Now Reading
10 Mikronutrien yang Dibutuhkan para Ibu

10 Mikronutrien yang Dibutuhkan para Ibu

RachelKaloh

Jangan abaikan manfaat dari 10 mikronutrien penting ini yang sebenarnya wajib untuk kita konsumsi agar bisa tetap sehat menjalankan peran sebagai ibu.

Sebagai ibu dengan banyaknya tanggung jawab dan peran yang dijalani yang menuntut kita untuk produktif, kita cenderung mengabaikan kesehatan diri sendiri. Padahal, kalau kita sakit, jangankan produktif, urusan rumah pasti bakal berantakan. Bukan berarti sebagai ibu kita nggak boleh sakit, ibu itu bukan superhero yang diterpa apapun masih bisa terus berdiri tegak. Namun, penting bagi kita untuk tidak mengabaikan kesehatan diri. 

Menjaga kesehatan diri bisa dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat seperti olahraga, istirahat yang cukup, hindari stres, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, lengkap dengan sayur dan buah, dan yang juga tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan tubuh akan mikronutrien atau multivitamin dan mineral. 

Multivitamin dan mineral seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, Zinc, Zat besi dan lainnya sebenarnya dapat kita peroleh dari sumber makanan, namun kita tidak pernah tahu pasti apakah makanan tersebut dapat mencukupi kebutuhan mikronutrien harian kita. Uniknya, bukan hanya tubuh bagian dalam saja yang butuh mikronutrien, namun tubuh bagian luar seperti kulit juga butuh nutrisi loh! 

Cara paling mudah dan praktis dalam memperoleh mikronutrien adalah dengan mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung multivitamin dan mineral lengkap, seperti Ferrovit Plus. Ferrovit Plus adalah suplemen makanan yang mengandung 18 komposisi multivitamin dan mineral seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, Zinc, Zat besi, kalsium, dan magnesium, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, mulai dari kesehatan mata, saraf, kulit, daya tahan tubuh, tulang, pencernaan, pembuluh darah, dan lainnya. Selain komplit, Ferrovit Plus juga memiliki keunggulan seperti mudah diserap tubuh karena terbuat dari softgel kapsul, mengandung zat besi jenis Ferrous Fumarat dengan kandungan zat besi paling banyak dan mudah diserap tubuh, serta aman dikonsumsi Ibu menyusui maupun yang sudah menopause. Tak hanya itu, Ferrovit Plus juga dapat membantu mengurangi gejala anemia seperti sakit kepala, tubuh lemas, pucat dan tidak bertenaga. Ferrovit Plus dapat diminum setiap hari setelah sarapan.

Selain tubuh bagian dalam, mikronutrien seperti vitamin E juga bermanfaat untuk tubuh bagian luar yaitu kulit. Vitamin E dikenal sebagai antioksidan terbaik untuk kulit yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas seperti sinar UV matahari, asap rokok dan polusi serta penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Vitamin E dapat ditemukan di dalam produk skin care, seperti Nourishing Night Oil

Nourishing Night Oil adalah serum berjenis oily based yang mengandung Vitamin E, Jojoba Oil dan Phytosphingosine yang berfungsi untuk melembabkan, menghaluskan, mengurangi kerutan dan garis halus, menyamarkan bekas luka dan flek hitam. Nourishing Night Oil adalah satu-satunya serum dengan kandungan Jojoba oil yang sangat mudah diserap kulit karena memiliki sifat yang sama dengan minyak alami pada kulit, yang mana berfungsi untuk melembabkan kulit kering ekstrim, strech mark hingga kulit pecah-pecah. Oleh karenanya Nourishing Night Oil tidak hanya untuk penggunaan di wajah namun juga bisa di area siku, lutut, tangan, kaki, pundak dan lainnya. Nourishing Night Oil dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur dan aman untuk Ibu hamil maupun menyusui.

Nah, sebenarnya apa saja sih mikronutrien yang dibutuhkan dan apa manfaatnya bagi Ibu? Yuk, simak penjelasan mengenai 10 mikronutrien penting untuk menjaga kesehatan baik dari dalam dan luar tubuh kita.

Photo by Farhad Ibrahimzade on Unsplash

Vitamin A 

Selain memperlambat kemungkinan penyakit mata yang memengaruhi retina, vitamin A juga mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi. Selain itu, vitamin A juga berperan mengurangi risiko kanker payudara pada wanita usia pre-menopause.

