banner-detik
KINDERGARTEN

Menthilis Project: Untuk Anak-anak Yang Selalu Mau Tau

author

sazqueen16 Feb 2015

Menthilis Project: Untuk Anak-anak Yang Selalu Mau Tau

Waktu pertama kali menerima sebuah kotak kejutan berisi alat DIY untuk dikerjakan bersama Menik, saya terkesima. Bisa saja kepikiran membuat bisnis seperti ini yang tentunya akan sangat membantu orangtua menstimulasi tumbuh kembang anak sambil bermain. Karena sempat bekerja sama saat mengadakan acara bersama New Parents Academy di akhir tahun lalu, saya menyempatkan diri ngobrol dengan pendiri Menthilis, Nisa dan Mila. Simak dan rasakan semangat keluarga besar keturunan Arab ini yang sangat passionate dengan dunia anak-anak.

menthilis1

Kapan Menthilis berdiri?

The Menthilis Project mulai dikonsepkan pada  bulan Februari 2014, saat itu kami mulai menentukan ide dasar, visi misi, nama, membuat logo, materi per bulan dan strategi marketingnya. Kemudian resmi di publish via instagram, web dan facebook Juni 2014.

Lalu Menthilis itu sebetulnya apa artinya? Siapa yang kasih ide nama?

Menthilis dalam bahasa jawa menggambarkan sifat anak kecil ingin tahu dan semangat yang selalu tinggi, lincah dan aktif. Kami merasa nama ini cocok karena salah satu tujuan The Menthilis Project untuk memfasilitasi rasa ingin tahu anak-anak. Yang memberi ide nama adalah nenek kami hehehe.

Siapa saja orang yang ada dibalik Menthilis?

The Menthilis Project bisa dibilang merupakan sebuah bisnis keluarga, berawal dari ide saya(Nisa) dan adik saya Mila, yang kemudian di-support oleh seluruh Keluarga besar kami. Ketika kemudian saya dan Mila mewujudkan ide ini, beberapa orang anggota keluarga lainnya seperti para suami dan sepupu-sepupu (yang kebetulan rata rata adalah ibu muda yang memiliki anak kecil) mengulurkan bantuannya. Bahkan beberapa di antara mereka, seperti  Mutia dan Dilla, terlibat langsung dalam tim marketing.

menthilis6

Nis, sebetulnya tujuan utama membuat Menthilis apa, sih?

Tujuan utama The Menthilis Project ini adalah untuk memfasilitasi orangtua saat ingin mengisi quality time bersama anak, agar praktis, mudah dan menyenangkan, baik untuk anak dan juga orangtuanya. Karena beberapa teman sering curhat, terutama yang ibu yang bekerja saat ingin membuat kerajinan bersama anak tapi tidak punya waktu untuk mempersiapkan alat, bahan dan lainnya. Terkadang mencari ide untuk bermain dengan anak berujung dengan kebingungan karena terlalu banyak informasi yg terkumpul.

Dengan menthilis project, kami berharap orangtua dapat dengan mudah meningkatkan kualitas waktu yang dimiliki bersama anak, dan dengan demikian kreativitas serta kepercayaan diri anak tumbuh, dan dapat mempererat hubungan anak dan orangtua.

Ketika membuat ide dalam box, biasanya cari inspirasinya dari mana?

Ide-nya dari berbagai sumber, dari anak-anak kami sendiri, dari buku ensiklopedia anak, dan dari internet tentunya!

Eh sebetulnya, Menthilis ini bisnis idealis atau pure komersil?

The menthilis project adalah bisnis yang berbasis idealisme. Seperti yang sudah saya sebutkan, kami merasa ingin sekali berbagi dengan para orangtua agar bisa bersama sama meningkatkan kualitas waktu yang dimiliki bersama anak sehingga penanaman karakter pada anak menjadi lebih mudah. Tentu saja dalam berbisnis kami juga mengharapkan adanya keuntungan finansial, tapi kami terus mempertahankan idealisme kami untuk menjaga kualitas.

Selanjutnya: Namanya bisnis, pasti ada hambatannya.

menthilis3

Nah kalau idealisme dijaga, boleh tahu nggak, soal targetnya sejauh ini?

Kami mempunyai target tinggi yang ingin dicapai. Namun sejauh ini kami cukup puas dengan tanggapan dan respon para orangtua yang sharing kepada kami, bahwa ternyata setelah meluangkan waktu bersama anak , selain menyenangkan. Ternyata juga membuat hubungan ortu dan anak semakin dekat. Hal ini membuat kami tambah bersemangat berusaha memberikan kejutan menyenangkan dalam setiap bulannya.

Kalau hambatannya apa saja?

Hmm, ada beberapa, nih, seperti:

  • Kami ingin semua paket tetap dengan kondisi baik saat sampai ke anak, namun pada saat pengiriman, terutama ke luar jawa masih saja ada box yang rusak. Hal ini sudah kami minimalisir dengan meningkatkan kualitas packaging kami.
  • Untuk pembelian bahan, kami ingin memajukan ekonomi lokal. Kami berupaya untuk membeli barang dari pedagang lokal, namun kadang mereka belum siap, seperti keterlambatan barang, kualitas produk yang tidak sesuai sampel yang disepakati, dan lainnya.
  • Beberapa kali kami kesulitan menjelaskan (via whtasapp, dll) apa itu The Menthilis Project kepada beberapa ibu, karena mungkin di Indonesia belum populer paket kreativitas seperti ini.
  • menthilis5

    Biggest compliment? 

    Biggest compliment tentunya testimoni dari seorang ibu yang bilang "Saya suka dengan konsepnya The Menthilis Project, project di dalamnya menarik, parents nggak usah repot cari bahan. Booklet-nya bagus terutama mengajarkan anak untuk melakukan kegiatan dengan proper (dimulai dengan berdoa)" Duh, bahagia sekali menerima compliment seperti ini.

    Tapi ada juga yang kasih kritik, loh! Selama ini kami berusaha menomorsatukan hubungan baik dengan konsumen kami yang sebagian besar para ibu muda, sehingga Alhamdulillah belum ada pelanggan yang komplain atas kualitas barang. Pernah ada keterlambatan pengiriman barang karena ada supplier barang kami yang kabur tanpa kabar, dan walaupun sudah kami jelaskan baik-baik dan memberi informasi sebelumnya atas keterlambatan pengiriman barang, ada satu pelanggan yang tidak terima, dan mengkritik: tidak jelas.

    Menthilis projection for 2015?

    The Menthilis Project bisa semakin dikenal oleh lebih banyak orang tua, bisa mempunyai karyawan yang lebih banyak.

    Ada kiat khusus untuk mommies yang mau mengoptimalkan waktu bermain bersama anaknya?

    Cukup 'hadir' dan fokus bersama dengan anak, singkirkan gadget dan lainnya selama bermain bersama anak. Gunakan alat dan bahan sederhana saja, biarkan imajinasinya bebas mengalir.

    Kalau mau subscribe Menthilis syaratnya apa saja dan nanti akan dapat apa aja?

    Untuk Paket berlangganan akan dimulai Maret 2015, cukup mengisi formulir berlangganan. Paket The Menthilis Project akan datang setiap bulan dan tentunya bonus menarik  untuk yang berlangganan.

    --

    Wah, semoga tahun 2015 jadi tahun yang baik untuk Menthilis dan ide-idenya, ya! Thank you Nisa dan Mila untuk waktunya. Kalau Mommies mau tahu lebih banyak soal Menthilis, bisa cek www.thementhilisproject.com atau Instagramnya di sini.

    Selamat bermain, belajar, dan berimajinasi bersama anak-anak!

    PAGES:

    Share Article

    author

    sazqueen

    a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan