Sudah Olahraga, Tapi Tak Kunjung Langsing?

OMG Scale*Gambar dari sini

Suatu ketika, seorang teman bercerita bahwa dirinya mengalami kegagalan dalam menurunkan angka timbangan. Pikirnya, dengan rajin berolahraga setiap hari maka dia akan mendapatkan bentuk tubuh yang dia inginkan. Nyatanya, dia berpendapat bahwa badannya terlihat makin besar dan angka timbangan tak kunjung turun.

Adakah Mommies yang selama tahun 2014 lalu melakukan gaya hidup sehat? Sudah mencoba diet mayo, food combining, clean eating, olahraga terus menerus, tapi angka di timbangan bergeming di angka yang sama?

Satu hal yang tidak disadari teman saya adalah rajin berolahraga dan melakukan diet merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya pun memiliki hasil akhir yang berbeda. Jika berdiet kita akan mendapatkan angka timbangan dapat diturunkan sesuai dengan keinginan (namun jangan lupa, dilihat juga angka timbangan ideal untuk badan kita berada di mana), maka dengan berolahraga kita dapat menyehatkan badan dan membentuk badan. Membentuk badan di sini dalam arti kita bisa membuat badan menjadi kencang (gelambir lemak dihilangkan) dan massa otot pun bertambah. Bisa dilihat kan keduanya memiliki hasil akhir yang berbeda.

Lalu, mengapa dengan berolahraga saja, angkat timbangan menjadi susah turun? Pada dasarnya, olahraga itu dapat menambah massa otot dan tujuan utamanya menyehatkan badan. Secara awam, dapat dilihat para atlet yang rajin berolahraga pasti badannya kencang dan sedikit terlihat tonjolan ototnya di beberapa bagian tubuh. Bedanya, para atlet ini telah rutin melakukan olahraga sejak lama, maka wajar saja bentuk tubuh mereka sangat bagus.

Bagaimana dengan kita yang masih memiliki lipatan lemak di sana-sini dan angka timbangan yang harus disesuaikan? Lihat di halaman selanjutnya!


2 Comments - Write a Comment

  1. nenglita

    Aduh judulnya nyepet banyak orang nih, kayanya! Hahaha.. makasih Maya udah dijelasin. Tapi emang sih, banyak yg masih terpaku sama timbangan, padahal olahraga doang ya yang ada lemak kebakar jadi otot. Kalau mau komprehensif kudu sama jaga makan juga :)

    1. Huahahaha… Jleb banget ya. Tapi ini untuk sekedar meluruskan juga, Lit. Banyak kan yang masih mikir “ah, bisa deh body jadi langsing” padahal masih harus melakukan penyesuaian angka timbangan. Pun sebaliknya, masih banyak juga yang berpikir sekedar menjaga makan sampai timbangan kembali ideal maka tubuh akan “langsing-kencang”. Padahal, kita butuh keduanya untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Moga2 bermanfaat yaaaa tulisannya

Post Comment