3 Langkah Memaksimalkan Potensi Tim

Bagi mommies yang berada pada posisi team leader, supervisor dan sejenisnya yang mempunyai tim. Coba simak dulu beberapa tips berikut ini, bagaimana menggali dan memaksimalkan potensi tim kerja mommies.

Mungkin saja sebagai pemimpin, mommies menemukan tim kerja anda sebetulnya punya banyak potensi yang masih bisa dikembangkan. Tapi belum tahu seperti apa langkah praktis mengembangkannya. Performa tim kerja yang prima, tentu penting bagi mommies untuk memastikan tujuan sebuah pekerjaan tercapai.

Team Teamwork Discussion Meeting Planning ConceptImage: www.coreblox.com/

Kerjasama tim akan semakin maksimal jika saja mommies berhasil untuk mengetahui apa saja kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim kerja. Hal ini juga akan membangun kepercayaan antar anggota tim sekaligus rasa percaya diri dari masing-masing dalam memberikan performa yang terbaik.

Berikut cara yang bisa dilakukan mommies untuk menggali potensi tim:

1. Bangun respek yang sejajar satu sama lain

Tidak merendahkan diri sendiri ataupun rekan tim. Anda dan siapapun dalam tim memiliki posisi yang sejajar ataupun setara dalam setiap kesempatan. Menghargai dan mempercayai satu sama lain merupakan salah satu kunci untuk mendorong setiap anggota tim untuk memberikan performa terbaiknya.

2. Kedepankan komunikasi

Ide atau gagasan yang mendukung keberhasilan performa tim bisa jadi terhambat jika tidak adanya komunikasi, maupun komunikasi yang kurang baik antara pepimpin dengan anggota tim. Komunikasi harus dijadikan sarana terbaik mommies untuk menggali apa saja ide atau gagasan baru yang dimiliki oleh tim, sekaligus mendorong anggota tim untuk memikirkan solusi atas permasalahan yang mungkin sedang dialami tim.

3. Tetapkan Standard of Excellence

Standard of Excellence adalah standar minimal yang dibuat oleh pemimpin untuk tim-nya, yang tentu saja harus melampaui standard organisasi. Tetapkan secara jelas apa harapan ataupun target mommies terhadap masing-masing anggota tim. Jangan lupa, infokan juga tentang bagaimana standard of excellence yang mommies buat untuk diri sendiri. Obsesi mommies untuk memaksimalkan potensi diri sendiri,  akan menular kepada anggota tim.

Banyak cara bagi mommies untuk menggali potensi dari anggota tim. Yang terpenting, jangan lupa untuk bangun komitmen bersama terhadap target tim, jalankan apa yang sudah menjadi rencana kerja tim, dan jangan ragu untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan anggota tim. Be flexible juga, ya, mommies!

Ditulis Oleh, Christie Achja-Training Consultant, EXPERD


Post Comment