Money Talks: MatematikASI

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Pemberian ASI membuat keuangan rumah tangga jauh lebih hemat, kita semua tahu itu. Dengan MatematikASI, Anda akan tahu seberapa besar uang yang Anda hemat.

Tidak terasa, sudah 4 tahun lalu sejak Nizieta, anak kedua kami, berhenti proses menyusu di usia 3 tahun. Di masa tersebut, saya pun melakukan riset atas dampak langsung penghematan dalam pemberian ASI terhadap keuangan rumah tangga. Hasil riset pribadi ini berdasarkan pengalaman memberikan ASI selama 10 bulan untuk Arzie, anak pertama kami, dan memberikan ASI selama 36 bulan untuk Nizieta.

shutterstock_127382852__1417803599_142.196.167.223

*Gambar dari sini

Sedikit bercerita latar belakangnya, Nizieta adalah anak ASI yang baru merasakan susu formula dan susu UHT di usia 2 tahun, meski dia tetap menyusu hingga berusia 3 tahun. Arzie adalah anak pertama saya yang mendapatkan ASI Ekslusif selama 7 bulan, lanjut ASI dan MPASI hingga 10 bulan, kemudian diteruskan dengan susu formula dan susu UHT hingga 3 tahun. Jadi, saya menghitung susu formula dari banyaknya gram yang dikonsumsi, bukan dari total rupiah pembelanjaan. Di sinilah saya temukan sebuah konsep yang saya beri nama MatematikASI.

Perhitungan MatematikASI

  1. Selama 3 tahun, total pengeluaran yang berhubungan dengan pemberian ASI, MPASI, beserta alat pendukung adalah Rp42,2 juta (Nizieta) dan Rp73,7 juta (Arzie).
  2. Selama 3 tahun, total pengeluaran untuk susu formula adalah Rp13,2 juta (Nizieta) dan Rp43,2 juta (Arzie).
  3. Selama 3 tahun, saya dapat menyisihkan Rp31,5 juta lebih banyak saat anak mengonsumsi ASI selama 18 bulan dan baru merasakan susu formula/susu UHT di atas usia dua tahun.

Selain penghematan langsung, pastinya masih ada dampak tidak langsung seperti biaya kesehatan yang lebih minim karena anak-anak umumnya lebih jarang sakit. Jadi, dari penghematan-penghematan tersebut, Mommies bisa punya tambahan arus kas untuk diinvestasikan terutama untuk dana pendidikan anak. Happy World Breastfeeding Week,  Mommies. :)

Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.