Serba Serbi MPASI + Resep

Ditulis oleh: Lariza Putri

Mulai dari tanda-tanda bayi siap MPASI, daftar makanan sesuai usia bayi, sampai resep MPASI untuk si kecil mau saya bagi di sini ah.

IMG_5820

Sejak Dhia berusia 3 bulan, percaya atau tidak, saya sudah mulai heboh menyiapkan makanan padat pertamanya. Bukan membuatnya, tapi menyiapkan segala alat perang untuk MPASI sampai semua informasi yang perlu saya tahu. Sebab, memberikan makanan yang lebih padat dari ASI menurut saya perlu sangat berhati-hati, karena pada proses pengolahan makan, akan ada banyak lagi organ tubuh yang akan terlibat.

Hal pertama yang saya cari informasinya adalah tanda-tanda alami bayi siap menerima MPASI. Beberapa tanda-tanda bayi siap makan, seperti kepala sudah bisa tegak, bayi tertarik dengan makanan (apalagi bila makanan tersebut ada di dekatnya, ia selalu ingin meraihnya), bayi bisa duduk walau tidak ditopang, punya hobi baru memasukkan benda atau tangan ke dalam mulut, terlihat tidak puas hanya minum ASI saja dan sudah mulai bisa tidur sepanjang malam.

Pemberian MPASI pada waktu yang tepat bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebab, memasuki usia 6 bulan, ASI hanya mampu memenuhi 60% – 80% saja kebutuhan gizi bayi. Sementara, cadangan vitamin dan mineral yang didapatkan selama dalam kandungan sudah mulai habis. Saat mulai memberikan MPASI, saya pun cukup selektif dalam memilih jenis bahan makanannya, agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi.

Saya juga tetap mengikuti saran pemberian bahan makanan sesuai usianya. Sebab ada beberapa bahan makanan yang bisa menimbulkan alergi bila diberikan terlalu dini pada bayi.

Selanjutnya: Daftar bahan makanan yang bisa diberikan bayi sesuai usianya


One Comment - Write a Comment

Post Comment