Reading Is Fun – Belajar Membaca Kini Semakin Menyenangkan

Kamu mungkin punya simpanan kekayaan berlimpah ruah, peti-peti perhiasan dan pundi-pundi emas. Namun kamu tidak akan bisa lebih kaya daripada aku. Aku punya ibu yang membacakan buku. –Strickland Gillian, “The Reading Mother”

Pepatah di atas seakan menjadi cambuk penyemangat untuk saya sebagai ibu baru, supaya konsisten memberikan “harta yang tak ternilai” tersebut kepada Jordy anak pertama saya yang berusia 14 bulan. Tentu Mommies juga sudah tahu, begitu banyak manfaat membaca buku, ya. Dari kecil hingga nanti beranjak remaja, hingga akhirnya dewasa. Contohnya, kami pernah membahas buku yang seru ceritanya namun juga kuat pesan moralnya untuk anak-anak, dan tak ketinggalan 9 buku yang harus dimiliki oleh remaja. Salah satu manfaat buku adalah mengajak si kecil untuk berimajinasi, seperti buku ‘Juki & Friends’ yang dikemas dalam bentuk dongeng dan efektif menstimulasi anak untuk berimajinasi.

IMG_8687

Baru-baru ini, saya mewakili tim MD mendapatkan kesempatan datang ke pembukaan “Reading Is Fun” sebuah perpustakaan dan kelas sekaligus klub membaca anak di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat ini didirikan oleh tiga perempuan – Nurbaiti Hafmaya, Humaira Ayesha Khan dan Liliy Zeng. Awal Reading Is Fun berdiri dari kecintaan mereka terhadap buku, sering berkunjung ke perpustakaan hingga akhirnya menurun ke anak-anak. Dalam sebuah kesempatan, mereka mendapati masih ada segelintir anak-anak yang enggan jika diajak ke perpustakaan apalagi sampai membaca buku, “Bagaimana mau pergi ke perpustakaan atau tempat sejenisnya, kalau minat membaca tidak ditumbuhkan sejak dini,” tutur Betty.

IMG_8691

Apa metode belajar membaca yang Reading Is Fun terapkan? Cari tahu di halaman berikutnya ya, Mommies.


5 Comments - Write a Comment

Post Comment