banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Perempuan, Mommies Wajib Lakukan Hal Ini!

author

Katharina Menge14 May 2023

8 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Perempuan, Mommies Wajib Lakukan Hal Ini!

Mendidik anak perempuan menjadi pribadi yang percaya diri adalah salah satu tantangan para orang tua. Mommies harus mulai menerapkan deretan hal ini!

Menumbuhkan rasa percaya diri anak bukan hal yang mudah, termasuk anak perempuan. Para orang tua sangat disarankan untuk mendidik anak perempuan jadi pribadi yang percaya diri sejak usia dini.

Terlebih lagi ada yang namanya masa pubertas, yang setelah melalui banyak penelitian, terbukti membawa perubahan pada kepribadian anak perempuan hingga mematikan rasa percaya diri mereka. Anak perempuan yang awalnya ceria dan berani bisa menjadi pemalu, berhati-hati, dan menghindari risiko.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Claire Shipman, Katty Kay, dan JillEllyn Riley, penulis buku Confidence Code for Girls: Taking Risks, Messing Up, and Becoming Your Amazingly Imperfect, Totally Powerful Self, bersama Ypulse, sebuah perusahaan jajak pendapat yang berfokus pada pra-remaja dan remaja, ditemukan sebuah fakta baru.

Survei dilakukan terhadap lebih dari 1.300 anak perempuan dari usia 8-18 tahun. Mereka diminta untuk menilai kepercayaan diri mereka pada skala 0 sampai 10, dan dari anak perempuan usia 8-14 tahun, rata-rata responnya mengalami penurunan sebesar 30 persen dari sekitar skala 8,5 menjadi 6.

Untuk mencegah penurunan rasa percaya diri anak terjadi memasuki usia remaja, sejak dini orang tua perlu melakukan deretan hal berikut untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak perempuan.

BACA JUGA: 7 Cara Melatih Rasa Percaya Diri pada Anak Laki-laki

Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Perempuan

Mommies Daily pun merangkum deretan tips yang bisa Mommies terapkan untuk membuat rasa percaya diri anak perempuan tumbuh dengan baik.

1. Katakan bahwa Anda mempercayai dia

Selalu katakan pada anak perempuan Anda kalau kalian, sebagai orang tua, mempercayai mereka. Katakan berulang kali bahwa mereka bisa mencapai apa pun yang mereka pikirkan dan inginkan.

2. Ajak beraktivitas di luar ruangan

Memberi anak perempuan kenyamanan dan keterampilan untuk bermain di luar ruangan akan menanamkan perasaan yang lebih besar tentang tubuhnya sebagai sumber kekuatan dan mengajarinya untuk mengambil risiko yang sehat. Kebiasaan itu akan mendorong anak keluar dari zona nyaman. Jadi perkenalkan mereka dengan kegiatan seperti memanjat pohon, mengumpulkan serangga, hingga berkemah.

3. Bantu anak mencintai penampilannya

Kebanyakan remaja tidak percaya diri karena bentuk tubuhnya, dan sosok ibu punya pengaruh besar pada cara anak perempuan memandang tubuh mereka. Jika anak perempuan Mommies tahu bahwa Anda mencintai tubuh sendiri, apa pun bentuk atau ukurannya, dia akan tumbuh untuk mencintai tubuhnya juga.

Mommies sebaiknya hindari memperlihatkan obsesi tentang makanan atau merendahkan penampilan diri sendiri. Hindari bertanya, ‘Mama keliatan gemuk pakai baju ini, ya?’, ‘Hari ini mama sudah kebanyakan makan karbo jadi nanti malam makan buah aja!,” dan kalimat serupa yang melabeli makanan atau kondisi diri sendiri sebagai hal yang baik atau buruk.

4. Jangan didik anak untuk menyenangkan orang lain

Dorong anak perempuan untuk mempertahankan apa yang dia butuhkan dan inginkan. Mommies bisa menciptakan peluang bagi anak untuk menggunakan suaranya dengan menanyakan apa yang dia inginkan?. Lalu biarkan anak membuat pilihan dan hormati pilihan itu.

5. Hindari memberikan pujian yang disangkutpautkan dengan penampilan

Ketika ingin memuji anak mengenai prestasinya, fokuslah pada hal itu. Hindari menghubung-hubungkannya dengan penampilan mereka. Fokus saja pada kepribadian dan prestasi anak, termasuk prosesnya. Hal in perlu Mommies lakukan supaya anak tidak melihat harga diri atau konsep dirinya itu bagus atau tidak hanya dari penampilan, tetapi lebih kepada kepribadian, prestasi, dan kemampuan yang dia punya.

Lakukan juga hal yang sama dengan anak perempuan lainnya yang Mommies temui, seperti keponakan, anak teman, atau tetangga.

6. Dukung hal yang dia sukai

Cari tahu apa hal yang disukai oleh anak perempuan Mommies dan tunjukkan padanya bahwa Anda menanggapi hal itu dengan serius. Bantu dia membangun serta memperdalam hobinya itu sehingga pada akhirnya dia memiliki hasrat akan sesuatu dan berusaha untuk menggapainya.

7. Tunjukkan minat pada akademisi anak

Tunjukkan bahwa akademik itu penting dengan menunjukkan minat pada kehidupan akademik anak perempuan Mommies. Terlibatlah di sekolahnya, seperti menjadi sukarelawan di acara sekolah, menyempatkan waktu untuk hadir di acara sekolah, dan selalu periksa pekerjaan rumah mereka.

8. Ajak mencoba beragam aktivitas

Libatkan anak perempuan dalam aktivitas yang membangun rasa percaya diri, daripada berfokus pada penampilan diri untuk mendapatkan sesuatu. Ajaklah anak berolahraga, mencoba kegiatan teater, bermain musik, hingga hal-hal yang berhubungan dengan seni.

Apa pun yang benar-benar dapat membantu anak perempuan Mommies mengekspresikan diri mereka melalui kata-kata, kreativitas, atau aktivitas daripada melalui penampilan.

Artikel direview oleh Firesta Farizal, M.Psi, Psikolog, Psikolog Klinis Anak dan Remaja, dari Klinik Psikologi Mentari Anakku

BACA JUGA: Tips Percaya Diri di Dunia yang Sulit Membuat Kita Percaya Diri

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan