Berkenalan dengan Simbol-simbol Recycle, yuk!

Sempatkan mempelajari simbol-simbol recycle pada produk di sekeliling kita, yuk! Karena punya arti dan fungsi yang juga berbeda, dan itu untuk keselamatan penggunanya. 

Sesederhana simbol microwave safe, pas sudah jadi ibu-ibu segitu pentingnya untuk diketahui. Kalau wadah makan dari plastik nggak ada simbol itu, saya nggak akan berani menghangatkan makanan di microwave. Takut plastik yang digunakan malah bereaksi tidak baik ke makanan.

Terus pas beberapa tahun ini, sedang tren go green. Beberapa restoran mulai menggunakan bungkus makanan untuk dibawa pulang, dengan bentuk box, terbuat dari kertas tebal. Tujuannya supaya bisa dengan mudah didaur ulang secara alami. Bukan seperti styrofoam yang tidak bisa mengandalkan didaur ulang secara alami, karena membutuhkan setidaknya 1.000 tahun.

Umumnya box makanan atau plastik dan benda apapun yang bisa didaur ulang, akan diberi simbol recycle. Nah, tapi tahukah mommies, simbol recycle ini nggak hanya satu. Ada beberapa macam, dan itu punya artinya masing-masing. Yuk, cari tahu sama-sama.

Berkenalan dengan Simbol-simbol Recycle, yuk! - Mommies Daily

1. Recyclable Symbol

Ada yang tahukah simbol di atas dinamakan Mobius Loop? Menandakan sebuah objek dapat didaur ulang. Diciptakan seorang mahasiswa dari Universitas Southern California, Gary Anderson, untuk menghormati Hari Bumi pertama di 1970.

Berkenalan dengan Simbol-simbol Recycle, yuk! - Mommies Daily

2. Recycled Symbol

Simbol ini berarti benda tertentu dapat didaur ulang. Namun tetap harus memperhatikan ada beberapa bagian yang tidak bisa didaur ulang. Misalnya, tutup pada botol kemasan. Nah, jika bentuk panah berwarna hitam, dengan latar belakang putih, berarti ada kombinasi bahan baku baru dan bekas. Sebaliknya. Jika panah  berwarna putih dan latarnya hitam. Produk tersebut 100% bisa didaur ulang.

Berkenalan dengan Simbol-simbol Recycle, yuk! - Mommies Daily

3. Plastic code

Mommies suka ngeliat nggak ada simbol lingkaran segitiga, dengan bentuk panah, dan terselip angka di tengahnya, pada kemasan? Angka tersebut juga punya arti lho. Yaitu menunjukkan kategori spesifik dan metode pembuangan yang tepat!

Misalnya, polyethylene terephalates (level 1), ini termasuk wadah yang paling jernih. Contohnya, botol bekas air mineral, minuman bersoda, saus tomat dan sejenisnya. Sementara tutup botol tergolong polipropilena (level 5). Intinya semakin tiggi levelnya, tidak direkomendasikan untuk digunakan kembali. Pun yang levenya 1, hanya disarankan untuk satu kali pemakaian.

Berkenalan dengan Simbol-simbol Recycle, yuk! - Mommies Daily

4. Industry-Specific Symbols

Organisasi seperti Electronic Recyclers International dan  Recycled Paperboard Alliance, mengadopsi lencana merk dagang mereka sendiri, selain simbol umum recycle yang saya sebutkan di atas. Tapi perusahaan-perusahaan semacam ini, tetap kok berpedoman pada Federal Trade Commission (FTC), yang mengeluarkan panduan pemasaran produk yang membutuhkan catatan atau klaim penting pada produk tertentu.

 *Artikel ini adaptasi dari www.realsimple.com

 


Post Comment