14 Fakta Menarik Tentang si Ganteng Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada

Perdana Menteri yang ganteng dan baik hati ini, membuktikan kalau anak dari orangtua bercerai bisa sukses kok! Dan, satu bocoran lagi……. dia pernah jadi guru :).

Paras ganteng Justin Trudeau sering berseliweran di social media akhir-akhir ini. Awal kali saya engeh, saat berita beliau menanggapi sikap dingin Donald Trump dengan kaum Muslim tersebar di jagad maya. Justru Justin bersikap berbanding terbalik, dia menyatakan Kanada siap menerima kedatangan saudara Muslim. Terbukti, Kanada telah menerima sedikitnya 25 ribu pengungsi Suriah pada Februari 2016.

12 Fakta Menarik Tentang si Ganteng Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada - Mommies Daily

Kemudian simpati berdatangan kepada pria kelahiran 25 Desember 1971 ini. Isi berita dari berbagai media mulai lebih dalam. Berusaha mengorek sisi lain si PM  Kanada ke-23. Yang terakhir saya ingat, ada pula video yang merekam bagaimana selama ini ia “melayani” rakyatnya. Ada scene ketika seseorang memberikan testimoni, tentang kebaikan Trudeau  yang ia terima. Persis di depan orang itu, Trudeau mendengarkan dengan saksama, daaaan dia menangis terharu. Rendah hati, empati, berjiwa sosial, pintar plus ganteng, aw aw aw...nyaris sempurna, nggak sih?

Baca juga: Empati, Sebuah Rasa yang Perlu Dipelajari

Saya jadi tertarik mengetahui fakta menarik lainnya, dari bapak 3 anak ini dan suami dari Sophie Gregoire. Penasaran?

1. Trudeau merupakan PM termuda kedua sepanjang sejarah Kanada, di usia 42 tahun, setelah Joe Clark yang menjabat di 1979.

2. Ia pernah menjadi guru! Pengajar Ilmu Sosial dan bahasa Prancis di West Point Grey Academy dan Sir Winston Churchill Secondary School di Vancouver, British Columbia. Nggak heran, karena Trudeau jebolan Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia, dan gelar Bachelor of Arts di bidang sastra di Mc Gill University.

3. Kabinet Trudeau, disebut-sebut paling seimbang dari segi komposisi perempuan dan laki-laki. 15 menteri perempuan dan 15 menteri laki-laki. Tak heran ia menyebut kabinetnya sebagai “Kabinet Kesetaraan Gender”. Bahkan salah satunya penyandang disabilitas, Kent Hehr sebagai Menteri Urusan Veteran Kanada. Ia adalah korban penembakan di 1991, mengalami kelumpuhan dan harus berkegiatan di kursi roda.

Baca juga: 5 Perusahaan Besar di Indonesia yang Memberi Tempat untuk Penyandang Disabilitas Bekerja

4. Trudeau punya tato bergambar burung gagak dari Suku Haida, yaitu penduduk asli kepulauan British Columbia, dan ada unsur gambar Bumi. Ia membuat tato ketika beusia 23 tahun, dan bertahap ditambahkan burung gagak ketika menginjak 40 tahun. Alasan hadirnya tato itu, sebagai tanda kehormatan kepada suku Haida. Di tahun 1976, suku tersebut menunjuk sang ayah sebagai salah satu anggota yang paling dihargai.

5. Dalam sebuah kesempatan Trudeau tak segan mempraktikkan kebolehannya menari India, tepatnya tarian tradisional Bhangra asal Punjab.

6. Nenek moyang Trudeau, lahir di Indonesia! Tepatnya di Makassar. Kakek ibunya yang berdarah Inggris, Thomas Kirkpatrick Bernard lahir di Indonesia tahun 1891.Mereka bermigrasi ke Kanada di tahun 1906.

7. Orangtua Trudeau berpisah ketika usianya 6 tahun, tepatnya di tahun 1977. Dan ayahnya Pierre Trudeu mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri di 1984. Keputusan ayahnya ini tampaknya untuk fokus mengurus anak-anaknya dan lepas dari sorotan media. Terbukti, anak yang orangtuanya bercerai, juga bisa sukses, kan mommies?

8. Ketika Justin Trudeau masih sekolah, orangtuanya tidak lantas memberikan fasilitas mewah kepada  Trudeau. Ayahnya memilih bis sekolah untuk memberangkatkan Trudeau, tapi tetap dilengkapi dengan keamanan setingkat Perdana Menteri. Bentuknya berupa pengawalan dengan mobil polisi.

9. Pernah menjadi aktor film dokumenter di 2007, yang berjudul The Great War.

10. Trudeau gandrung dengan tokoh superhero Superman. Pernyataan ini dia lontarkan dalam Ottawa ComicCon 2015.

11. Ternyata Trudeau sempat terlibat penyalahgunaan narkoba. Ia terbuka dengan pengalaman kelamnya ini, hingga akhirnya behasil berhenti.

12. Sikap spontanitas Trudeau untuk aksi kemanusiaan. Diam-diam Trudeau pergi ke bandara untuk menyambut pengungsi Suriah dan membagikan mantel musim dingin.

13. Pernah menggoda Ratu Inggris di akun twitter-nya. Berikut bunyinya: “On the contrary, you are forever young. I was honoured to toast your life time of service tonight.” Dan dibalas oleh Ratu Inggris, “Thank you, Justin Trudeau, for making me feel so old!”. Hahaha, bakat gombal juga deh, Trudeau :p

14. Pernah bertanding tinju untuk acara amal Fight for the Cure. Melawan Patrick Brrazeau, senator dari partai konservatif.

Layaknya para hot celebrity fathers di Hollywood sana, Trudeau bisa dikategorikan hot daddy juga nggak yaaa? :p Dan dari sekian banyak sikap Trudeau yang sempat terekam media, setidaknya membuktikan kalau dunia politik tak selamanya kaku dan mesti disikapi otoriter. Melalui pendekatan kemanusiaan, rasa sayang sesama manusia, Trudeau berhasil mengambil simpati rakyatnya, bahkan dari belahan dunia lain. Semoga di Indonesia juga lahir pemimpin yang seperti ini, atau sudah ada, tapi belum terkuak ke permukaan, ya?

Sumber:

http://bit.ly/2lX1sW5

http://bit.ly/2mINGVq

http://bit.ly/2lZrzKh


One Comment - Write a Comment

Post Comment