Perhatikan 4 Hal Ini Agar MPASI Pertama Berjalan Lancar

Seperti juga milestone lain, memulai makanan pendamping ASI (MPASI) juga tentu ada ilmunya. Ilmu memasak jika ingin MPASI yang full homemade juga cara membagi waktu antara memasak MPASI dan bekerja.

resize2

MPASI diberikan pada anak yang sudah berusia 6 bulan kecuali ada rekomendasi khusus dari dokter. Karena meski secara ideal harus menunggu sampai 6 bulan, banyak anak yang direkomendasikan dokter makan lebih dulu (di usia 5 atau bahkan 4 bulan) karena ada kekurangan zat besi atau anak tidak mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan berat badan tidak naik.

Jika semua sudah oke, perhatikan 5 hal ini dulu ya mommies agar MPASI berjalan lancar.

Belajar duduk

Pastikan punggung anak dan lehernya sudah bisa tegak. Belum bisa duduk sendiri dengan ajeg pun tak masalah, bisa duduk dengan cara disandarkan ke kursi makan. Dengan demikian, kursi makannya juga harus nyaman dan aman ya.

Lebih baik jika anak menggunakan high chair yang nyaman dan juga mainan yang khusus untuk high chair sehingga penggunaan gadget saat makan bisa diminimalisir. Karena banyak sekali ya mommies anak yang mau duduk tenang di high chair jika sambil diberi gadget.

resize1

Apalagi jika anak mau dikenalkan makan dengan metode baby led weaning (BLW). Menggunakan high chair bisa sekalian melatih kedisiplinan makan sambil duduk yang baik dan membersihkannya pun tidak terlalu sulit karena bagian yang tertumpah makanan hanya akan di meja high chair dan lantai di sekelilingnya.

Jangan mengurangi ASI

Judulnya saja sudah “makanan pendamping” ASI ya, jadi ASI tidak perlu ditinggalkan. Secara teori, ASI saja sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi anak 6 bulan, maka diberi pendampingnya berupa makanan.

Namun jangan ngotot pula anak selalu harus makan ya moms! Ada kalanya anak mungkin kenyang atau belum terbiasa dengan rasa MPASI yang kita siapkan. Jangan dipaksa dan kenalkan perlahan-lahan.

Perkenalkan dari tekstur sangat cair dengan berbagai rasa. Amati kesukaan bayi, ada bayi yang cenderung lebih suka buah-buahan namun ada pula yang lebih suka rasa tawar seperti bubur beras. Beri juga menu yang sama hingga 3 hari untuk melihat reaksi alergi.

Kenalkan sendok

Salah satu tanda anak siap memulai MPASI adalah refleks mulut menutup saat sendok sudah berada di dalam mulut. Mommies bisa berlatih dengan menyuapi ASI dan lihat apakah refleksnya sudah berjalan.

Siapkan peralatan MPASI yang menarik.

Yang ini paling seru karena ada alasan untuk berbelanja ya. Jika mommies mau memasak sendiri, mungkin saatnya melihat-lihat alat masak seperti baby food processor atau penghalus makanan untuk memperlancar proses memasak.

Jangan lupa pula membeli berbagai peralatan makan yang sesuai dan pasti nyaman bagi si kecil. Mothercare punya koleksi lengkap untuk MPASI lho! Dari high chair, high chair toys, bibs, tisu basah, food processor dan peralatan lainnya.bowl-spoon-mothercare

 

Ada Mothercare Flexi Tip Spoon, sendok yang cocok untuk anak mulai usia 4 bulan dengan bahan lembut dan ujung fleksibel sehingga tidak akan menyakiti gusi bayi. Jika anak sudah lebih besar, bisa menggunakan Mothercare Essential Spoons dengan ujung bulat dan tidak tajam.

Kemudian ada Mothercare Essentials Bowl and Plates, mangkuk dan piring warna-warni yang mudah digenggam oleh tangan bayi. Mangkuk dan piring ini juga bisa ditumpuk sehingga tidak menyita tempat penyimpanan piring.

bowl-sippy-cup-mothercare

Untuk mommies dengan anak yang senang meraih mangkuk hingga makanan tumpah, tersedia pula Mothercare First Tastes Weaning Bowl Set. Satu set sendok dan mangkuk yang bagian bawahnya berupa suction yang bisa dipasang di meja atau kursi makan bayi sehingga tidak mudah tumpah.

Terakhir, jangan lupakan botol minum yang tidak mudah tumpah Mothercare Non-Spill Toddler Cup. Sippy cup ini cocok untuk anak berusia 9 bulan dan dotnya terbuat dari silikon sehingga sangat lembut untuk gusi anak.

Semua peralatan MPASI ini tersedia di Mothercare ya mommies! Pilih yang mana?


Post Comment