Weekend Destination: Ajak Anak Belajar Seni

Akhir pekan sudah di depan mata, saatnya kita mencari event seru yang bisa mengasah kreativitas si kecil dalam berseni.

“Dis, kayanya Bumi terlalu sering kita ajak ke mall, deh. Ada baiknya kita kurangin saja, kalau memang nggak ada keperluan untuk jalan ke mall, ya, nggak usah pakai acara mampir dan lihat-lihat.”

Waktu suami melontarkan kalimat ini saya pun hanya bisa menjawab, “Umh.. oke,” sambil senyum tentunya. Sebenarnya, saya sudah paham sekali kalau sebenarnya pesan tersebut ditujukan untuk saya. Maklum, yang paling ‘gatel’ buat jalan ke mall kan memang saya. Namanya anak kecil, Bumi, tentu akan senang kalau diajak. Maklum, jalan ke mall tandanya  dia bisa puas lihat mainan favoritnya. Iya,  cuma lihat-lihat. Urusan beli mainan memang ada waktunya sendiri.

Tapi, benar juga, sih, apa yang dikatakan suami saya. Meskipun ngajak anak jalan ke mall bukan suatu dosa, tapi ada baiknya anak seusia Bumi bisa menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bukan sekadar makan, minum, dan belanja yang bikin kita jadi happy.

Paling nggak, maksud weekend tanpa ngemall ini bukan berarti antimall, lho, ya. Kalau memang di sebuah mall ada kegiatan yang bisa merangsang kreativitas anak, punya unsur edukatif, ataupun ada sesuatu hal yang bisa bermanfaat untuk anak, ya, kenapa nggak. Ada yang sudah punya rencana mau ke mana akhir pekan ini?

Sejauh ini, sih, sudah ada beberapa acara yang saya ‘lirik’ untuk mengisi aktivitas bersama Bumi.

  • DIY Canvas Painting Home Decoration

IMG-20150909-WA0008

Minggu, 13 September ini, akan ada acara DIY Canvas Painting Home Decoration. Acara seperti ini tentu  bermanfaat untuk si kecil, di mana daya kreativitas mereka bisa terlatih. Kalau karya mereka juga bisa kita gunakan untuk dekorasi rumah, pasti akan lebih bangga lagi. Acara yang diselenggarakan di Songolas ini akan di mulai jam 10 pagi sampai jam 12 siang. HTM-nya Rp 225 ribu per orang, dengan HTM ini si kecil sudah bisa mendapatkan material untuk workshop, cake coklat dari Burgreens, serta minuman tentunya.  Untuk informasi lebih lanjut serta pendaftaran , Mommies bisa menghubungi 085776056447. Atau bisa lihat lewat akun Instagram Gencerdik, Songolas19 dan Burgreens.

  • Jak-Japan Matsuri 2015

jak japan

Tahun lalu, saya sempat mengajak Bumi ke festival budaya Jepang, Ennichisai di bilangan Blok M, Jakarta Selatan. Nah, buat Mommies yang tertarik untuk mengenalkan budaya Jepang pada si kecil, bisa datang ke acara Jak-Japan Matsuri 2015. Di sini Mommies bisa menikmati hal yang berhubungan dengan Jepang dari hiburan hingga kebudayaan Jepang. Acara Jak Japan Matsuri ini  sudah berlangsung sejak 6 hingga 13 September, tapi untuk acara puncak dilangsungkan pada Hari Minggu tanggal 13 September di Parkir Timur Senayan.

  • Membuat Wayang

Mau mengajak si kecil untuk membuat  wayang binatangmu sendiri bersama seniman boneka teater Laleh Torabi, Berlin? Kalau begitu jangan sampai melewatkan acara yang digagas oleh Komunitas Salihara. Dalam rangka pameran 125.660 Spesimen Sejarah Alam, Komunitas Salihara mengadakan beragam program publik. Salah satunya kegiatan membuat wayang untuk anak usia 7 hingga 12 tahun ini. Program tak berbayar ini ingin menjangkau publik yang lebih luas lagi, dari siswa sekolah dan mahasiswa hingga seniman, ahli ekologi, aktivis dan media massa. Sayangnya waktu saya mau mendaftarkan Bumi untuk ikutan acara ini, kuotanya sudah penuh. Mungkin lain waktu, saya harus lebih sering mencari tahu informasi kegiatan seperti ini. Kabar baiknya, meskipun kuota sudah penuh, kalau mau melihat kegiatan ini diperbolehkan, kok. Ada yang mau datang ke sana?

  • Brush and Brunch + Story Telling and Kids Activities from Menthilis

Seperti yang sudah saya tulis di artikel ini, bahwa dengan mengajarkan menulis sejak dini, si kecil akan mendapat banyak manfaat.  Nah, bulan September ini ada satu acara seru yang bisa Mommies ikuti, yaitu Brush and Brunch. Kebetulan penggagas acara ini, Feni, adalah salah satu member Mommiesdaily. Waktu tahu kalau dia sedang berkolaborasi dengan Productive Mamas untuk bikin acara seru, saya pun jadi penasaran.

brush

Di tengah kesibukannya bekerja dan tentunya mengurus keluarga, Feni ini sering menghabiskan waktu me time-nya untuk main ”brush lettering”.  “Sebenarnya bikinnya simple banget, kok.  Hampir semua orang bisa nulis, cuma mainin teknik aja biar nulisnya lebih ‘indah’ dan instagram-able, hahaha?”, begitu kata Feni mengenai brush lettering. Wah, jadi pengen ikutan belajar! Asiknya selagi kita bisa belajar membuat brush lettering, si kecil juga akan disibukkan dengan beragam aktivitas seru. Soalnya si kecil bersama para ayah bisa menghabisakan waktu di Rimba Baca dan ada sesi story telling. Oh, ya, di sini anak-anak juga bisa bereksplorasi dengan Menthilis Project.

Mau ikutan? Langsung daftar saja, ya, ke  productivemamas@gmail.com  atau melalui WA +6281316883844.  HTM-nya Rp 250.000.Tempatnya terbatas, nih!

Oh iya, kalau ada planning ke Bandung, bisa juga cek destinasi wisata di Bandung yang boleh dicoba.

Happy weekend mommies.

 


Post Comment