Berburu Takjil di Wilayah Jakarta? Jangan Lupa ke Tujuh Lokasi Ini

Salah satu momen yang menyenangkan saat bulan ramadhan selain memperbanyak ibadah adalh berburu takjil. Berkut beberapa lokasi yang  jadi favorit .

Kalau ngomongin takjil, pikiran saya selalu tertuju dengan pasar Bendungan Hilir atau Benhil. Buat warga Jakarta, pasti sudah paham banget, ya, kalau di sini ‘surganya’ takjil. Istilanya, nih, semua jajanan khas lokal yang kerap jadi favorit warga Jakarta bisa ditemukan di sini, mulai dari jenis makanan yang manis-manis seperti kolak sampai makanan asin seperti gorengan seperti pastel dan risol.

Kebetulan, masa kecil dan remaja saya juga akrab dengan wilayah Bendungan Hilir, maklum saja, rumah nenek saya memang di sana. Jadi kalau saat bulan puasa berkunjung ke sana, berburu takjil ke Pasar Benhil sudah jadi ritual yang wajib dilakukan.

berburu takjil-mommiesdaily

Selain Pasar Benhil, masih banyak lokasi lain yang jadi favorit warga Jakarta untuk berburu takjil. Di mana saja?

Area Mesjid Pondok Indah

Anak Jakarta Selatan, mana suaranyaaaaa??? Hahhaaa… Nah, kalau mommies domisilinya nggak jauh dari Pondok Indah, coba deh, ke sini. Di sini pilihan takjl yang ditawarkan cukup banyak. Lagiankan enak, setelah kenyang makan takjil, mau lanjut ibadah juga gampang.

Pasar Tebet

Nggak beda jauh dari pasar Benhil, pasar Tebet juga tempat yang pas kalau mau hunting takjil.  Mau apa, gorengan? Atau minuman dingin yang bikin tenggorokan terasa segar lagi seperti es buah, atau cendol juga ada, kok. Kalau mau sekalian caru makanan menu ‘berat’ juga ada, kok.

Masjid Sunda Kelapa

Kalau sedang di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, jangan lupa buat cari takjil di area Mesjid Sunda Kelapa.  Masjid Sunda Kelapa terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Ada banyak janajan enak yang bisa dipilih sini, Enaknya, kalau berbuka puasa di kawasan masjid seprti ini, sholat pun jadi lebih gampang.

Lapangan Blok S

Sebenarnya nggak cuma saat puasa saja lapangan blok s penuh dengan penjaja makanan. Karena bisa dibilang, Blok S salah satu destitasi kuliner warga Jakarta khususnya anak-anak muda. Namun kalau bulan puasa seperti sekarang ini pulihan makanannya semakin banyak, khususnya untuk menu takjil.

Jalan Soka

Nah, untuk warga Jakarta Utara, salah satu tempat jajan takjil yang cukup nge-hietz adalah Jalan Soka. Areanya mungkin nggak sebesar dan seluas di Benhil, pusat makanan takjil ii ada di sebuah gang kecil Jalan Soka, Kelurahan Rawabadak Utara, Kecamatan Koja, nggak jaug dari Islamic Center. Memang, sih, saya pribadi nggak punya pengalaman untuk berburu takjil di sini karena saya tinggal di bilangan Jakarta Selatan. Tapi banyak informasi yang menyebutkan untuk pilihan makanannya cukup beragam kok.  Katanya, nih, tradisi jualan takjil di Jl. Soka sudah berlangsung selama 20 tahun, lho!

Jalan Panjang

Siapa di antara mommies yang tinggal di Jakarta Barat khususnya Kebon Jeruk? Psti sudah tahu dong, ya, kalau di sepanjang jalan panjang ini banyak banget pedagang dadakan yang menjual takjil saat bulan puasa.  Takjil yang ditawarkan juga komplet, mulai dari kue tradisional seperti kue putu ayu, atau kue bugis, sakoam takjil yang cukup khas seperti  kolak dan bubur sumsum dan kolak juga tersedia di sini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment