6 Langkah Persiapan Menyambut MPASI

Yeay, it’s Jordy’s time MPASI! Senang tiada terkira tahap demi tahap perkembangan Jordy terlewati, dan sekarang waktunya dia mengeksplore lebih luas aneka rasa makanan. There’s always first time for everything! Termasuk saya sebagai ibu baru yang harus mempersiapkan aneka macam properti hingga faktor lain yang turut mensukseskan jalannya MPASI. Ini dia beberapa poin yang bisa saya bagi ke para Mommies di luar sana :)

MPASI1

  1. Alat Makan

Saya sengaja memilih alat makan yang beraneka macam warnanya, karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa peranti makan yang full colour bisa membangkitkan gairah makan si kecil. Oiya Mommies, pastikan semuanya BPA free ya, agar kesehatan anak kita tetap terjaga. Sementara itu, untuk sendok saya memilih yang terbuat dari bahan silicon dan memiliki heat sensing (indikator temperatur), warna sendok akan berubah apabila temperatur makanan di atas 40°C. Teksturnya lembut cocok untuk lidah dan gusi bayi, sejauh ini Jordy sangat nyaman menggunakannya.

 

buku mpasi

  1. Menu MPASI

Di satu bulan pertama menu MPASI belum terlalu “heboh”, karena terfokus pada satu jenis buah atau sayur. Saya pribadi memilih memberikan Jordy pertama kali kabocha (jenis labu dari Jepang) karena rasanya yang tidak terlalu manis untuk ukuran bayi. Selain itu juga karena mendapatkan masukan dari teman-teman, alangkah baiknya menu pertama kali MPASI makanan yang tidak terlalu manis, karena jika pertama kali sudah didominasi rasa manis, ke depannya berisiko menolak rasa makanan yang tidak manis. Resep-resep MPASI pertama kali Jordy justru saya dapat dari hasil ngobrol dengan teman-teman. Setelah itu baru deh membeli buku resep,hihihihi. Well itu terpulang lagi kepada kebijakan dan kenyamanan Mommies, yang terpenting layak dikonsumsi ukuran bayi 6 bulan :)

 

MPASI4

  1. Blender atau Saringan?

Di tahap awal MPASI saya belum menggunakan blender, melainkan saringan dari bahan besi. Lain cerita kalau menu makan Jordy sudah lebih beragam, blender jadi alat wajib dalam pengolahan MPASI nanti :). Oiya Mommies saya pernah melihat blender yang (katanya) khusus untuk mengolah MPASI rumahan (image tertera), mungkin ada yang tertarik menggunakannya? Atau bahkan sudah pernah merasakan manfaatnya?

Selain hal di atas, ada 3 persiapan lainnya menuju MPASI. Simak di halaman selanjutnya, ya.


3 Comments - Write a Comment

Post Comment