Vitamin B12

Mikronutrien yang satu ini berfungsi menjaga kesehatan saraf, mengurangi risiko kesemutan, baal, serta mengatasi anemia dan hipotensi. Bila tubuh kekurangan vitamin B12 biasanya ditandai dengan gejala mudah lelah, pusing, mual, pandangan buram, keringat dingin dan pingsan.

Vitamin C

Berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan bekerja sebagai antioksidan, mengingat aktivitas seorang ibu seringkali menguras tenaga. Berbagai keluhan seperti batuk dan pilek ternyata dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, terutama ketika kita merasa kelelahan atau setelah melakukan aktivitas berat. 

Vitamin D

Defisiensi vitamin D menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami belakangan ini. Penyebabnya adalah kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan jarang terpapar sinar matahari. Dilansir CNN, para peneliti menemukan hubungan antara vitamin D dan tingkat kematian akibat virus Corona, yaitu negara-negara yang melaporkan tingkat vitamin D-nya rendah memiliki tingkat kematian tinggi. Beberapa penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi virus pernapasan, karena memang, vitamin D sendiri berfungsi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan kalsium, menjaga konsentrasi normal kalsium dan fosfat dalam darah, bekerja sama memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta membantu otot-otot, saraf dan sistem imun untuk bekerja dengan baik. 

Baca juga: Infografik 10 Fakta Tentang Vitamin D

Vitamin E

Selain melembapkan kulit, vitamin E membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam bekas jerawat, serta flek hitam akibat gejala penuaan dini. Tentu, sebagai wanita, kita pasti selalu berusaha untuk memerangi gejala penuaan dini yang terlihat dari kondisi kulit, terutama wajah. Oleh karena itu, jangan sampai tubuh kita kekurangan vitamin E. 

Zinc

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, zinc juga bermanfaat membantu penyembuhan luka, mengobati diare, merangsang sel kekebalan tubuh dan mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab peradangan kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan penurunan mental. 

Zat besi (Ferrous Fumarat)

Sekitar 50-60% penduduk Indonesia masih mengalami anemia karena defisiensi zat besi, terutama ibu hamil dan anak-anak. Padahal, mikronutrien yang satu ini berfungsi meningkatkan jumlah sel darah merah untuk mengatasi anemia, salah satu penyakit yang kerap dialami perempuan karena menstruasi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi terjadinya anemia. 

Asam folat

Bagi ibu hamil, asam folat merupakan mikronutrien yang harus selalu terpenuhi. Ketika hamil, ibu membutuhkan 600 mcg asam folat yang bisa didapat melalui konsumsi minimal 6 porsi sayuran hijau setiap hari. Maka, suplemen asam folat tambahan menjadi pilihan yang tepat.

Kalium (Potassium Iodide)

Selain menyeimbangkan kadar garam dalam darah sehingga menurunkan hipertensi, kalium juga berperan untuk menjaga agar kalsium tidak terbuang melalui urin. Selain itu, kalium juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, sehingga tulang tidak mudah patah akibat kehilangan kepadatannya, yang lebih rentan terjadi pada wanita pada masa menopause akibat berkurangnya hormon estrogen. Selain pada wanita yang menopause, osteoporosis juga kerap terjadi pada wanita hamil. Menurut penelitian Thomas dan Weisman tahun 2006, pada 200 wanita hamil terjadi penurunan 3-4% kepadatan tulang.

Magnesium Oxide

Merupakan mikronutrien (mineral) yang penting dalam membentuk struktur tulang, memelihara tulang, dan menunjang kinerja saraf dan otot. Magnesium juga turut membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala sakit maag. Selain itu, magnesium dapat mengurangi gejala PMS, seperti kembung, kram perut, kelelahan dan perubahan mood. Mineral ini pada dasarnya dihasilkan secara alami oleh tubuh. Namun, bisa juga didapat dari makanan yang dikonsumsi. 

 

PERTANYAANNYA SEKARANG: 

Apakah kita bisa memastikan bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari mampu memenuhi kebutuhan akan 10 mikronutrien di atas? Tentu akan sulit, itulah sebabnya, bila perlu, kita bisa menambahkan asupan multivitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kita yaitu dengan suplemen Ferrovit Plus

Sementara itu, kebutuhan kulit akan vitamin E dalam mencegah permasalahan kulit dapat kita penuhi dengan menggunakan skin care Nourishing Night Oil.

So, stay healthy inside with Ferrovit Plus and beauty outside with Nourishing Night Oil.

Selamat produktif dan tetap sehat luar dalam ya, Moms :)

Photo by Hanny Naibaho on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top