Infertilitas Yoga, Efektif Membantu Program Kehamilan?

Berhubung saya memang sedang merencanakan kehamilan, saya pun sedang kepikiran untuk ikutan infertilitas yoga. Konon, cara ini bisa membantu, lho.

Sudah cukup lama saya mendengar soal infertilitas yoga. Setau saya, ada beberapa gerakan yoga yang memang dirancang untuk mereka yang sedang program hamil. Seperti saya, hehehe.

Infertilitas Yoga - Mommiesdaily

Saya sempat membaca ada sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menyebutkan kalau memperbanyak yoga atau meditasi bisa membantu mereka yang sedang program hamil. Tapi perlu digaris bawahi, bukan berarti dengan yoga infertilitas lantas bisa langsung hamil,ya. Atau langsung menyembuhkankan masalah kesuburan begitu saja. Seperti yang kita ketahui, proses kehamilan ini bisa terjadi karena beragam faktor.

Hanya saja, dengan melakukan infertilitas yoga bisa membantu menekan stress yang bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kelemahan hormon adrenal, disfungsi thyroid, hingga pergeseran keseimbangan hormon seksual yang mampu mengganggu tingkat kesuburan.

Beberapa waktu lalu, saat saya berkunjung ke Nujuh Bulan Studio di Bilangan Bintaro, Tia Pratignyo selaku founder menjelaskan bahwa sudah cukup lama banyak pasangan suami istri yang melakukan infertilitas yoga. Menurutnya sejauh ini sudah ada beberapa pasangan yang akhirnya berhasil. Mendengarnya saya ikutan happy, lantas timbul rasa penasaran untuk mencoba melakukan infestilitas yoga bersama pasangan.

“Idealnya infertilitas yoga ini dilakukan bersama-sama, baik istri dan suaminya. Program hamil ini kan memang diperlukan komitmen keduanya. Kalau yang melakukan infertilitas yoga hanya pihak istri, probability-nya tentu akan berbeda jika dilakukan bersama suami,” ungkapnya.

Menurut Mbak Tia, ada beberapa alasan mengapa infertilitas yoga bisa membantu dalam program hamil. Pertama, yoga memang dikenal dapat mengoptimalkan kinerja dari sistem endokrin sehingga mampu menyeimbangkan hormon. Dan yang pasti, yoga bisa melancarkan melancarkan sirkulasi darah ke panggul.

Mbak Tia juga mengatakan kalau memang ada beberapa pose yoga yang bisa dapat membantu disfungsi ovarium yang merupakan penyebab umum dari infertilitas pada wanita.

Oh, ya, saya juga sempat baca sebuah artikel yang menuliskan kalau yoga pun digadang-gadang bisa membantu proses penyembuhan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), lho.

Ada yang sudah ikutan infertilitas yoga belum? Share pengalamannya, dong, Mommies!


Post Comment