5 Ciri Seseorang Berjiwa Pemimpin

Apakah Mommies merasa memiliki 5 ciri seorang pemimpin? Yuk, kenali satu persatu – jika ya jangan ragu untuk mengembangkannya. 

5 Ciri Seseorang Berjiwa Pemimpin

Apapun kegiatan Mommies sekarang, bisa dipastikan kental dengan interaksi dengan orang lain. Baik itu sebagai ibu bekerja, ibu rumah tangga atau memiliki usaha sendiri. Dan mungkin saja senang berkegiatan dalam sebuah komunitas. Menariknya jika interaksi tadi terjadi secara terus menerus, maka dipastikan Anda disebut sebagai anggota dalam kelompok tersebut. Dan seperti perkumpulan pada umumnya, pasti kelompok tersebut memiliki tujuan dan peran masing-masing. Peran yang paling krusial dan sifatnya berkelanjutan adalah seorang pemimpin. Namun, yang sering menjadi salah kaprah adalah pemahaman bahwa pemimpin itu merupakan individu yang ditunjuk ata u secara resmi berada pada puncak hierarki semata.

Pertanyaannya sekarang, kalau nggak pernah duduk pada puncak hierarki tertentu apakah secara otomatis tidak memiliki jiwa kepemimpinan? Atau di balik Moms, apakah mereka yang berada di puncak hierarki tadi memiliki jiwa kepemimpinan yang baik? Intinya setiap individu memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dengan ditunjukkan oleh beberapa kualitas kunci yang menjadi dasar berkembangnya jiwa kepemimpinan. Sebenarnya, banyak sekali individu potensial, namun tidak menyadari kualitas dalam dirinya. Mari kita lihat 5 ciri seseorang berjiwa pemimpin:

  1. Memulai sesuatu dengan pertanyaan “mengapa?”

Orang lain dapat patuh dan mengikuti Anda karena mereka percaya bahwa Anda memiliki tujuan dan alasan yang kuat. Alasan yang realistis dan optimis ini memberikan inspirasi pada orang lain untuk mengikuti Anda.

  1. Memiliki kepercayaan diri dalam mengambil keputusan

Ketika menghadapi suatu masalah Anda dapat fokus dalam mencari solusi yang sering kali out of the box secara cepat. Anda secara tegas dan percaya diri dapat mengambil keputusan yang tepat sekaligus menjalankannya.

  1. Mau mendengarkan orang lain

Walaupun Anda memiliki pengetahuan yang cukup, namun Anda selalu dapat dan mau mendengarkan orang lain serta selalu menemukan cara belajar hal baru dari sekitar Anda. Pemikiran Anda terbuka pada segala masukan, bantuan hingga keluhan dari orang lain. Kesabaran Anda dalam menghadapi orang lain, tidak dipertanyakan lagi.

  1. Mengembangkan dan memberikan motivasi pada orang lain

Anda menginginkan orang lain untuk berkembang, baik rekan kerja Anda maupun keluarga Anda. Hal tersebut membuat Anda selalu berusaha memberikan motivasi dan apresiasi pada mereka juga melakukan hal-hal yang dapat menunjang mereka untuk terus menjadi lebih baik.

  1. Sungguh-sungguh peduli pada orang lain

Kepedulian Anda pada orang lain mencapai tahap yang lebih personal. Anda memiliki empati tinggi dan respek terhadap keputusan orang lain. Hal inilah yang dapat membentuk loyalitas dan kenyamanan untuk mengikuti Anda.

Bicara soal kepemimpinan ini, sebetulnya juga bisa diajarkan sedari kecil lho, Mommies. Dan termasuk ke dalam 7 hal yang sebaiknya diajarkan kepada anak laki-laki kita. Jadi jiwa kepemimpinan ini memang tidak datang dengan sendirinya. Perlu dipupuk, dan dikenali lebih dalam seperti yang tertera dalam 5 poin di atas. Bagaimana, apakah Mommies memiliki 5 poin di atas? Jika ya, jangan ragu untuk mengembangkannya, ya :)

*Artikel ini ditulis oleh Katarina Menik, lulusan Psikologi UI ini bergabung dengan Divisi Training EXPERD sebagai Konsultan sejak tahun 2015. Saat ini sembari menjalani profesinya sebagai konsultan, beliau juga sedang melanjutkan studi S2 nya di universitas dan jurusan yang sama.


Post Comment