3 Alasan Belanja di Toko Ramah Lingkungan & Rekomendasinya

Dengan konsep belanja di toko ramah lingkungan ini, kita bisa turut mengurangi sampah rumah tangga. Mau coba?

Pertama kali tahu ada toko yang harus membawa kemasan sendiri, dari postingan teman di social media. Nama tokonya Naked Inc, Como Park di Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan. Jadi konsepnya sama seperti supermarket, yang menjual kebutuhan sehari-hari. Yang menjadi perbedaan signifikan, konsumen harus membawa kemasan sendiri sebagai wadah. Tapi pihak toko juga menyediakan wadah berbentuk jar kaca, untuk wadah selai misalnya. Poinnya, wadah yang ramah lingkungan, dan bisa digunakan berulang kali.

Toko Ramah Lingkungan - Mommies DailyImage: IG @nakedincjkt

Apa saja yang dijual di sana?

Mulai dari kebutuhan bahan memasak (biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, minyak, madu, bubuk cabai, pasta dan ,lain-lain), perlengkapan mandi (sabun, deodorant, sikat gigi, pasta gigi dan lain-lain), peralatan makan (sendok, garpu dan pisau).

Toko Ramah Lingkungan - Mommies DailyImage: IG @nakedincjkt

 

Toko Ramah Lingkungan - Mommies DImage: IG @nakedincjkt

Alasan saya ingin mencoba berbelanja di toko ramah lingkungan

  1. Berbelanja di toko dengan konsep ramah lingkungan seperti ini, tidak hanya mendatangkan pengalaman unik. Tapi bisa ambil bagian mengurangi sampah rumah tangga. Tahukah mommies warga Jakarta membuang sampah sebanyak 7.000 ton sampah setiap hari ke Bantar Gebang, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) . Jumlah tersebut setara dengan 35 kali paus biru, yaitu mamalia terbesar di dunia. Salah satu jenis sampah yang paling banyak, pastilah datangnya dari kemasan-kemasan bahan makanan dan teman-temannya itu.
  2. Melatih disiplin diri. Yang sulit dari mencoba kebiasaan baru adalah: komitmen. Nah, mudah-mudahan dengan adanya Naked Inc, kita bisa lebih terpacu mendisiplinkan diri memanfaatkan wadah yang sudah ada di rumah untuk belanja.
  3. Menjadi role model untuk anak. Kalau biasanya belanja bulanan ke supermarket pada umumnya, belanja di toko unik ini, pasti deh akan mengundang ketertarikan tersendiri buat anak. Pasti akan banyak pertanyaan, dari percakapan inilah, kita bisa menanamkan nilai-nilai baik soal sumbangsih kita untuk melestarikan lingkungan, dari mengubah kebiasaan berbelanja.

Selain di Naked Inc, kemana lagi mommies bisa mengunjuni Bulk Store di Jakarta?

  1. The Bulkstore & Co, Wahid Hasyim Street No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10350
  2. Saruga Pack Free Store, Jl. Taman Bintaro #1, Sektor 1, Jakarta Selatan
  3. Farmers Market 99, Jl. Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment