banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting Caca Tengker dan Cara Membesarkan Gen Alpha

author

Katharina Menge15 Sep 2023

Tips Parenting Caca Tengker dan Cara Membesarkan Gen Alpha

Caca Tengker punya dua anak perempuan dan ini tips parenting dia membesarkan mereka. Ada juga tips membesarkan Gen Alpha, lho!

Caca Tengker memiliki dua anak perempuan buah pernikahannya dengan sang suami, Barry Tamin. Sama seperti orang tua lainnya, tentu ada kebahagiaan dan tantangan tersendiri yang dirasakan, yang tentu berbeda dengan keluarga lain. Tips parenting yang diterapkannya tentu juga berbeda dengan ibu lainnya.

Mommies Daily pun berkesempatan bertemu dengan Caca ketika dia bertanding di ajang Spinderellas Cup 2023, Sabtu, 9 September 2023. Kami pun bertanya seputar tips parenting yang dia terapkan untuk kedua buah hatinya serta kiatnya membesarkan generasi Alpha.

BACA JUGA: Ramai Soal Rafathar Ditonjok Teman, Ini Tiga Pesan dari Raffi Ahmad

Tips Parenting Caca Tengker

Yuk, intip tips parenting adik Nagita Slavina berikut ini!

1. Kenalan dengan diri sendiri

Tips parenting Caca Tengker yang pertama adalah pentingnya mengenal diri sendiri. “Karena dengan kita lebih kenal sama diri sendiri kita jadi tahu batasan kita,” ujarnya usai bertanding di Spinderellas Cup 2023.

“Kita juga jadi lebih bisa mengisi kebutuhan kita dulu sebelum mengisi kebutuhan anak. Jangan sampai kalau kita gak tahu mana yang kebutuhan kita, kita nggak tahu, kita pikir itu kebutuhan anak padahal itu kebutuhan kita. Jadi kalau misalkan ada mungkin trauma atau ada luka yang belum disembuhin itu bisa jadi fokus biar kita tidak meneruskan lukanya ke anak.”

2. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Tips kedua dari Caca Tengker adalah selalu berusaha memperbaiki hubungan dengan pasangan, baik ketika ada masalah atau pun tidak ada masalah. “Kalau nggak ada masalah juga nggak papa, terus di improve mungkin dari komunikasinya.”

Belajar lebih kenal satu sama lain dengan pasangan, saling memahami kebutuhan satu sama lain, dan bagaimana kita sebagai pribadi bisa mengisi diri kita dan juga kebutuhan suami. “Karena ternyata yang menjadi prediktor bagaimana anak ke depannya nanti adalah hubungan orang tua yang sehat,” jelas wanita yang merupakan pendiri Amanasa Indonesia dan juga psikolog di Tiga Generasi ini.

3. Kenali anak

Setelah mengenal diri dan pasangan, tips terakhir adalah mengenali kebutuhan anak. Caca Tengker ungkap tujuannya agar orang tua tahu bagaimana cara mengisi kebutuhan tersebut berdasarkan diri anak, bukan dari kebutuhan orang tua.

“Misalkan kita pengen sayangin anak, itu bukan karena kita yang sebenarnya butuh sayangin tapi kita tahu itu memang kebutuhan anak yang untuk dipenuhi. Jadi sebagai orang tua kita jadi lebih sadar sama kebutuhan anak dengan cara berkoneksi sama anak,” jelasnya.

“Sebelum kita mengoreksi perilaku anak apa, kita berkoneksi dulu sama anak, ya, caranya dengan kita lebih tahu anak kita kayak gimana, kita bisa lebih berkomunikasi dengan baik dengan anak, barulah di situ bisa terjadi hubungan yang sehat.”

Tips Membesarkan Anak Generasi Alpha

Caca Tengker paham bahwa dalam membesarkan anak itu tidak ada yang benar dan salah, begitu juga dalam membesarkan gen Alpha. Namun menurutnya, tips parenting yang dia terapkan di keluarganya adalah hal yang juga bisa diterapkan untuk membesarkan generasi Alpha.

“Untuk membesarkan (gen Alpha) sama, sih, ya, kayak tadi. Karena pada dasarnya menjadi orang tua itu, kita, kan, udah pernah jadi anak, jadi kita tahu rasanya menjadi anak dan sebenarnya apa yang kita butuhkan waktu kita masih anak-anak, dan itu sebenarnya yang anak-anak kita butuhkan,” jelasnya.

“Jadi generasi apapun tetap balik ke tiga tips tadi. Kenalan sama diri sendiri, kenalan sama pasangan, dan kenalan sama kebutuhan anak. Itu sih buat aku yang penting.”

Caca juga percaya bahwa setiap keluarga memiliki banyak perbedaan, mulai dari cara didik, kebutuhan, kesiapan, dan kemampuan yang berbeda. “Gak ada rumus one size fit all gitu, ya. Nggak ada satu tips parenting yang udah pasti cocok buat semua orang. Semuanya pasti menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan rumah tangga masing-masing,” tutupnya.

Wah, tips parenting Caca Tengker sepertinya wajib banget ditiru, nih!

BACA JUGA: Tips Parenting Para Artis Sultan, Dari Raffi Ahmad Hingga Atta Halilintar

Foto: Instagram/cacatengker

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan