5 Menu Antimual untuk Ibu Hamil

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Lima makanan ini bisa mengurangi rasa mual saat hamil (berdasarkan pengalaman pribadi saya selama dua kehamilan). Jadi, ini dia lima menu antimual untuk ibu hamil.

Kehamilan erat hubungannya dengan mual dan muntah. Sebagian besar ibu hamil, termasuk saya, dapat anugerah ini di trimester pertama sampai, yaaa jelang melahirkan..hahaha. Tapi tenang, ada juga ibu hamil yang mengalami mual muntah di trimester pertama saja, dan masuk trimester 2 ia sudah bisa makan enak.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Hiperemesis Gravidarum

Mual muntah yang terjadi pada trimester pertama kehamilan sebetulnya berhubungan dengan adanya peningkatan hormon HCG (human Chorionic Gonadotropin) di trimester pertama. Selain memicu mual dan muntah, hormon ini juga menimbulkan rasa ingin makan. Jadilah keinginan makan banyak, tapi mual muntah seringkali menghalangi.

menu antimual ibu hamil

Oleh karena di masa kehamilan saya wajib untuk tetap mengonsumsi makanan, maka untuk mengurangi rasa mual, saya memilih beberapa menu antimual seperti:

1. Teh jahe lemon
Jahe dikenal sebagai obat tradisional yang bisa mengobati rasa mual, meskipun belum ada yang tahu persis bagaimana cara kerja jahe dalam mengatasi mual. Menurut para ilmuwan, fitokimia yang terkandung dalam jahe yang membuat rasa mual jadi berkurang. Untuk membuat teh jahe lemon, siapkan satu ruas jahe, teh dan dua iris lemon. Campurkan semua bahan ke dalam gelas lalu seduh dengan air panas. Minum saat hangat.

Baca juga: Kebutuhan Air Minum untuk Ibu Hamil dan Menyusui

2. Lemon pop ice
Berbagai jenis es selalu berhasil membuat rasa mual yang saya rasakan hilang. Apalagi bila es yang dibuat adalah kombinasi menyegarkan dari lemon dan buah segar seperti semangka. Lemon memang ampuh membuat rasa mual menghilang, karena menurut National Cancer Institute, lemon atau jeruk nipis memiliki rasa yang ringan di dalam perut. Belum lagi aroma dan rasanya yang menyegarkan membuat lemon bisa jadi senjata ampuh pengusir mual. Buat lemon pop ice dengan campuran buah semangka yang sudah diblender. Rasa manis alami dari buah semangka membuat Anda tak perlu lagi menambahkan gula dalam es tersebut.

3. Krakers celup yoghurt
Untuk camilan pagi yang ringan dan antimual, saya biasanya menyantap krakers dengan dicelupkan ke dalam yoghurt tawar. Makan perlahan sedikit demi sedikit akan membantu mengurangi rasa mual. Sedangkan yoghurt akan memberikan tambahan asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil.

4. Peppermint ice tea
Rasa segar daun mint juga bisa menjadi senjata ampuh dalam mengusir mual. Jelang siang hari, saya biasanya menambahkan daun mint ke dalam es teh yang saya buat. Lima belas menit setelahnya, saya baru bisa mengonsumsi makanan berat, saat rasa mual sudah mulai hilang.

5. Comfort food
Comfort food yang dimaksud di sini benar-benar makanan yang menjadi favorit saya, yang mungkin akan sangat berbeda dengan makanan favorit mommies. Bagi saya, sup jagung kuah bening dengan sedikit irisan seledri menjadi makanan yang membuat saya nyaman dan hangat. Saya menggunakan kaldu buatan sendiri, untuk menghindari penambahan garam atau penyedap. Pada dasarnya makanan yang terlalu merangsang (terlalu gurih atau terlalu manis) akan membuat rasa mual makin parah. Rasa asli dari kaldu ayam, dan ditambah dengan jagung segar membuat rasa mual berkurang.

Btw, kalau mommies punya resep andalan lain, mau dong kasih infonya ke saya :).


Post Comment