Single Mom and Pregnant, Harus Bagaimana?

Ditulis oleh: Waristi Amila

Menjadi ibu hamil sekaligus orangtua tunggal sudah pasti double tantangannya. Apa yang saya lakukan agar bisa menjalani kondisi ini dengan lumayan menyenangkan?

Ada banyak alasan mengapa wanita menjadi orangtua tunggal, apakah memang karena pilihan atau karena kejadian yang tidak bisa dihindari. Kehamilan memang menyenangkan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa emosi kita bercampur aduk selama masa itu – bahagia, sedih, khawatir, atau marah karena lelah. Dan ini bisa menakutkan karena kita harus mengatasi masalah emosi sementara kita merasakan perubahan secara fisik.

Di kedua kehamilan saya, saya merasa sendirian. Secara status, saya menikah, namun terlalu banyak hal yang membuat saya tidak merasakan dukungan dari pasangan selama proses itu. Tapi saya tidak menyerah, karena saya ingin anak saya tumbuh dan besar dalam rasa cinta. Dan ternyata saya tidak sendirian, ada banyak wanita yang senasib dengan saya. Jadi, apabila saat ini mommies mengalami hal yang sama, coba lakukan beberapa hal yang pernah saya (dan beberapa teman) lakukan saat kami menjalani kehamilan dalam kesendirian.

1. Find some support
Satu hal yang terasa hilang saat menjalani kehamilan tanpa pasangan adalah dukungan moral. Menjalani proses kehamilan tanpa dukungan moral yang cukup ternyata sangat melelahkan. Untuk menggantikan posisi pasangan, dibutuhkan “support group”, mulai dari keluarga, teman terdekat, bahkan “orang asing” yang kita temui di internet dan kemudian menjadi teman kita. Kita membutuhkan mereka untuk memberikan sugesti positif, dukungan moril dan tempat berbagi.

IMG_7338
Anak tertua saya termasuk pendukung nomor satu yang sangat memahami saya

2. Seek and accept help
Tidak memiliki pasangan bukan berarti kita harus menjalani semua ini sendirian – bukan saatnya menunjukkan bahwa kita kuat dan bisa melakukan semuanya sendiri. Misalnya, saat terserang morning sick, terima bantuan dari Ibu yang ingin memasak makanan untuk kita.

3. Talk with other single mom.
Memang tidak semudah itu untuk menemukan orang yang mengalami hal yang sama dengan kita – tapi pasti ada. Beruntunglah dengan kemudahan komunikasi yang kita punya sekarang. Kita bisa bergabung dengan forum online untuk single parents, membaca pengalaman dan tips dari mereka, lalu memulai komunikasi dua arah. Sangat membantu lho memiliki teman bicara dan dukungan dari mereka yang juga merasakan apa yang kita rasakan.

Bagaimana dengan urusan pekerjaan?Bisakah kita mencari bantuan?


Post Comment