Now Reading
15 Buah dan Sayuran Untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh. Penting di Masa Pandemi!

15 Buah dan Sayuran Untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh. Penting di Masa Pandemi!

Pastikan 15 sayuran dan buah-buahan yang terbukti tingkatkan sistem imun tubuh ini selalu ada di meja makan Anda!

Semakin tingginya kasus Covid-19, selain menjalani prokes, tentu saja memastikan apa yang kita konsumsi juga menjadi hal penting. Nah, berikut ini ada 15 buah dan sayuran yang ternyata bagus banget untuk tingkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: 10 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin D

1. Buah Sitrus


Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Nah, hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi seperti jeruk bali, jeruk sunkis, jeruk keprok, jeruk clementin, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Karena tubuh tidak memproduksi sendiri vitamin C maka kita butuh mengonsumsinya setiap hari. Dosis yang dianjurkan per hari untuk wanita adalah 75 mg dan 90 mg untuk pria. Jika konsumsi vitamin C didapatkan melalui suplemen, maka jangan melebihi 2000 mg per hari.

2. Pepaya 

Photo by Pranjall Kumar on Unsplash)

Pepaya adalah buah yang juga sarat dengan vitamin C. Dalam satu buah papaya berukuran sedang, terdapat dua kali lipat jumlah vitamin harian yang direkomendasikan. Pepaya juga mengandung enzim pencernaan yang disebut papain, yang memiliki efek anti-inflamasi plus potasium, magnesium, dan folat yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita.

3. Kiwi (Photo by Dan Bucko on Unsplash)

Photo by Dan Bucko on Unsplash)

Kiwi mengandung banyak nutrisi penting seperti folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi lain di dalam buah kiwi berguna untuk menjaga seluruh organ tubuh kita berfungsi dengan baik.

4. Blueberi (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh - Mommies DailyPhoto by Louis Hansel on Unsplash

Bluberi mengandung sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Mereka yang menyantap makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan atas atau flu biasa.

5. Nanas (Photo by Brooke Lark on Unsplash)

Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh - Mommies DailyPhoto by Brooke Lark on Unsplash

Nanas mengandung campuran nutrisi yang berguna untuk meningkatkan energi, termasuk yodium yang berfungsi meningkatkan fungsi tiroid (kelenjar yang mengatur metabolisme, dengan mengontrol seberapa cepat ia membakar energi). Sedangkan vitamin B, kalium, dan kalsium merangsang lancarnya aliran darah dan menurunkan kolesterol.

6. Semangka(Photo by Floh Maier on Unsplash)

Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh - Mommies DailyPhoto by Floh Maier on Unsplash

Dua mangkuk kecil potongan buah semangka menawarkan 270 mg potasium, 30% dari jumlah harian vitamin A, dan 25% dari jumlah harian vitamin C. Satu mangkuknya hanya mengandung 80 kalori. Hebatnya lagi, semangka juga menyediakan vitamin B6 dan glutathione, semua yang kita butuhkan untuk menambah kekebalan tubuh.

7. Apel (Photo by an_vision on Unsplash)

Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh - Mommies DailyPhoto by an_vision on Unsplash

Pasti pernah dengar ungkapan, “An apple a day keeps the doctor away.” Itu benar adanya! Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, apel mampu mencegah tubuh kita diserang flu. Buah ini juga mengandung antioksidan dan fitokimia yang dapat tingkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Bagaimana dengan sayur-sayuran? Cek di halaman selanjutnya untuk tahu bahwa ada sayuran yang kandungan vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk Florida.

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top