Buku ‘Juki & Friends, Wujudkan Mimpi’, Ajak Anak Berimajinasi

Siapa di antara Mommies yang masih punya ritual membacakan buku ataupun mendongeng cerita buat si kecil? Sudah tahu pastinya kalau mendongeng memiliki sejuta manfaat.

Sadar bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, saya dan suami pun sama-sama sepakat untuk menjadikannya sebuah ritual. Jadi, kalau pillow talk jadi ritual saya bersama pasangan, mendongeng merupakan kebiasaan yang harus saya lakukan saat bersama Bumi. Biasanya, sih, kegiatan ini dilakukan di malam hari menjelang Bumi tidur.

Ngomongin soal dongeng, saya selalu ingat dengan Salma Indria Rahma. Soalnya, perempuan ini bisa dibilang penggiat kegiatan dongeng. Tahun 2009 lalu, Salma mendirikan RumahPohon Activity. Bisa dibilang komunitas ini lahir karena Salma melihat tradisi mendongeng sudah makin jarang dilakukan.

juki2

Padahal, selain penanaman budi pekerti, dongeng juga bisa membentuk karakter anak untuk menciptakan generasi berkualitas. Lewat RumahPohon Activity, Salma sudah melakukan banyak gerakan sosial, termasuk melakukan trauma healing untuk anak di pengungsian di beberapa wilayah bencana. Hebat, ya.

Saya sendiri sudah cukup lama kenal dengan Salma. Maklum, kami memang  menekuni profesi yang sama sebagai pekerja media. Ndilalahnya lagi, Salma ini ternyata adalah kakak kelas saya di kampus. Ah, dunia ini begitu sempit, ya!

Belum lama ini Salma meluncurkan buku ‘Juki & Friends, Wujudkan Mimpi’. Buku ini dikemas dalam bentuk dongeng. Mengisahkan kehidupan karakter Juki and friends. Disesuaikan dengan bahasa anak-anak, di mana dalam masa tumbuh kembang, anak sedang asyik bereksplorasi. Dengan begitu, anak-anak pun diajak untuk bisa berimajinasi.

Selain menceritakan sekumpulan tokoh fabel, dengan karakter yang berbeda-beda, antara lain Juki (jerapah), Bob (anjing), Risa (rusa), Baya (buaya), Unyu (penyu), Tiki (tikus), Elang, dan Ciki, buku ini juga berisi cerita yang ditulis oleh anak-anak dari RumahPohon Activity. Bersama Adi, Salma juga mengajarkan anak-anak untuk menulis.

Saya sendiri cukup dibuat takjub dengan kehebatan anak-anak ini. Di usia yang masih begitu muda, mereka sudah berani menuangkan imajinasi lewat cerita pendek. Contohnya Rasya, anak perempuan berusia 8 tahun ini menulis bahwa ia bercita-cita menjadi dokter kandungan. Tujuannya, tentu saja ingin menyelamatkan ibu hamil dan bayinya. Keren!

Pantas saja ya, kalau buku ‘Juki & Friends, Wujudkan Mimpi’ ini menjadi salah satu pemenang dari kampanye “Igniting Possibilities, Sparking Joy” (SPARK) yang digagas oleh PT Bank DBS Indonesia. Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing and Communications DBSI berharap buku ini nantinya dapat menginspirasi anak-anak lainnya. Untuk ikut menuangkan ide-ide dari imajinasinya, kedalam tulisan. Sehingga tumbuh energi positif didalam diri setiap anak. Satu semangat guna mewujudkan SPARK yang mereka miliki.

juki1

“Semangat dan energi positif inilah yang kami harapkan juga untuk terus tumbuh di dalam tiap individu, yaitu semangat dalam mewujudkan SPARK terdalam masing-masing,” ujarnya. Buku cerita yang diperuntukkan bagi anak-anak ini akan dibagikan ke beberapa rumah sakit, perpustakaan nasional, perpustakaan desa, PAUD, dan rumah singgah di 10 kota yang ada di Indonesia.

Namun, jika Mommies tertarik ingin mendapatkan buku ini bisa langsung mengakses fan-page Facebook ‘DBS Bank, Living, Breathing Asia.