Motherhood Monday: Fery Farhati Ganis – “Mas Anies Baswedan adalah Sosok yang Sangat Dirindukan Keluarga”

Fery Farhati Ganis, ibu beranak empat ini Tiara (18), Mikail (15), Kaisar (9), Ismail (7), sosok suami tercintanya – Anies Baswedan sangat dekat dengan buah hati tercinta, meski predikat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melekat padanya. Untuk Fery, Anies tak sekadar ada untuk anak-anaknya tapi juga berusaha sepenuh hati untuk bisa dekat dan memahami masing-masing karakter buah hati mereka dengan teknik “one on one”

Mas Anies adalah Sosok yang Sangat Dirindukan Keluarga

Beberapa waktu lalu, Mommies Daily sempat berkunjung ke Peluncuran Materi Pangayaan Orangtua dan Guru PAUD di kediamannya di daerah Lebak Bulus Raya. Di kediamannya yang sangat asri itu Ibu Fery bersama timnya sangat terbuka dengan kegiatan yang sifatnya memberikan informasi berharga mengenai pola asuh anak dan program pelatihan untuk para orangtua. Hal ini tak lepas dari dukungan suaminya yang memang memiliki perhatian khusus pada kepentingan masyarakat – seperti yang dilontarkan pada awal pertemuan ketika mereka berkomitmen untuk menjalin hubungan yang serius.

Mau tahu selengkapnya mengenai sosok Anies di mata isteri dan anak-anak tercinta? Silakan simak petikan wawancaranya beriktu ini, ya Mommies.

Bagaimana sosok Anies Baswedan di mata Anda sebagai Ayah dan suami?

Sosok ayah yang sabar dan perhatian kepada anak-anaknya supaya mereka bisa mengalami hal yang bisa mengembangkan potensi diri anak-anak. Dan dia selalu meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukannya.

Bagaimana pendekatan Anies sebagai ayah terhadap anak-anak, mengingat Anies adalah sosok menteri yang sangat sibuk?

Secara fisik mungkin Bapak memang jarang bertemu dengan anak-anak – tapi kami mempunyai kebiasaan di pagi hari berkumpul keluarga. Dan di sisi lain dia sangat bisa diandalkan sebagai kepala keluarga, artinya ketika anaknya membutuhkan dia pasti ada untuk meluangkan waktunya untuk anak-anak. Jadi dia bukan tipe ayah yang kalau sudah bekerja tidak ingat waktu – karena komunikasi kami juga berjalan dengan baik.

Apakah Pak Anies tipe ayah yang hands on terhadap anak-anaknya?

Mas Anies kalau ada tugas keluar kota sebisa mungkin membawa anak-anak – jika memang situasi dan kondisi mendukung hal tersebut. Bergantian antara anak no 1, 2 dan seterusnya, contohnya belum lama ini dia tugas ke Padang membawa dua anak. Artinya sebisa mungkin ada waktu “one on one” dengan setiap anak yang cukup panjang, karena disitulah kesempatan untuk menjalin bonding dengan setiap anak.

Hal apa yang fokus ditanamkan kepada anak-anak oleh Pak Anies?

Membaca, meski ada saatnya anak-anak memilih hal lain – tapi dia telaten untuk mengingatkan anak-anak untuk menyukai membaca. Salah satu caranya dengan rajin membelikan buku jika sedang ada dinas kemanapun itu. Buku yang dibeli juga menyesuaikan dengan kegemaran masing-masing anak, dan disesuaikan dengan buku yang sedang menjadi bahan pembicaraan di luar sana  – misalnya buku mewarnai yang akhir-akhir sedang menjadi buah bibir di masyarakat,

Me time apa yang biasanya dilakukan Pak Anies?

Dia suka nonton dan main dengan anak-anak, selain itu hal yang paling menyentuh buat dia adalah ketika pulang kantor lebih awal – anak-anak pasti berhamburan ke arah Mas Anies. Karena dia adalah sosok yang sangat dirindukan, dan karena Mas Anies juga sangat responsif, anak-anak juga jadi sangat cinta dengan Ayahnya. Mas Anies selalu berusaha hadir dalam setiap kesempatan penting di kehidupan anak-anak. Dan dia juga selalu menghadirkan anak-anak di pikirannya.

Di halaman selanjutnya, Ibu Fery bercerita kisah di balik hunian asrinya dan bagaimana kisah pertemuannya dengan Anies Baswedan


Post Comment