asisten rumah tangga

Berapa Gaji Asisten Rumah Tangga Tahun 2016?

Saya tercengang begitu ada ART  yang to the point meminta gaji dengan jumlah yang cukup ‘fantastis’. Saya pun akhirnya tergerak untuk mencari tahu, memangnya berapa, sih, kisaran gaji ART tahun 2016?

“Kerjaannya nanti apa saja, Bu?  Ada anak kecil yang harus saya momong nggak, ya? Kalau siang, saya ada waktu untuk istirahatkan?”.

Kira-kira pertanyaan inilah yang diajukan calon Asisten Rumah Tangga saat saya melakukan negosasi dengannya. Dalam hati, saya pun membatin, “Duuh… belum kerja aja sudah ‘rewel’ begini? Apa iya dia bisa kerja? Niat kerja nggak, sih? Jangan-jangan malah sama seperti ART lainnya yang doyan main handphone ketika jam kerja masih masih berlangsung.

Tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya pertanyaan ini belum seberapa, lho, soalnya ada teman yang cerita, ketika sedang proses ‘wawancara’ dengan calon ART rumahnya, si ART malah bertanya mengenai fasilitas wifi di rumah, hahahaha….

asisten rumah tangga

Sampai tahun 2016, saya memang masih saja bergulat dengan drama ART. Biasanya setiap sehabis lebaran saya sering merasa was was RT nggak balik lagi. Salah satu kunci biar mereka nggak pindah ke lain hati, saya akan menawarkan untuk naik gaji. Mencari ART itu bagai mencari cinta sejati pastinya selalu ada cerita pahit manis di baliknya.

Saya sendiri sangat paham kalau asisten rumah tangga juga manusia biasa, sama saja dengan saya yang karyawan. Punya harapan mengenai kenaikan gaji yang sesuai termasuk mendapatkan fasilitas.  Makanya saya harus paham antara hak ART dan hak kita sendiri.

Meskipun Lebaran masih beberapa bulan lagi, belum lama ini ART rumah tangga di rumah resign. Saya pun mulai bingung mencari ‘orang ke empat’ di rumah kami. Jadilah saya mulai hunting mencari ART. Sempat menawarkan ART lama untuk balik lagi kerja di rumah, tapi saya ‘keselek’ begitu mendengar gaji yang ia minta. Saya pun jadi penasaran memangnya berapa, sih, gaji ART tahun 2016?

Berikut saya data yang saya kumpulkan dengan bertanya pada teman-teman dekat dan melempar pertanyaan di social media Mommies Daily.

Jakarta

“Tergantung job desc, sih, ya. Kalau masak + cuci + beberes rumah, nginep 1.6 jt … kalau ditambah jaga anak (usia di atas setahun) minimal 2.1 jt.Kebutuhan seperti toiletries, pembalut, pulsa saya kasih juga,”- Amanda Santoso, Pondok Labu Jakarta Selatan

“Cuci, setrika, ngosek kamar mandi, jaga anak umur 6 taun, nginep, saya kasih 2.2jt,”- Vikka Vibriartzanthy ,Tanjung barat, Jakarta Selatan.

“PRT yang kerjaannya cuci,setrika,masak,bersih2, dan lain-lain,  tanpa urus anak  dan baru kerja biasanya saya kasih 1juta. Lalu 3 bulan setelahnya sampai 1 tahun, gaji akan naik lagi 1.5 juta. Nah, kalau sudah di atas itu langsung saja ditanyakan saja ke ART untuk proses negosiasi.  Di rumah ada ART yang sudah 27 tahun ikut dengan kami,”- Arienda Sapari-Indono Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

“Rata-rata di daerah rumah gue, Pondok Kelapa, gaji ART sudah satu jutaan. Di rumah ada dua ART, masing-masing gue kasih Rp 1,1 juta,” – Ratna, Pondok Kelapa

“Di daerah rumah, Ciledug, ART nginep 1,5 juta, dikasih barang-barang kebutuhan harian dan uang jajan mingguan sebesar 15 sampai 25 ribu, kerjanya jaga dua anak (8 tahun dan 5 tahun), masak sama beberes rumah ditambah ART yang pulang pergi, gajinya 750 ribu.  Kerjanya cuci baju pakai mesin cuci, setrika dan beberes rumah,” – Yuniarni Dwi Savitri, Ciledug.

Tangerang Selatan

“Saya di Tangerang Selatan (Ciputat) – 1,2 – 1,5 jt. Urus anak satu, usia 20 bulan. Kerjaannya: cuci, setrika, nyapu, ngepel, bersih2 dan jaga anak. Tapi nggak pakai masak – trus kebutuhannya, kayak shampo, sabun dan lain-lain saya yang nanggung,” – Anita Thatha, Ciputat, Tangerang Selatan.

“Biasanya, kalau untuk gaji ART yang baru masuk saya kasih 1 juta, pekerjaannya beberes rumah, cuci pakaian dan seterika, dan masak. Itupun bukan menu makanan yang ‘heboh’, paling nggak buat sarapan dan bisa buat makan siang dia dan anak saya. Anak saya pun sudah cukup besar, kelas 4 SD,” Lydia, Jalan Beringin, Tangerang Selatan.

“Sekarang masih pakai baby sitter, gajinya Rp 1,7 juta tapi tugasnya ngurus dua anak. Mulai dari masakin makanan mereka dan siapin bekal ke sekolah. Selain itu juga ada ART yang pulang pergi untuk bantu bersihin rumah dan nyetrika, gajinya  Rp 700 ribu”  Evie, Rempoa, Tangerang Selatan.

“Karena anak gue sekarang ada dua, sekarang gue punya 2 ART.  Satu untuk ngurus anak, thok, gajinya Rp  1,5 juta. Satu lagi tugasnya beresin rumah. Gajinya juga Rp 1,5 juta. Memang agak mahal, sih, tapi mereka berdua memang sudah ikut sama gue selama 6 tahun, ”- Rima,  Bintaro.

Depok

“Kalau di Depok kisarannya antara  1.2 sampai 2 juta itu hanya untuk kerjaan rumah tangga dan  menginap. Nggak pegang anak juga. Kalau yang pulang pergi,  550-600 ratus ribu, pekerjaannya itu hanya cuci dan setrika,”- Santi Ida Rahayu, Depok

“Kelapa Dua, Depok, mbak untuk pulang pergi sekitar 500-600ribu, kerjaannya cuci, seterika, bersih-bersih rumah include ngosek kamar mandi. Kalau nginep sekitar 800 – 1 jutaan. Itu pun dengan catatan masih pakai mbak yang pulang pergi, ya,” – Dewdew Warsito, Kelapa Dua, Depok.

Bekasi

“Saya memberikan kompensasi 1,7 untuk ART yang nginep tapi nggak masak, nggak ngurus anak karena anak-anak udah besar. Kemudian 600 ribu untuk ART yang masak tapi pulang pergi,” – Fibra T. Amukti, Bekasi.

“Kalau gaji aja dikasih 1,5, exclude peralatan pribadim pulsa, makan dan lain-lain.Cuti bebas, kapan ART minta izin cuti, ya, dikasih. Lama kerjanya sudah lebih dari 15 tahun karena ‘warisan’ dari nyokap. Job desc-nya bebersih rumah, masak, nemenin Langit selama gue nggak ada di rumah. Mbak di rumah juga ikut beberapa arisan juga, itu gue yang bayarin. Lumayan dapatnya 5 jutaan pertahun,” – Maulita Iqtianti, Bekasi.

“Kalau di rumah, saya kasih gaji 1,5 juta, kerjaannya itu beberes rumah dan masak. Kebetulan di rumah anak juga sudah pada SD,” Febby, Bekasi.

—-

Mudah-mudahan informasi yang saya kumpulkan ini bisa bermanfaat buat Mommies semua, ya.


2 Comments - Write a Comment

  1. Mei 2015 – Mei 2016 saya bkerja sebagai ART (nginep) di daerah kemang, Jaksel dengan gaji 2,5jt +uang pulsa 100rb/bln, mkan dan sabun dll ditanggung majikan. Libur setiap hari minggu dan tgl merah, kalau ada acara dirumah sampai tengah mlm saya biasa dikasih uang lembur . Kerjaannya bersih2 rumah, nyuci setrika + masak tpi ga tiap hari dn masak yg biasa2 aja. penghuni rumahnya 2org (suami istri), dua2nya orang jepang dn sekarang udah pulang ke negara nya.

Post Comment