banner-detik
SELF

Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Ini 7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh

author

Mommies Daily15 Nov 2023

Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Ini 7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Magnesium punya banyak manfaat, bisa mencegah darah tinggi hingga bisa membuat tidur nyenyak. Ini manfaat magnesium dan rekomendasi produknya.

Magnesium memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Untuk dapat beraktivitas dengan normal, tubuh kita membutuhkan berbagai elemen penting. Nah, salah satu yang sangat penting bagi tubuh adalah magnesium.

Jika kekurangan magnesium, tubuh akan mengalami berbagai masalah, loh. Misalnya jadi susah tidur yang sangat berdampak bagi aktivitas sehari-hari. Jadi jangan sampai tubuh kekurangan magnesium.

Rata-rata jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh tergantung pada jenis kelamin dan usia. Secara umum, pria dewasa membutuhkan sekitar 400-420 mg magnesium setiap hari. Sementara itu, kebutuhan magnesium harian untuk wanita dewasa adalah 310-320 mg.

Di dalam tubuh kita, 60% magnesium disimpan dalam 4.444 tulang. Sisanya didistribusikan ke cairan tubuh, otot, jaringan lunak, dan darah. Dengan banyaknya organ tubuh yang memerlukan magnesium, bisa dibilang ini merupakan elemen yang cukup penting bagi kesehatan.

BACA JUGA: Tubuh Sehat di Masa Tua, Ini 10 Vitamin Terbaik untuk Usia 40 dan 50 Tahun

Efek dan Manfaat Magnesium

Penasaran apa saja efek dan manfaat magnesium untuk tubuh? Berikut 10 manfaat magnesium?

1. Atasi sudah tidur

Suplemen magnesium sering digunakan sebagai obat alami untuk masalah tidur seperti insomnia. Hal ini karena magnesium mengatur beberapa neurotransmiter yang terlibat dalam tidur, seperti asam gamma aminobutirat.

Sebuah penelitian pada hampir 4.000 orang dewasa mengaitkan peningkatan asupan mineral ini dengan peningkatan kualitas dan durasi tidur. Wah, bisa jadi solusi Anda yang susah tidur, nih.

2. Dukung kesehatan tulang

Berdasarkan penelitian dari Norwegia, magnesium dalam air minum dapat membantu melindungi dari patah tulang.

Para peneliti membuat daftar patah tulang pinggul dan peta dari berbagai perusahaan penyedia air minum di negara tersebut. Dengan menggunakan data jejak logam di dalam air, mereka dapat membandingkan jumlah patah tulang pinggul dengan area dengan kandungan kalsium dan magnesium tertinggi dan terendah dalam air minum.

Nah, ditemukan korelasi antara tingkat magnesium yang relatif tinggi dengan tingkat patah tulang pinggul yang lebih rendah pada pria dan wanita, tetapi tidak ditemukan korelasi yang sama dengan kalsium.

3. Meredakan gejala maag

Bagi penderita sakit maag, magnesium memiliki peranan yang sangat penting. Magnesium dapat membantu menetralisir asam lambung yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di ulu hati.

4. Meredakan sembelit

Peran magnesium dalam tubuh selanjutnya adalah membantu mengatasi sembelit. Dalam hal ini, magnesium membantu melancarkan buang air besar secara lebih mudah.

Untuk itu, Mommies dan Daddies perlu memastikan tubuh mendapatkan asupan magnesium yang cukup, supaya terhindar dari akibat kekurangan magnesium.

5. Kurangi gejala PMS

Banyak wanita merasakan rasa sakit perut yang hebat saat PMS. Tak hanya itu, mood mereka pun sering berantakan. Kalau Mommies termasuk yang memiliki gejala parah PMS, bisa coba suplemen magnesium, nih!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium membantu meringankan gejala PMS dan kondisi lain seperti kram menstruasi dan serangan migrain.

BACA JUGA: Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam?

6. Bisa jadi sumber energi

Satu penelitian kecil menemukan bahwa ketika sekelompok wanita berolahraga dengan kadar magnesium yang rendah, mereka menggunakan lebih banyak oksigen dan mengalami peningkatan detak jantung. Rebecca Warren, seorang terapis nutrisi mengatakan jika kurangnya magnesium membuat tubuh cepat lelah.

“Jika tubuh memiliki pasokan yang tidak memadai atau akses yang buruk terhadap magnesium, maka kita akan menemukan bahwa produksi energi menjadi terbatas, membuat seseorang merasa lelah atau kehabisan tenaga,” ujarnya seperti dikutip dari laman IonUK.

7. Menurunkan hipertensi

Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dokter mungkin meresepkan magnesium sulfat untuk wanita hamil dengan tekanan darah tinggi, pre-eklampsia, dan pre-eklampsia untuk mengurangi risiko kejang.

Rekomendasi suplemen magnesium biar tak susah tidur

Memenuhi rekomendasi kebutuhan harian magnesium sebenarnya cukup mudah karena zat mineral ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Namun, ada juga bentuk suplemen yang lebih mudah didapatkan, lho.

Lagi mencari suplemen magnesium karena susah tidur? Ini rekomendasi 5 suplemen magnesium untuk Mommies dan Daddies.

1. NUVITA Nutri Magnesium 30 tablet

Foto: Naturalfarm

Suplemen magnesium satu ini cukup terjangkau sehingga bisa jadi pilihan bagi Anda yang baru mau minum magnesium. Nuvita Nutri Magnesium mengandung 350 mg Magnesium Oxide yang bisa membantu kualitas tidur dan mendukung kesehatan tulang.

2. WELLNESS Cal Mag Zinc 60 tablet

Tak hanya magnesium, suplemen ini juga dilengkapi kalsium dan zinc yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Suplemen ini berguna untuk menguatkan tulang, mencegah hipertensi, dan juga menjaga kesehatan kulit.

Berisi 60 kapsul gel, yang bisa diminum 1-2 tablet setiap harinya.

3. Biolectra Magnesium Tablet

Foto: E-Commerce

Bye bye insomnia. Mommies dan Daddies bisa mengonsumsi ini saat susah tidur. Suplemen ini bisa jadi pilihan buat yang susah menelat obat berbentuk kapsul. Hadir dalam bentuk tablet effervescent yang bisa dilarutkan dengan air, suplemen ini cocok untuk dewasa dan anak di atas usia 6 tahun. Tiap tablet mengandung Magnesium 365 mg yang cukup untuk asupan sehari-hari.

4. Blackmores Calcimag Multi

Butuh suplemen magnesium yang lengkap? Blackmores Calcimag Multi mengandung kombinasi kalsium, magnesium dan vitamin D3 untuk bantu penuhi kebutuhan kalsium dan bantu jaga kesehatan tulang.

5. Swisse Ultiboost Magnesium

Nah, yang ini cocok buat Mommies yang memiliki keluhan perut kram saat PMS. Mommies bisa mengurangi kram otot dan kejang otot ringan ketika asupan makanan tidak memadai dengan Swisse Ultiboost Magnesium.

BACA JUGA: Collagen Powder, Benarkah Bermanfaat? Ini Kata Pakar

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan