banner-detik
LIFESTYLE

9 Tips Sukses Jalani Frugal Living, Pasutri Ini Sudah Buktikan!

author

Dhevita Wulandari09 Aug 2023

9 Tips Sukses Jalani Frugal Living, Pasutri Ini Sudah Buktikan!

Frugal living yang belakangan sering terdengar ini ternyata sudah ada sejak lama, lho! Ikuti tipsnya agar tidak mengeluarkan uang untuk hal tidak penting.

Pasangan suami istri, Samuel dan Claudya, adalah praktisi frugal living. Di YouTube channel-nya, mereka sering membagikan konten-konten seputar finansial dan pengalaman keuangan agar bisa mencapai target financial freedom atau bebas finansial di usia 35 tahun. Saat ini, mereka sudah mencapai target tersebut di usia 33 tahun.

Pengalaman frugal living yang mereka jalani selama 10 tahun terakhir ini juga cocok dengan tips yang dilakukan oleh Vicki Robin, seorang pionir FIRE movement di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Tanda-tanda Financial Abuse Alias Pelecehan Finansial di Dalam Rumah Tangga

Tips Sukses Frugal Living 

Berikut tips sukses yang dijalani pasangan suami istri ini dalam menerapkan gaya hidup hemat.

1. Jangan tergiur belanja

Tergiur untuk belanja apalagi hanya sekadar window shopping seperti saat scroll di e-commerce harus dihindari. Tujuannya agar tidak impulsif membeli barang-barang yang tidak dan bukan yang dibutuhkan.

2. Hidup sesuai dengan kebutuhan

Mengikuti dan mengejar tren yang sedang terjadi tidak akan pernah ada habisnya. Kita harus hidup sesuai kebutuhan, seperti kebutuhan pokok sandang, pangan, dan papan. Selain itu, kita juga harus mengutamakan untuk melunasi jika memiliki hutang konsumtif agar tidak terbebani jika terus menumpuk di kemudian hari. Selain itu, kebutuhan lain yang harus diatur budget-nya seperti asuransi kesehatan dan investasi.

3. Rawat yang sudah dimiliki

Merawat barang-barang yang sudah dimiliki adalah salah satu cara untuk dapat hidup hemat. Sehingga, barang-barang tersebut dapat digunakan dalam waktu yang panjang dan lama.

BACA JUGA: 4 Pekerjaan di Rumah Ini Bisa Buat Hidup Kaya Raya dan Bahagia

Masih ada beberapa kiat dan tips sukses dalam menjalankan frugal living yang diberikan dan dibagikan oleh Samuel dan Claudia. Untuk tahu selengkapnya, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini.

Cover: Image by drobotdean on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan