Gaji ART dan Pengasuh di Masa Pandemi

Berencana mencari pengasuh atau ART untuk menemani anak yang masih harus belajar di rumah? Cek kisaran gaji ART dan pengasuh di masa pandemi ini.

Ketika perusahaan mulai mencanangkan bekerja dari kantor kembali dengan aturan new normal, daycare maupun sekolahan masih lanjut belajar di rumah hingga akhir 2020. Kepusingan baru para orang tua …… mencari orang untuk menemani anak di rumah. Apalagi, sebelum Lebaran, banyak ART yang memilih nekad pulang demi bisa berkumpul bersama keluarga. Alhasil banyak keluarga yang kini pusing mencari ART atau pun pengasuh.

gaji art dan pengasuh
Jika Mommies termasuk di dalam golongan yang terpaksa mencari ART atau pengasuh, maka, berikut ini kisaran gaji ART dan pengasuh yang saya peroleh dari cerita para ibu di WAG …

“Saya lokasi di Jakarta, anak saya usia balita, saat ini baby sitter-nya saya gaji 2,6 juta per bulan, ditambah uang cuti 250 ribu.”

“Saya di daerah Depok, di rumah kebetulan juga ada anjing, jadi memang cari ART yang nggak takut sama anjing. ART PP, tugasnya sapu, setrika, pel dan masak gajinya 1,6 juta per bulan. DItambah suka saya kasih beras bulanan 10 liter. Untuk tukang gosok, saya panggi mingguan, sekali datang, untuk setrika pakaian 4 anggota keluarga, 100 ribu di luar ongkosnya, biasanya saya pesenin gojek.”

“ Di daerah Kemang, Jakarta Selatan, ART saya laki-laki, tugasnya hanya bersih-bersih rumah aja, sapu, pel, cuci piring, antar dan ambil cucian ke laundry, sesekali antar jemput anak pulang sekolah dan les, saya kasih 2 juta.”

“Rumah saya daerah Bekasi, menggunakan jasa tukang cuci dan setrika, Pulang pergi, per bulan Rp 500.000.”

“Bibi di rumah juga PP, tugasnya cuci, setrika dan sapu pel aja, gajinya Rp 750.000.”

“ART di rumah gajinya satu juta rupiah, tugasnya sapu, pel, masak.”

“Rumah daerah Bandung, ART-nya PP, per hari bayarannya Rp 50.000, tapi suka saya kasih tambahan pulsa sama beras.”

“Baby sitter saya ada yang 2,7 dan ada yang 3 juta per bulan, itu nginep rumah. ART saya pakai yang PP, tapi nggak masak, gajinya di angka 1,5 juta.”

“Baby sitter yang jaga anak-anak saya gaji 3,5 juta per bulan, dan jam kerja berakhir di jam 8 malam, mulai pagi hari biasanya di jam 7 pagi. Makan ditanggung. Nah, kalau ART gajinya 1,5 juta.”

“Saya ambil dari yayasan, baby sitter yang pemula gajinya di kisaran 2,5 sampai 3 juta. Terus ada uang cuti setiap 3 bulan dan kebutuhan sabun shampoo pembalut ditanggung majikan. Setiap tahun ada kenaikan gaji.”

“Saya pakai dua ART di rumah, satu ART yang nginap, itu gajinya 2 juta. Satu lagi ART PP, durasi jam kerjanya, dari jam 07.00 – 18.00, itu gajinya 1,6 juta.”

“Pengasuh biasanya juga tergantung usia anak yang dipegang sih. Makin kecil usia anak, gaji pengasuh makin besar karena dicarinya yang profesional, kan. Kalau di rumah, baby sitter untuk si kakak yang udah umur 3 tahun itu, gajinya 2,5 juta. Nah, untuk si adek yang baru 8 bulan, gajinya 3,2 juta, tapi pengalaman banget.”

“Sepupu saya tinggal di Surabaya, pakai ART gajinya 1,5 juta untuk yang PP, untuk yang nginep di kisaran 2 juta. Tapi detail pekerjaannya apa, saya kurang tahu.”

Jadi kalau saya baca-baca dan cermati, untuk ART itu terbagi dua, yang nginap dan PP. Kisaran ART, ada di angka 500.00 paling murah hingga 2 juta paling mahal.

Sedangkan untuk baby sitter, semuanya masih yang menginap dengan kisaran gaji 2,5 juta hingga 4 juta, belum ditambah dengan uang cuti dan kenaikan gaji setiap tahun.

Dan, di masa pandemi seperti ini, aturan kesehatan untuk menerima ART atau pun baby sitter pun semakin ketat.

Aturan untuk ART pulang pergi:

Sampai di rumah majikan, diminta untuk mandi, keramas dan ganti baju.
Disediakan vitamin untuk dikonsumsi setiap hari, karena kan tidak tahu selama perjalanan PP dan lingkungan rumahnya, ART berinteraksi dengan siapa saja.
Selalu menggunakan masker.

ART dan baby sitter dari yayasan:
Isolasi mandiri 14 hari sebelum mulai bekerja
Tes swab atau rapid.

Nah, demikian sedikit informasi untuk Mommies yang lagi kepikiran untuk mencari ART atau baby sitter ya. Semoga nggak ada drama dalam masa pencarian, termasuk drama isi rekening ketika melihat kisaran gaji bulanan mereka, hahaha.

Baca:
11 Aturan yang Perlu Diketahui Baby Sitter Kita
ART Bukan Orang yang Mampu Membaca Pikiran, Tolong Ingat Itu!
Kiat Tetap “Waras” WFH & Urus Anak di Tengah Masalah Kesehatan Global

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top