Now Reading
8 Obat Flu Alami Untuk Anak, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

8 Obat Flu Alami Untuk Anak, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

flu anak

Jika anak mengalami flu, coba obat flu alami ini untuk membantu menyembuhkannya. Berikut jenis dan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. 

Ketika anak sakit flu, Mommies pasti ingin membuatnya merasa lebih baik. Untuk meredakan gejalanya, coba beberapa perawatan alami yang bisa dilakukan di rumah. Ini lebih aman dibanding obat warung.

Beberapa obat yang dibuat dengan bahan kimia, dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Misalnya, jantung yang berdetak lebih cepat, gelisah saat tidur, kelelahan, konstipasi, hingga sesak napas. Sementara itu, obat-obatan herbal serta alternatif juga banyak yang belum terjamin keamanannya dan umumnya tidak direkomendasikan oleh dokter.

Baca juga: Serba-serbi Vaksin Influenza, Benarkah Bisa Menangkal Covid-19?

Melihat hal tersebut, Mommies bisa mencoba obat flu alami untuk anak berikut:

1. Banyak minum air putih

air minum

Membuat anak tetap terhidrasi merupakan hal penting agar flu mereka membaik. Pilek dan batuk bisa membuat anak lesu sehingga mereka berselera makan atau minum. Jika dibiarkan, ini akan membuat mereka makin lemas.

Oleh sebab itu, Mommies sebaiknya memberikan air putih  secara berkala kepada Si Kecil. Minta ia minum yang banyak agar tidak kehilangan cairan tubuhnya, ya. Jika anak bosan, Mommies bisa menyelinginya dengan teh atau jus buah.

Baca juga: Kenali Gejala Flu Perut dan Penanganannya

2. Memintanya beristirahat

anak tidur

Sangat penting untuk beristirahat dan tidur cukup saat sedang flu. Diketahui bahwa tidur nyenyak memberikan banyak manfaat, termasuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun anak membaik, ia dapat melawan virus flu. Batalkan kegiatan anak dan minta ia beristirahat dengan cukup ketika flu.

3. Menggunakan humidifier

Humidifier di kamar Si Kecil bisa membantu menjaga kelembapan saluran pernapasannya. Dengan begitu, gejala batuk dan pilek anak pun bisa berkurang. Nyalakan humidifier di kamarnya dan biarkan ia terlelap selama beberapa waktu. Selain itu, Mommies juga bisa mengajaknya ke ruang terbuka hijau agar anak bisa menghirup udara sejuk sebentar.

Baca juga: 7 Essential Oil Wajib Punya di Masa Pandemi

4. Mengonsumsi makanan hangat dan berkuah

Mengonsumsi sup ayam atau daging merupakan cara bagus untuk membantu Si Kecil tetap terhidrasi. Selain itu, kuahnya yang hangat bisa membantu meredakan hidung tersumbat.

Kaldu ayam atau daging yang ada dalam sup juga tinggi protein dan mineral. Itu dapat memberikan nutrisi dan mengembalikan sel-sel kekebalan tubuh Si Kecil.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Penularan Virus Flu Singapore pada Anak

5. Air lemon campur madu

madu

Lemon kaya akan vitamin C yang efektif melawan flu. Peras beberapa lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu asam. Madu sendiri juga diketahui kaya akan antioksidan dan antibakteri sehingga dapat mengurangi iritasi di tenggorokan serta membantu mengurangi lendir.

6. Wortel

Wortel mengandung nutrisi dan vitamin penting yang membantu meningkatkan sistem imun. Oleh sebab itu, ia juga merupakan obat rumahan terbaik untuk mengatasi flu pada balita.

Wortel dapat dikukus, dihaluskan, dan diencerkan dengan air bersuhu ruangan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Sementara itu, untuk anak yang lebih besar, Mommies bisa membuat jus wortel atau memasukannya ke dalam sayur sop.

7. Meningkatkan asupan zat seng

Nutrisi dari zat seng membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang mampu melawan kuman. Penelitian menunjukkan bahwa zat seng (zinc), dapat meringankan gejala pilek dan flu. Zat ni juga memperlambat dan mencegah virus untuk berkembang biak.

Zat seng dapat didapatkan dari makanan seperti kacang, susu, telur, kerang, kacang polong, dan daging merah.

8. Terapi uap rumahan

Tempatkan air hangat dalam sebuah wadah. Kemudian, dudukkan anak menghadap wadah agar dia bisa merasakan uap air hangat yang keluar dari sana selama 10-15 menit. Perhatikan jaraknya ya, Mommies. Jangan sampai anak terlalu dekat dengan air hangat tersebut. Terapi uap yang dilakukan di rumah ini dapat mengeluarkan lendir dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Itulah 8 obat Flu alami untuk anak di rumah. Sebisa mungkin, jangan melakukan semuanya secara bersamaan ya, Mommies. Pilih yang kira-kira paling cocok dan mudah dilakukan. Namun, jika kondisinya tidak membaik, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

BACA JUGA:

15 Buah dan Sayuran Untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh. Penting di Masa Pandemi!

Jangan Diabaikan! 8 Penyakit yang Mudah Menular ke Anak

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top