Now Reading
7 Essential Oil Wajib Punya Selama Pandemi

7 Essential Oil Wajib Punya Selama Pandemi

dewdew
rekomendasi essential oil

Selain makanan bergizi, vitamin, dan olahraga, minyak esensial berperan penting menjaga daya tahan tubuh. Ini dia rekomendasi essential oil wajib punya.

Sejak pandemi, gaya hidup sebagian besar kita berubah. Mari kita akui itu. Kita mencoba untuk hidup lebih sehat demi bertahan dan melawan virus Covid-19. That’s why kita menyadari betul kalau kita harus memiliki imunitas tubuh yang mumpuni. Daya tahan tubuh yang kuat dan sehat ternyata nggak hanya didapat dari makan makanan bergizi, mengonsumsi suplemen vitamin, dan berolahraga, belakangan kebutuhan essential oil untuk menjaga imunitas pun meningkat. Iya, nih, essential oil ternyata punya peran penting juga sebagai immune booster. Essential oil atau minyak atsiri adalah minyak yang diekstrasi dari tanaman tertentu hingga menghasilkan aroma yang khas, serta dipercaya baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk daya tahan tubuh. Berikut ini 7 rekomendasi minyak esensial wajib punya, terutama di kala pandemi seperti ini, ya. 

Essential oil eucalyptus

Penyedia minyak esensial eucalyptus ini sempat kewalahan gegara ada pendapat yang mengatakan bahwa tumbuhan ini mampu menangkal virus Covid19. Oh well, nggak secara langsung, sih. Minyak atsiri yang berasal dari dedaunan eucalyptus yang dikeringkan, dihancurkan, lalu disaring ini, punya banyak manfaat untuk kesehatan, terutama ketika kita terserang virus Corona. Minyak eucalyptus bisa meredakan batuk, menghilangkan lendir di dada, hingga melancarkan pernapasan. Untuk essential oil yang murni, mommies bisa coba Young Living Eucalyptus Globulus. Bisa dioleskan (campur dengan carrier oil seperti olive oil) di dada, punggung, atau bisa di-diffuse menggunakan diffuser

Essential oil citronella

rekomendasi essential oil

Di masa pandemi, selain virus Covid, ada satu lagi yang harus dihindari. Nyamuk demam berdarah! Yes, di sinilah minyak citronella berperan besar sebagai pengusir serangga, termasuk nyamuk. Diffuse di dalam ruangan, supaya nyamuk ogah mampir. Selain sebagai insect repellent, minyak atsiri yang sering disangka lemon grass ini juga berfungsi sebagai anti jamur, lho. Bahkan ternyata juga bisa meningkatkan mood dan melawan kelelahan. 

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Daya Tahan Tubuh untuk Anak dan Keluarga

Minyak atsiri peppermint

Inilah dia minyak esensial yang serba guna. Apa saja, dia bisa. Mulai dari mengatasi sakit kepala, nyeri otot, sendi, hingga gatal-gatal. Bahkan banyak juga yang menggunakan ini untuk meringankan pilek, juga mengurangi stres. Mommies bisa mencoba essential oil peppermint dari Organic Supply, ya. Tersedia juga dalam bentuk roll on. Jadi nggak usah capek-capek di-dilute dulu dengan carrier oil, bisa langsung digunakan dan dioles ke kulit. 

Minyak atsiri thieves

Essential oil ini bukanlah oil yang murni, melainkan perpaduan dari beberapa primary oil, yaitu minyak cinnamon, eucalyptus, clove, lemon, dan rosemary. Manfaat yang paling utama dari essential oil blend ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pernapasan, dan bersifat antimikroba. Untuk saat ini, Thieves dari Young Living masih jadi favorit para mommies untuk menjaga kesehatan keluarga.

Lavender essential oil

Minyak esensial lavender merupakan salah satu essential oil terfavorit di antara para pengguna minyak atsiri.  Serbaguna banget, terutama di dalam aromaterapi. Essential oil ini  disuling dari tanaman Lavandula angustifolia. Efektif banget merelaksasi pikiran, meningkatkan mood, dan mengatasi rasa cemas. Pas banget, kan, ya, zaman pandemi begini. Pikiran jadi nggak tenang, sering merasa cemas, hingga kita nggak bisa relaks. Mommies bisa coba Lavender oil dari Belli to Baby ini untuk menenangkan hati dan pikiran.

Ginger oil

rekomendasi essential oil

Meski jahe lebih banyak digunakan di dalam makanan karena rasanya, ternyata jahe efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan. Biasanya essential oil ini dicampur dengan olive oil atau minyak kelapa murni, lalu oleskan pada perut yang mengalami gangguan seperti sembelit atau sekadar asam lambung yang naik akibat stres. Siapa coba yang nggak stres, pandemi nggak kelar-kelar, ya, kan? Mommies bisa mencoba ginger oil dari Darjeeling ini. Harganya pun ramah di kantung. 

Minyak frankincense

rekomendasi essential oil

Nggak heran kalau minyak frankincense dinobatkan sebagai King of Oil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa frankincense oil selain efektif meningkatkan kekebalan tubuh, ia juga bisa membunuh bakteri, virus, bahkan sel kanker. Di samping itu, frankincense juga punya aktivitas imunostimulan yang kuat sehingga mampu menstimulasi sistem imun tubuh. Ketika digunakan pada kulit, ia juga berperan sebagai anti-aging, lho.  Wah, wah, wah, wajib punya banget, nih. 

Jangan lupa mommies, saat menggunakan minyak esensial, pastikan mommies tahu cara menggunakannya, ya. Beberapa oil seperti thieves, eucalyptus, dan frankincense merupakan essential oil yang sifatnya panas, sehingga harus dicampurkan terlebih dahulu dengan carrier oil seperti coconut oil atau olive oil. Jika tidak dicampur, bisa menyebabkan iritasi atau menimbulkan sensasi panas bila terkena kulit.
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari di Usia 30 dan 40

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top