7 Kejutan yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Menyusui

Di balik manfaat breastfeeding untuk kesehatan bayi dan kesehatan dompet Mommies :D, banyak kejutan yang dialami ibu menyusui. Ini 7 kejutan yang perlu diketahui oleh ibu menyusui.

1. ASI merembes di baju kita
Ada kalanya kita akan sedikit panik saat mengetahui rembesan ASI dari payudara membentuk sebuah ‘pulau’di area dada pada pakaian kita saat kita lagi asik presentasi di depan klien atau meeting dengan atasan *__*. Jadi, jangan pernah lupa melakukan double atau triple protection, yaitu membawa breastpad minimal 3 saat kita akan berada di luar rumah nyaris sepanjang hari.

2. Kita takjub dengan ukuran payudara yang kita miliki
Sebagai kelompok payudara berukuran ya… gitu deeeeeh, saya senang luar biasa saat masa-masa menyusui tiba. Bayangkan saja, ukuran bra yang saya kenakan naik 2 size (yeaaaaa). Itulah masa-masa saya nggak bosan-bosannya memandangi payudara saya ketika mandi atau berganti baju, hahaha. Kapan lagi punya payudara berisi, kan? Walaupun kelar masa menyusui, selesai juga ukuran kejayaan si payudara :p.

Breastfeeding mom

*Image dari static-img-d.hgcdn.net

3. Sibuk berhitung
Saat menyediakan stok ASIP untuk dikonsumsi oleh si kecil, salah satu kegiatan baru yang saya alami adalah menghitung jumlah botol ASIP apakah kira-kira sesuai dengan kebutuhan si kecil, menghitung jumlah ASI yang berhasil kita perah, menghitung tanggal apakah ASIP ini mau kadaluarsa atau tidak, menghitung jumlah ASIP yang diminum bayi kita setiap harinya. Sebenarnya dengan manajemen ASIP, kita nggak perlu khawatir akan hal ini sih.

4. Aroma baju yang tidak lagi berbau parfum favorit
Saat si kecil bersendawa atau gumoh kelar menyusu, ada kalanya cairan gumohnya ini membasahi baju area bahu (karena biasanya saya akan menggendong dia sambil menepuk-tepuk punggungnya dengan perlahan). Dan mau tidak mau aroma pakaian kita pun menjadi aroma susu :D. Nah, menyiasatinya jangan lupa untuk melapisi bahu kita dengan sapu tangan atau handuk kecil.

5. Bersiap dengan pro kontra menyusui di tempat umum
Saat saya menyusui dulu, keberadaan apron menyusui belum seperti sekarang. Tidak jarang kalau saya lupa membawa selimut kecil untuk melindungi payudara saat menyusui si kecil di tempat umum, saya harus cuek bebek dengan tatapan orang-orang. Masalah kita mau menyusui di tempat umum secara terbuka atau menggunakan pelindung, memang kembali kepada diri kita masing-masing, karena itu hak sebagai ibu menyusui. Tapi, siapkan diri jika melihat tatapan tidak nyaman dari sekitar kita atau bahkan jika ada yang menegur kita. Balas tegurannya dengan baik namun tegas. Acuhkan tatapan yang penuh penghakiman. Selama Anda dan si bayi nyaman, ya lanjutkan saja.

6. Sudah lupakan kehadiran Bra yang cantik dan seksi
Saya tidak tahu dengan Anda, namun berdasarkan pengalaman saya pribadi, saat menyusui saya lebih memilih mengenakan bra yang nyaman tanpa peduli dengan standar keindahannya :D. Bra yang tidak ‘mengekang’ payudara saya.

7. Payudara kita adalah mainan favorit si kecil
Selain mengisap payudara kita, si kecil bisa saja menggigitnya dan memainkannya dengan jari-jari mungilnya. Karena baginya, ini adalah sesuatu yang membuat dia merasa nyaman.

Apa hal lain yang Mommies alami ketika menyusui? Let us know ya Mom.


Post Comment