5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan

Untuk membentuk karakter perempuan kuat, salah satunya adalah memberikan buku yang tepat ke anak-anak perempuan.

Secara kodrat, perempuan memang ditakdirkan membutuhkan laki-laki untuk jadi pemimpinnya. Tapi nggak berarti tunduk bagai kerbau dicucuk hidungnya, kan? Paling tidak, anak perempuan harus belajar untuk jadi manusia yang kuat, punya kepribadian yang baik, namun tangguh. Sudah nggak jamannya anak perempuan hanya diajarkan untuk menerima nasib, tapi untuk memperjuangkannya agar punya kehidupan yang lebih baik.

Untuk mendidik anak perempuan agar berkarakter yang tangguh, punya pendapat sendiri, dan karakter kuat lainnya, bisa melalui buku-buku. Coba, deh, cek beberapa buku berikut ini.

5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan - Mommies Daily

1. Rosie Revere Engineer oleh Andrea Beaty

Buku ini mengajarkan anak-anak perempuan untuk nggak takut mimpi tinggi-tinggi. Tokoh Rosie Revere diceritakan sebagai gadis muda yang bercita-cita untuk menjadi insinyur saat ia dewasa. Ia menghabiskan banyak waktu luangnya untuk menciptakan berbagai gadget dan elektronik. Ketika akhirnya bibinya berkunjung ke rumah Rosie, ia pun membantu keinginan si bibi untuk bisa terbang dengan menciptakan sebuah alat. Walau sering menemukan kegagalan, buku ini mengajarkan anak-anak perempuan kita untuk nggak gampang menyerah.

5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan - Mommies Daily

2. Secret Life of Bees oleh Sue Monk Kidd

Buku ini sebenarnya sedikit gelap dengan beberapa momen tragis di dalamnya. Namun buku ini bagus dibaca sebagai panduan untuk bertahan hidup. Tokoh dalam buku ini bernama Lily Owens yang harus mengalami pengalaman pahit dari usia pra-remaja, hingga akhirnya menikah. Buku ini bagus untuk dibaca bareng anak perempuan dan mommies bisa berdiskusi dengan anak setelah membaca buku ini. Oya, ada baiknya buku ini diberikan kepada anak setelah ia berusia pra remaja :)

5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan - Mommies Daily

3. A Wrinkle in Time oleh Madeleine L’Engle

Buku ini mengisahkan kisah klasik sci-fi, yang tokohnya, Meg Murry harus menggunakan kemampuan matematika demi menyelamatkan keluarganya yang kebetulan adalah sebuah keluarga ilmuwan. Ia pun melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu, mengunjungi berbagai planet, dan belajar beberapa pelajaran tentang kehidupan. Ini bisa membantu mengajarkan anak-anak perempuan bahwa selalu ada ratusan jalan keluar untuk satu masalah pelik dalam kehidupan.

5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan - Mommies Daily

4. Not All Princess Dress in Pink oleh Jane Yolen

Buku ini membantu anak perempuan untuk percaya akan dirinya sendiri. Nggak perlu pakai dress pink, sepatu cantik, atau melakukan kegiatan umum anak perempuan. Hal tersebut nggak salah, tapi juga nggak salah untuk menyukai baseball, karate, atau apa pun itu selama ia menyukainya. Nggak pernah salah untuk anak perempuan tampil beda.

5 Buku Bagus Untuk Si Anak Perempuan - Mommies Daily

5. Matilda oleh Road Dahl

Ah sepertinya ini buku wajib buat semua anak perempuan ya J Saya juga dulu baca buku ini. Kisah klasik tentang seorang anak perempuan yang pemberani dan beda dari yang lain. Buku ini selain mengisahkan perjuangan Matilda untuk bisa bersekolah, juga tentang telekinesis, kekuatan super power dan kasih sayang terhadap yang lebih lemah. A very must have book.

Mungkin mommies punya referensi buku lainnya untuk anak perempuan? Silakan ya, dibagi ke kami di kolom comment :) 


4 Comments - Write a Comment

Post Comment