan untuk memaksimalkan kekuatan tulang.

5. Membantu kulit lebih sehat

Susu kambing mengandung asam lemak dan trigliserida yang menjaga bagian dalam tubuh tetap lancar, serta membuat kulit glowing!

Rupanya, susu kambing memiliki kualitas pelembab yang membantu menjaga kulit bayi tetap lembut. Susu ini juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi. Vitamin A dalam susu dapat memperbaiki warna kulit, melawan jerawat, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Cocok untuk pria dan wanita yang mau menjaga kesehatan kulit, nih.

BACA JUGA: 8 Jenis Susu Berdasarkan Pengolahan yang Perlu Kita Ketahui

6. Kemungkinan tidak memicu alergi susu

Beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi, memilih susu kambing sebagai alternatif. Sebuah penelitian menemukan sekitar satu dari empat bayi yang alergi terhadap susu sapi tidak alergi terhadap susu kambing. Meski begitu, tetap harus melakukan tes alergi dan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum minum susu kambing, ya.

7. Menjaga kesehatan jantung

Susu kambing memiliki efek terapeutik pada kesehatan jantung. Hal ini karena susu kambing memiliki kadar asam lemak rantai menengah yang tinggi. Asam lemak ini memberikan dorongan energi yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Mereka juga membantu mengobati kondisi penyakit jantung koroner dan gangguan usus.

Susu kambing juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat. Susu ini juga memiliki sifat yang mirip dengan minyak zaitun dan direkomendasikan untuk menjaga kolesterol tinggi.

8. Membuat pencernaan nyaman

Biasanya bagi penderita gerd kesulitan untuk mengonsumsi susu sapi. Nah, manfaat susu kambing untuk gerd bisa dibuktikan, karena susu kambing tidak terlalu terpengaruh oleh asam dalam perut dibandingkan susu sapi. Bahkan dapat membantu melapisi perut dan melindungi tukak lambung dari pengaruh asam lambung yang menyakitkan.

Rekomendasi produk susu kambing terfavorit

Sudah yakin mau mencoba susu kambing? Ada berbagai produk favorit susu kambing yang bisa Mommies dan Daddies coba.

  1. NutriGOAT
  2. Etawanesia
  3. Skygoat
  4. Nutritama
  5. Origoat
  6. AMH Kambing Etawa Original
  7. Urra

Itu dia rekomendasi susu kambing favorit yang bisa Mommies dan Daddies beli di pasaran. Pilih yang cocok dengan kebutuhan nutrisi tubuh untuk mendapatkan manfaat maksimal, ya!

BACA JUGA: Rekomendasi Susu UHT Rendah Gula untuk Anak, Tinggi Kalsium

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan