Now Reading
Persiapan Pengajuan Beasiswa untuk Mendukung Studi Anak

Persiapan Pengajuan Beasiswa untuk Mendukung Studi Anak

Sisca Christina
Persiapan Mengajukan Beasiswa

Buat mommies dan anak yang ingin melakukan pengajuan beasiswa, ketahui syarat, persiapan hingga jenis beasiswa agar bisa menentukan jalur yang paling tepat.

Melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan beasiswa selain meringankan biaya, juga menjadi kebanggaan tersendiri buat anak dan orang tua. Apalagi jika anak bisa mewujudkan kuliah di universitas impiannya. Mengajukan beasiswa bisa menjadi salah satu solusi agar anak tetap dapat menempuh pendidikan tinggi, ketika biaya kuliah di masa sekarang terasa sangat berat.

Sekarang ini penyelenggara beasiswa juga sudah sangat beragam, jadi bisa pilih mau lewat jalur yang mana. Namun jangan lupa, prestasi masih menjadi syarat nomor wahid. Apa saja, sih, yang perlu disiapkan untuk mengajukan beasiswa?

Persiapan Pengajuan Beasiswa

Kalau mommies dan anak ada rencana untuk mengajukan beasiswa untuk kuliah, sebaiknya dipersiapkan sejak anak sudah mulai duduk di bangku SMU. Ini supaya kita bisa mempunyai cukup waktu untuk mencari informasi hingga mempersiapkan diri untuk pengajuan.

Ingat, peminat beasiswa itu banyak pake banget! Sementara persyaratannya cukup ketat dan kuotanya terbatas. Jadi, bisa dipastikan persaingannya juga cukup berat. Secara umum, ini persiapan yang bisa dilakukan:

  1. Lakukan riset lembaga penyelenggara beasiswa. Bisa dari media sosial, hasil googling, mengecek website, maupun informasi dari sekolah. Pelajari jenis beasiswa yang diberikan hingga skemanya. Ajari anak untuk menghubungi lembaga penyelenggara langsung.
  2. Pertahankan prestasi akademis. Ini syarat yang nggak bisa ditawar jika ingin peluang mendapat beasiswa makin besar.
  3. Penuhi persyaratan kualifikasi beasiswa, yang pastinya berbeda di setiap instansi. Persyaratannya mulai dari kualifikasi hingga administratif.
  4. Miliki prestasi lain di bidang non akademis. Misalnya, prestasi di bidang olahraga, musik, budaya, bahasa, atau aktif berorganisasi atau kegiatan lainnya di sekolah. Ini bisa menjadi poin plus.
  5. Khusus untuk pengajuan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, wajib bisa Bahasa Inggris. Umumnya nilai TOEFL yang harus dipenuhi agar lolos seleksi yaitu di atas 550 di atas 6,5 untuk IELTS.
  6. Belajar membuat CV, esai, motivation letter dan belajar interview. Ini juga salah satu persiapan pengajuan beasiswa yang tak kalah penting.

Baca juga: 7 Jenis Tes Bahasa Inggris, Biaya, dan Tempat Tesnya

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top