banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting Para Artis Sultan, Dari Raffi Ahmad Hingga Atta Halilintar

author

Sisca Christina28 Jul 2022

Tips Parenting Para Artis Sultan, Dari Raffi Ahmad Hingga Atta Halilintar

Apakah parenting artis sultan berbeda dengan parenting rakyat jelata? Mari kita cek, siapa tahu ada tips dari mereka yang bisa kita tiru.

Walau berlabel artis sultan yang sehari-harinya sibuk urus kerajaan masing-masing, nggak membuat para orang tua ini mengabaikan urusan pengasuhan anak. Entah bagaimana cara mereka mengatur waktu di tengah padatnya kesibukan, yang pasti, mereka nggak rela melewatkan momen-momen tahapan pertumbuhan anak, dari balita hingga remaja.

Lalu untuk urusan materi, ternyata walau anak-anak bakal auto mewarisi kerajaan mereka, nggak membuat para artis sultan ini jadi orang tua yang memanjakan anak dengan kelimpahan harta dan hidup serba enak dan mudah.

Yuk, simak bagaimana gaya parenting dari para artis sultan ini. Beberapa gaya mereka tampaknya patut ditiru.

Raffi Ahmad

Bagi artis sesibuk Sultan Andara ini, weekend adalah waktu emas buat anak-anaknya. Mungkin sudah diplot, ya, weekdays boleh sibuk mengurus kerajaan-kerajaannya. Begitu weekend tiba, khusus buat anak. Untuk urusan pendidikan anak, ia selalu meluangkan waktu untuk acara sekolah anak. Baginya, ini salah satu cara untuk mengamati anak, lingkungan pergaulannya, juga mengenal orang tua dari teman-teman Rafathar.

Walau wajah anak-anaknya beredar luas di media sosial, bukan berarti Rafathar bebas-bebasan main gadget. Malahan, ia membatasi penggunaan gadget anak dan selalu mengawasi penggunaan media sosial, agar anak nggak terpapar konten tak pantas. Bagi Raffi dan Gigi, paling penting, mereka ingin anak-anaknya jadi anak yang beretika, taat beribadah dan bertata karma.

Ruben Onsu

Sultan yang nggak mau dipanggil sultan ini menerapkan gaya parenting “Tough Love”. Artinya, ia mendidik anak-anak dengan tegas, disiplin, nggak selalu harus setuju dengan segala perilaku anak, tetap mengingatkan dan menerapkan konsekuensi ketika mereka berperilaku negatif. Tapi, semuanya itu didasari oleh cinta yang tulus dari Ruben dan Sarwendah kepada anak-anak mereka. Prinsipnya, tegas nggak berarti mengurangi sedikitpun cinta mereka buat anak-anak. Banyak-banyak ngobrol dengan anak baginya adalah kunci untuk membangun hubungan dengan anak. Ruben ingin membentuk anak-anaknya menjadi pribadi berkarakter tangguh yang selalu mengandalkan Tuhan. Keren banget, ya?

Andre Taulany

Bapak tiga anak yang disebut-sebut sebagai Sultan Bintaro ini adalah sosok yang dekat banget dengan anak-anaknya. Nggak hanya saat bayi dan balita aja. Ia nampak selalu ada mendampingi anak-anaknya hingga tumbuh remaja seperti sekarang. Kunci parenting baginya yaitu selalu menjaga kehangatan hubungan dengan anak-anak dengan tak sungkan untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian. Jadi walau sibuk, nggak berarti jauh dari anak-anak. Chat anak di tengah kesibukan salah satu cara Andre tetap dekat dengan anak-anaknya.

Sandra Dewi

Ibu dua anak serta istri dari Harvey Moeis ini adalah sosok ibu yang mau belajar parenting dari mana saja. Salah satunya dari membaca-baca akun parenting terpercaya yang memberikan tips-tips praktis untuk diterapkan dalam pengasuhan anak. Sandra adalah salah satu artis sultan yang menerapkan validasi emosi saat mengasuh anak. Baginya, orang tua wajib menghargai perasaan anak. Ia sudah membuktikan bahwa melalui validasi emosi, itu membantu anak belajar mengenal dan mengakui perasaannya sendiri, dan merasa dihargai.

Atta Halilintar

Walau usia sang putri baru lima bulan, tapi Atta mengaku sudah punya ancer-ancer mau menerapkan pola asuh seperti apa. Tegas namun penuh kasih sayang, begitu prinsipnya. Ia nggak akan sungkan untuk mengajarkan kepada anak bahwa nggak ada segala sesuatu yang bisa didapat dengan mudah. Harus kerja keras, supaya anak terbentuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, tangguh, bersyukur dan menghargai rezeki.

Ternyata, prinsip parenting dari para artis sultan ini sebelas dua belas dengan kita. Ya, nggak?

Baca juga: Gaya Pengasuhan Ala Ibunda Maudy Ayunda yang Patut Ditiru

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS