Smart Parenting in Digital Era

Jadi orangtua juga harus belajar mengejar zaman. Jangan sampai ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Apalagi kalau jadi orangtua yang gaptek. Duh, bisa berabe. 

Bekerja di kantor yang berhubungan erat dengan dunia digital, mau tidak mau membuat saya nggak lepas dari yang namanya gadget. Begitu pula dengan suami saya  yang bekerja di salah satu media online. Jadi kebayang, ya, kalau anak saya, Bumi, juga cukup familar dengan gadget? Seingat saya, Bumi sudah ‘berkenalan’ dengan salah satu sosial media, youtube, ketika usianya memasuki 3 tahun.

kids

*foto dari sini

Terus terang, saya dan suami memang tipe orangtua yang mengizinkan anak menggunakan gadget. Namun tetap dalam pengawasan dan batas waktu yang kami sepakati bersama. Memasuki era digital seperti sekarang ini, rasanya orangtua memang sulit sekali menyisihkan gadget dari kehidupan anak. Toh, sebenarnya orangtua bisa memosisikan gadget sebagai partner dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Iya kan?

Saya sendiri masih sangat penasaran, sebenarnya kenapa, sih, anak-anak khususnya usia balita senang sekali bermain gadget? Makin lama, anak pun semakin lihai menggunakan perangkat teknologi, termasuk menjelajahi internet. Lah, wong anak SD zaman sekarang sudah punya akun media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Lalu, apakah kita bisa melarang? Semakin dilarang, anak-anak pasti akan jadi tambah penasaran. Iya, dong? Rasa khawatir kalau anak-anak akan menggunakan gadget untuk akses internet dan ‘menemukan’ sesuatu hal yang ‘aneh’ tentu akan dirasakan orangtua. Saya pun seperti itu. Tapi kalau untuk sepenuhnya melarang anak untuk tidak menggunakan gadget dan mengakses intenet, apakah mungkin?

Jadi orangtua juga harus belajar mengejar zaman. Jangan sampai ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Apalagi kalau jadi orangtua yang gaptek. Duh, bisa berabe. Saya sendiri masih harus banyak belajar mengenai masalah yang satu ini. Namanya juga orangtua, memang harus terus belajar. Sebagai orangtua kita harus terus mengawasi dan mengontrol aktivitas online anak-anak kita. Menyadari kebutuhan orangtua yang satu ini, MommiesDaily pun akan menggelar acara dengan tema ‘SMART PARENTING IN DIGITAL ERA’.

samsung

Acara yang bekerja sama dengan Samsung Galaxy Tab 3V, akan diadakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2015, mulai jam 10.00 pagi hingga jam 13.00. Bertempat di Locanda Restaurant Panin Center Building, Ground Floor, Jl. Jenderal Sudirman kav. 1 Jakarta.

Di acara ini, kita bisa sama-sama belajar bagaimana menjadi orangtua yang andal di era digital seperti sekarang ini. Najelaa Shihab — Family Phychologist, Founder Sekolah Cikal & 24hourparenting.com akan mengulas secara lengkap. Ikutan, yuk, Mommies. HTM-nya Rp 50.000. Siapa tahu Mommmies yang akan mendapatkan door prize Samsung Galaxy Tab 3V!

Jika Mommies berminat mengikuti acara ini, silakan mengisi form di http://fdly.me/FormSmartParenting , kami tunggu, ya.

 

 


Post Comment