Now Reading
10 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin D

10 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin D

Sebagian besar asupan vitamin D didapat dari sinar matahari namun bisa juga dibantu dari makanan.  Berikut, makanan dan minuman yang mengandung vitamin D. 

Vitamin D berguna untuk menyerap kalsium yang memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan tulang dan rangka tubuh. Mendapatkan vitamin D dan kalsium yang cukup, membantu kita mencegah beberapa penyakit seperti osteoporosis.

Dilansir dari Healthline, anak-anak dan orang dewasa berusia di bawah 70 tahun, membutuhkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap harinya. Vitamin ini bisa didapat dari sinar matahari maupun sumber makanan.

Oleh sebab itu, jika Mommies tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, bisa mencoba mengonsumsi 10 makanan dengan kandungan vitamin D berikut:

Salmon

Salmon merupakan ikan yang populer sebagai sumber vitamin D yang bagus. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D—sekitar 66% dari asupan harian yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Infografik: 10 Fakta Tentang Vitamin D

Ikan Haring dan Sarden

Ikan haring juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik. Dalam porsi 100 gram-nya, 216 IU vitamin D. Angka tersebut sesuai dengan 27% asupan harian yang direkomendasikan. Meski begitu, perlu diingat bahwa ikan haring juga memiliki kandungan sodium yang tinggi. Sementara itu, satu kaleng sarden diketahui mengandung 177 IU vitamin D, yaitu 22% dari asupan harian yang dibutuhkan.

Kuning telur

Telur ceplok. (freepik/freepik)

Mommies yang tidak bisa makan ikan laut bisa mendapatkan vitamin D dari makanan lain seperti telur. Sementara protein kerap ditemukan pada putih telur, tetapi lemak, vitamin, dan mineral, lebih banyak berada di bagian kuning telur. Satu kuning telur biasanya mengandung 37 IU vitamin D.

Jamur

Sama seperti manusia, jamur juga dapat memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari. Dalam setiap 100 gram jamur, diperkirakan terdapat 400 IU vitamin D.

Susu sapi

Susu sapi yang sering dikonsumsi manusia, merupakan sumber nutrisi yang baik. Ia mengandung kalsium, fosfor, dan riboflavin. Selain itu, susu sapi juga kaya akan vitamin D. Dalam satu gelas (sekitar 237 ml), terdapat sekitar 115-130 IU.

Susu kedelai

Vitamin D memang lebih sering ditemukan pada produk hewani, tetapi ada juga yang dari tanaman, termasuk susu kedelai. Satu gelas susu kedelai mengandung 107-117 vitamin D, atau 13-15% asupan harian yang direkomendasikan.

BACA JUGA: Tips Agar Anak Mendapat Cukup Vitamin D Walau Jarang Keluar Rumah

Jus jeruk

Jika Mommies memiliki intoleransi laktosa, maka ada pilihan minuman lain untuk mendapatkan vitamin D. Beberapa jus jeruk diperkaya dengan vitamin D dan kalsium. Satu gelasnya mengandung 100 IU vitamin D.

Sereal dan oatmeal

Beberapa sereal dan oatmeal instan diperkaya dengan vitamin D. Setengah gelas dari makanan ini (sekitar 78 gram) dapat memberikan 54-136 IU vitamin D. Meskipun sereal dan oatmeal instan memberikan lebih sedikit vitamin D daripada sumber alami, tetapi keduanya bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan asupan harian.

Itulah 10 makanan dan minuman yang mengandung vitamin D. Mengonsumsi makanan dan minuman tersebut bisa memastikan Mommies mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap harinya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top