banner-detik
EDUCATION

Tanpa Perlu Les Mahal, Ini 7 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris

author

Katharina Menge10 May 2022

Tanpa Perlu Les Mahal, Ini 7 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris

Selain belajar di sekolah, ada banyak cara mengajari anak bahasa Inggris tanpa perlu keluar uang banyak untuk biaya les yang mahal.

Bahasa Inggris kini jadi satu hal yang wajib dipelajari anak-anak sejak dini untuk bekalnya di masa depan. Mungkin untuk Anda yang punya dana lebih bisa membantu anak belajar dengan mendaftarkan mereka ikut les atau kursus. Namun, jika tidak ada dana bukan berarti Anda tidak bisa mendukung anak belajar bahasa Inggris, lho!

Jika Anda bertekad untuk membantu anak belajar bahasa Inggris sendiri di rumah tanpa les, maka deretan hal ini yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak, Dari Bahasa Inggris Hingga Korea

Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris

Ini dia 7 cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mengajari anak-anak belajar bahasa Inggris dengan mudah dan hemat biaya!

1. Belajar lewat lagu

Banyak tutor bahasa Inggris menyebutkan bahwa musik adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian anak, dan membantu mereka mengingat kata-kata baru tanpa menimbulkan stres. Kebanyakan anak pun menyukai lagu dan bisa dengan mudah mengingat sesuatu melalui musik.

Jadi, mulailah nyalakan lagu berbahasa Inggris yang cocok untuk anak dan menyanyilah bersama mereka. Usai mendengarkan lagunya, Anda bisa membahas arti tiap katanya.

2. Buat jadwal English time

Cara terbaik untuk mengajari anak belajar bahasa Inggris adalah dengan berlatih setiap hari lewat jadwal khusus. Ciptakan jam tertentu untuk anak wajib menggunakan bahasa Inggris, begitu juga Anda. Tidak perlu berjam-jam, cukup 15-30 menit untuk anak-anak usia SD.

Sesi belajar yang pendek dan teratur lebih baik daripada yang panjang dan tidak teratur. Jadikan sesi itu menyenangkan agar anak tetap terlibat. Jika ilmu bahasa Inggris Anda juga terbatas, Anda bisa jadi belajar bersama anak. Jangan malu, ya!

3. Ajarkan sambil bermain

Anak-anak terbukti belajar lebih baik saat mereka bersenang-senang. Oleh karena itu, melibatkan permainan dalam proses belajar bahasa Inggris adalah cara terbaik. Anda bisa membuat kartu flash, atau bermain scrabble, dan teka-teki silang dengan anak untuk melatih bahasa Inggrisnya.

BACA JUGA: 7 Jenis Tes Bahasa Inggris, Biaya, dan Tempat Tesnya

4. Membaca komik bersama

Jika usia anak sudah sedikit lebih besar, buku komik berbahasa Inggris bisa menjadi langkah bagus untuk mengajarinya bahasa Inggris di rumah. Jika bingung ingin mulai dari mana, maka Anda bisa mencoba dari komik Marvel dan Diary of a Wimpy Kid. Kedua cerita tersebut bisa jadi titik awal bagi anak yang belajar bahasa Inggris-Amerika dan Inggris-Inggris.

5. Sambil menonton YouTube

Di YouTube juga sudah banyak tersedia video tutorial belajar bahasa Inggris yang bisa diakses dengan mudah dan gratis oleh anak-anak. Supaya bisa sedikit membantu tugas Anda, carilah channel YouTube belajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak. Setelah itu buat jadwal khusus untuk anak belajar melalui video tersebut.

6. Melakukan reka ulang

Tayangan tv, radio, hingga YouTube kini sudah banyak diisi dengan kata dan kalimat berbahasa Inggris. Sambil mendengarkannya, Anda bisa mengajak anak untuk mengulang-ulang kata tersebut sambil perlahan mempelajari artinya. Nantinya Anda juga bisa menyebutkan kata-kata tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

7. Mengarang cerita bersama

Menulis atau mengarang cerita dalam bahasa Inggris adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak yang memiliki imajinasi tinggi. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan anak yang usianya lebih besar dengan jumlah kosakata yang mungkin lebih beragam.

Setelah cerita ditulis, Anda bisa mengajak anak membacanya keras-keras. Ketika anak membaca kembali ceritanya, dia akan mengenali kosakata baru yang Anda tambahkan di dalamnya. Kalau anak kehabisan kata, jangan malu untuk membuka kamus atau Google Translate.

BACA JUGA: Ini Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Balita

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS