banner-detik
EDUCATION

Daftar Bimbel untuk Persiapan Masuk Kuliah dan Kisaran Biayanya

author

Katharina Menge08 Aug 2022

Daftar Bimbel untuk Persiapan Masuk Kuliah dan Kisaran Biayanya

Ini daftar bimbel untuk persiapan masuk kuliah yang bisa jadi pilihan anak Mommies. Semoga dapat yang terbaik dan masuk kampus impian, ya!

Salah satu bantuan yang bisa diberikan oleh orang tua ketika anaknya hendak mengikuti SBMPTN atau ujian masuk kuliah di PTN Negeri adalah dengan memberikan bimbingan belajar. Bimbingannya bisa dilakukan sendiri, jika memang merasa mampu, atau mendaftarkan anak ke bimbel atau bimbingan belajar.

Kini sudah ada banyak pilihan bimbel yang menyasar khusus pada persiapan masuk kuliah. Ada banyak soal dan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya yang diajarkan serta dibagikan untuk mematangkan langkah anak. Dengan puluhan ribu pendaftar tapi daya tampung yang tidak banyak, persaingan tentu jadi sangat ketat.

BACA JUGA: Persiapan Pengajuan Beasiswa untuk Mendukung Studi Anak

Daftar Bimbel untuk Persiapan Masuk Kuliah

Yuk, Mommies, intip deretan daftar bimbel untuk persiapan masuk kuliah anak berikut ini!

1. Salemba Group (SG)

Ada banyak yang merekomendasikan bimbel untuk masuk UI, tetapi menurut beberapa orang yang terbaik adalah Salemba Group (SG). Di SG, buku panduan dan buku paket uji kompetensi disediakan lengkap dengan panduan UTBK, SIMAK UI, dan UM PTN. Kelas yang diikuti juga terlalu penuh dengan pilihan 6, 12, hingga 15 siswa per kelas. Disediakan juga panduan pemilihan program ptudi dan PTN yang terbaik.

Alamat: Jl. Komjen Pol M Jasin (Akses UI) No. 57 (depan Alfamart) Kelapa Dua, Cimanggis Depok
Telp: (021) 871 9572
Kisaran biaya: Rp34,5 juta (sudah termasuk biaya pendaftaran UTBK SBMPTN dan Simak UI)

2. Lavender Bina Cendikia

Jika anak menargetkan ingin ikut IUP UGM, maka Mommies bisa mencoba daftarkan dia di bimbel Lavender Bina Cendikia. IUP UGM adalah International Undergraduate Program Universitas Gadjah Mada, program perkuliahan internasional untuk S1 di UGM. Proses belajarnya memadukan pembelajaran Online (Weekday) & Karantina (Weekend) agar siswa lebih fokus dan berhasil lulus di IUP UGM.

Alamat: Office Tower Taman Melati Lt.5, Jalan Margonda Raya no.525 Depok, Jawa Barat
Telp: (021) 2950 3963
Kisaran harga: Rp37,5 juta (bisa siswa tidak lulus maka akan ada pengembalian biaya sebesar Rp8 juta)

3. Bimbel Bintang Pelajar

Satu lagi pilihan bimbel untuk anak masuk PTN, terutama yang mengincar UI dan ITB, bisa daftar di Bimbel Bintang Pelajar. Ada kelas Program Khusus UI-ITB untuk kelas 12 SMA dan alumni yang berminat. TErsedia dua piliha paket online atau offline, 297 kali belajar offline, 6 sesi belajar per minggu, 250 video pembelajaran yang bisa dipelajari anak, dan setiap siswa mendapat masing-masing satu guru pembimbing.

Alamat: Komp. Ruko 24, Jl. Sholeh Iskandar No.2, RT.01/RW.05, Kedung Jaya, Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat
Telp: 0822-9995-2232
Kisaran harga: Mulai dari Rp14,95 juta (bisa dicicil)

4. Tridaya Group

Di Tridaya Group, satu kelas bimbel diisi oleh sekitar 4-6 siswa. Untuk kelas khusus PTN, diadakan program belajar selama 11 bulan dengan 8 kali pertemuan selama seminggu (4 hari) yang berdurasi selama 75 menit. Anak akan mendapatkan modul lengkap mulai dari materi hingga soal UTBK, try out UTBK 10 kali, psikotes minat dan bakat, hingga konsultasi progres.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No 27 Bandung-Jawa Barat
Telp: 081223337333
Kisaran harga: Mulai dari Rp3.250.000

5. Prosus Inten

Di Bimbel Prosus Inten, semua guru atau tutor yang dipakai adalah lulusan perguruan tinggi negeri dan terbaik di bidangnya. Setiap kelas juga dibatasi hanya untuk 15 siswa. Sebelum masuk ada tes penempatan kelas sehigga anak bisa menyesuaikan pembelajaran dengan ritme di kelasnya. Akan diadakan try out dengan pola ujian masuk PTN sebanyak 15 kali, dan jika hasilnya kurang memuaskan maka anak akan diberikan pelajaran tambahan sehingga bisa mencapai standar yang diinginkan.

Alamat: Jln. Tebet Barat I No. 18, (Samping SMAN 26) Jakarta Selatan
Telp: (021) 83703231
Kisaran harga: Mulai dari Rp14.500.000

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Les Bahasa Korea Untuk Anak dan Dewasa
Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS