banner-detik
EDUCATION

Lembaga yang Memberikan Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri

author

Katharina Menge14 Jun 2023

Lembaga yang Memberikan Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri

Untuk Mommies yang ingin melanjutkan pendidikan S2, maka wajib sekali memantau informasi beasiswa dari deretan lembaga ini!

Ada banyak lembaga yang memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Mulai dari kuliah di dalam negeri hingga luar negeri. Semuanya memberikan bantuan biaya yang membuat proses belajar jadi lebih mudah tanpa takut terkendala biaya.

Meski begitu, untuk mendapatkannya juga tidak mudah, lho. Mommies harus memenuhi persyaratan yang diberikan dan harus mengikuti proses seleksi yang sangat ketat. Nah, kalau Mommies sudah yakin ingin melanjutkan pendidikan S2, cari tahu deretan beasiswanya di sini.

BACA JUGA: Dapat Uang Saku 4 Tahun, Ini Beasiswa Kuliah untuk Siswi SMA Kelas 12

Lembaga yang Memberikan Beasiswa S2

Ini dia daftar lembaga dan program beasiswa yang bisa jadi pilihan untuk Mommies yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S2!

1. Beasiswa LPDP – Kementrian Keuangan RI

Berada di bawah Kementerian Keuangan RI, Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau LPDP secara rutin memberikan bantuan beasiswa, salah satunya untuk pilihan S2. Ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan, pertama adalah Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia.

Untuk program beasiswa S2 reguler, ada lebih dari 50 universitas yang telah disaring oleh LPDP dengan beragam pilihan program studi yang bisa Mommies pilih.

Website: lpdp.kemenkeu.go.id

2. Beasiswa PMDSU – DIKTI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) juga menyediakan beasiswa S2 untuk masyarakat sejak tahun 2013 silam, yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Programnya menawarkan pembiayaan penuh meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, hingga biaya perjalanan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang mendaftar.

Website: www.pmdsu.id

3. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) – Kemendikbud

Untuk Mommies atau Daddies yang ingin menjadi dosen tetapi terhalang akses pendidikan ke jenjang pascasarjana, maka bisa mencoba beasiswa yang satu ini. BUDI atau Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia adalah pilih paling tepat.

Namun, program ini merupakan kolaborasi antara DIKTI dan LPDP tidak hanya fokus pada pendidikan dosen tapi juga program beasiswa pra magister untuk bidang sains dasar.

Website: beasiswadosen.kemdikbud.go.id/v2

4. Beasiswa Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menyediakan program Beasiswa S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri dengan fokus pada pemberian beasiswa di bidang informatika dengan tujuan program studi Chief Information Officer atau Tata Kelola TIK.

Ada 10 perguruan tinggi negeri yang bekerja sama dengan Kominfo untuk beasiswa dalam negeri, sementara itu ada perguruan tinggi dari 5 negara tujuan studi, yaitu Tiongkok, India, Hungaria, Belanda dan Jepang.

Website: beasiswa.kominfo.go.id

Persiapan Mengajukan Beasiswa

5. Beasiswa Gates Cambridge

Mau melanjutkan pendidikan S2 di Inggris, tepatnya di University of Cambrige? Coba daftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa S2 dari Gates Cambridge, organisasi Bill and Melinda Gates Foundation yang memberikan beasiswa penuh kepada 80 mahasiswa dari seluruh dunia di luar Inggris.

Serunya, para kandidat terpilih beasiswa S2 akan memperoleh manfaat beasiswa hingga 24 bulan. Tak hanya biaya pendidikan, tetapi juga biaya visa, tiket pp, biaya hidup, tunjangan keluarga, dan banyak lainnya.

Website: www.postgraduate.study.cam.ac.uk

6. Beasiswa Fulbright – AMINEF

Beasiswa ini digagas oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dan akan membawa Mommies melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Namun Mommies harus lebih detail mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan karena seleksinya cukup ketat.

Fulbright adalah beasiswa penuh yang menawarkan beberapa jenis beasiswa dengan sasaran berbeda, mulai dari Fulbright Master’s Degree Scholarship, Fulbright Doctoral Degree Scholarship, hingga Fulbright DAI.

Website: www.aminef.or.id

7. Beasiswa Open Doors

Pemerintah Rusia bekerja sama dengan Global Universities Association mengadakan program beasiswa Open Doors yang ditawarkan dalam bentuk kompetisi. Para pemenang dan runner-up kompetisi ini selanjutnya akan mendapat beasiswa S2 di Rusia.

Beasiswa S2 Open Doors ini bisa dimanfaatkan untuk kuliah di puluhan kampus di Rusia dengan kuota yang mencapai 300 kursi beasiswa. Nantinya, para pemenang terpilih akan mendapatkan beasiswa berupa tanggungan 100 persen biaya kuliah (tuition fee).

8. Beasiswa Australia Awards

Kalau mau melanjutkan S2 ke luar negeri tapi tidak terlalu jauh, cobalah ke Australia. Mommies bisa mencoba mendapatkan beasiswa Australia Awards yang menawarkan tiga jenis beasiswa.

Beasiswanya disesuaikan dengan kebutuhan pelajar, yaitu beasiswa khusus uang kuliah, beasiswa biaya hidup dan tempat tinggal, dan terakhir beasiswa untuk menanggung biaya keseluruhan. Semua biaya masing-masing diberikan hingga maksimal 2 dan 4 tahun.

Webiste: www.australiaawardsindonesia.org

9. Beasiswa StuNed – Nuffic Neso

Ada banyak pilihan negara Eropa yang bisa jadi destinasi pendidikan, salah satunya Belanda. StuNed (Studeren in Nederland) adalah program beasiswa bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia sejak tahun 2000. Beasiswanya memberikan bantuan dana untuk biaya akomodasi hingga biaya kuliah.

Website: www.studyinnl.org

BACA JUGA: Beasiswa Khusus untuk Perempuan dari Google, Ini Syarat dan Caranya

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan