Now Reading
7 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak, Dari Bahasa Inggris Hingga Korea

7 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak, Dari Bahasa Inggris Hingga Korea

aplikasi belajar bahasa asing

Sudah ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang tersedia sehingga kini semakin mudah anak untuk belajar bahasa lainnya!

Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa asing, tetapi jika Mommies bisa mengajarkannya sedini mungkin pada si kecil, maka lakukanlah sekarang juga. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengajarkan anak bahasa lain selain bahasa ibu.

BACA JUGA: Manfaat Kursus Robotik untuk Anak dan Rekomendasinya

Manfaat Anak Belajar Bahasa Asing

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2021 di jurnal Scientific Reports, orang dewasa yang belajar bahasa asing lebih dini mampu melihat perubahan visual lebih cepat daripada yang belajar di usia lebih dewasa. Tak hanya itu, masih ada banyak lagi manfaat belajar bahasa asing untuk anak lainnya. Lihat di bawah ini!

1. Lebih berempati

Menurut Oren Boxer, Ph.D., neuropsikolog dan penasihat di BumoBrain, sebuah platform yang mendukung orang tua mencari pilihan selain dari sekolah tradisional, anak-anak yang dibesarkan dengan setidaknya dua bahasa memiliki pemahaman sosial dan empati yang lebih besar.

2. Meningkatkan fungsi otak

“Anak yang belajar lebih dari satu bahasa ternyata memiliki kemampuan lebih baik dalam perencanaan, pemecahan masalah, konsentrasi, dan multitasking,” ujar Kristen Denzer, CEO dan pendiri Tierra Encantada, program pendidikan bahasa Spanyol. Kemampuan ini juga bisa bermanfaat mencegah gangguan otak yang biasanya muncul pada usia 60-an.

3. Lebih unggul dalam akademik

Kemampuan literasi anak bilingual lebih unggul di sekolah. Penelitian menunjukkan ketika seorang anak belajar bahasa kedua, ada kemajuan yang lebih cepat ketika belajar membaca dibandingkan dengan teman lain yang hanya belajar satu bahasa,” jelas Kristen. Mereka juga memiliki dasar yang lebih kuat untuk mempelajari lebih banyak bahasa di masa depan.

BACA JUGA: Anak Hobi Menjawab? Respon dengan Kalimat Ini, Mengena Tapi Bijaksana

Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak

Dengan sederet manfaat di atas, Anda pasti semakin yakin untuk mengajarkan si kecil bahasa asing, kan? Lihat deretan rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing untuk anak di bawah ini!

1. Duolingo: Learn Languages Free

aplikasi belajar bahasa asing

Aplikasi belajar bahasa asing pertama yang bisa dicoba adalah Duolingo. Cukup download, daftar, dan pilih bahasa apa yang ingin dipelajari si kecil. Duolingo menyediakan pilihan 40 bahasa yang bisa dipelajari anak. Setiap harinya anak akan diajak mengerjakan soal mulai dari yang termudah dan akan terus meningkat sesuai jenjangnya. Anak bahkan bisa belajar lebih dari satu bahasa asing di aplikasi ini.

2. Memrise

Untuk lebih memudahkan si kecil belajar, coba unduh Memrise. Aplikasi ini membuat anak belajar langsung dari penutur aslinya lewat fasilitas audiovisual. Mereka jadi semakin mudah dan tahu cara belajar asing yang baik dan benar. Materi belajarnya juga bisa diunduh sehingga bisa dipelajari kapan saja.

3. Mondly

Satu lagi aplikasi belajar bahasa asing untuk anak yang bisa dicoba, yaitu Mondly. Aplikasi ini juga memanfaatkan suara percakapan penutur asli sehingga anak bisa langsung mendengarkan dan mencoba pelafalannya yang akan langsung dites. Ada 33 pilihan bahasa lainnya yang bisa dipelajari anak, mulai dari Jerman, Perancis, Jepang, dan banyak lainnya.

4. LingoJunior

Aplikasi keluaran Lingo Talk ini memang diperuntukkan bagi anak usia 3-12 tahun yang ingin belajar bahasa asing dengan mudah. LingoJunior bisa memperkuat dasar keterampilan bahasa anak dengan akses yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ada lima bahasa yang bisa dipelajari anak di aplikasi ini, yaitu Inggris, Perancis, Mandarin, Jepang, dan Korea.

5. Drops

aplikasi belajar bahasa asing

Kalau si kecil ingin fokus belajar mengenal dan mendalami kosakata, maka aplikasi belajar bahasa asing yang bisa dicoba adalah Drops. Aplikasi ini juga Drops memberikan fitur belajar secara visual atau gambar sehingga anak lebih mudah mengerti dan paham kosakata atau nama benda yang dipelajari.

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Anak Main Game Online Sebelum Melarang

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top